Terdapat beberapa karakter di DC Comics yang pernah dihabisi nyawanya alias dibunuh oleh sang detektif terhebat di dunia, Batman. Hal ini memang jarang terjadi, karena pada dasarnya Batman memiliki sebuah aturan yang jelas yang selama ini dia pegang. Aturan atau prinsip tersebut kita kenal sebagai “no killing rules” atau “aturan tanpa membunuh.”

Dalam sejarah kemunculannya sejak 1939, Batman memang sangat jarang menghabisi lawannya. Meskipun begitu, bukan berarti Batman sama sekali tidak pernah menghabisi nyawa mereka. Dalam beberapa kesempatan atau momen, karakter ini pun berhasil untuk menghabisi nyawa musuhnya dengan caranya sendiri. Lalu, siapa saja karakter yang pernah Batman habisi? Berikut adalah daftarnya.

Anak Buah Hugo Strange

Di komik Batman Vol. 1 #1 sosok Hugo Strange menggunakan sebuah serum misterius untuk menangani para pasien di sebuah rumah sakit jiwa. Hasilnya sangatlah mengerikan di mana semua pasien yang mendapatkan suntikan serum tersebut berubah menjadi sosok monster mengerikan. Mengetahui hal ini, Batman pun langsung bertindak cepat. Dia menggunakan Batplane untuk menuju lokasi.

Hugo-Strange-as-Batman

Dalam momen tersebut, Batman kemudian mengikat leher anak buah Hugo Strange dan kemudian menggantungkannya ke Batplane. Meskipun tidak langsung menghabisi nyawanya, metode tersebut jelas merupakan cara Batman untuk menghabisi musuhnya tersebut. Dan ini merupakan momen pertama dari Bruce Wayne sebagai Batman untuk menghabisi nyawa musuhnya.

Ra’s Al Ghul

Ra’s merupakan salah satu musuh bebuyutan dari Batman. Karakternya juga sudah sering muncul di berbagai medium. Dan dalam beberapa kemunculan Ra’s Al Ghul di berbagai medium tidak jarang Batman berhasil menghabisi nyawanya, meskipun tidak secara langsung. Misalnya, pada dalam game The Season of Infamy: Batman Arkham knight DLC Batman berhasil habisi nyawanya dengan melemparkannya ke cairan Lazarus Pit yang beracun.

Robin-fights-Ras-Al-Ghul

Dalam film Batman Begins, sosok Ra’s juga berhasil Batman “bunuh” dengan cara membiarkannya di sebuah kereta berkecepatan tinggi yang kemudian hancur. Ra’s Al Ghul selalu menemukan cara untuk bisa hidup kembali. Biasanya, dia akan memanfaatkan Lazarus Pit. Dan hal ini pun yang membuatnya dendam terhadap Batman. Meskipun begitu, Batman sendiri selalu berhasil untuk menghentikannya.

KGBeast

KGBeast adalah contoh lain dari bagaimana Batman memiliki caranya sendiri untuk menghabisi musuh-musuhnya. Dan cara yang Batman lakukan pun terkadang sangat mengerikan. Dalam cerita “Ten Nights of the Beast” yang rilis pada 1988, Batman diceritakan berhasil untuk menangalahkan dan menangkap sang villain. Saat itu, Batman tidak langsung membunuhnya.

batman-kills-kgbeast-wtf-crazy-momentsBatman kemudian mengurung KGBeast di sebuah ruangan di mana dia mencegah agar KGBeast tidak bisa lari atau kabur. Batman dengan sengaja mengunci KGBeast dan dengan santainya Batman pergi meninggalkan lokasi. Dia pun membuat KGBeast akhirnya tewas akibat kelaparan. Namun, dalam cerita retcon lain, Batman diceritakan menghubungi pihak GCPD dan memberi tahu di mana lokasinya.

Dracula

Karakter villain yang pernah dibunuh Batman lainnya adalah Dracula. Komik Batman vs. Dracula adalah salah satu alur cerita alternatif di mana Batman dan Count Dracula saling bertarung. Namun, Batman berhasil mengalahkannya. Penguin dan anak buahnya kemudian membawanya ke Gotham dan membangkitkan kembali Dracula. Sebagai makhluk yang haus darah, dengan cepat Dracula mengubah banyak warga Gotham menjadi makhluk buas seperti dirinya.

Batman-VS-DraculaHal ini berkat racun yang ada di tubuhnya. Dengan menggunakan serum khusus, Batman pun berhasil menyelamatkan seluruh penduduk Gotham. Batman sendiri berusaha untuk mengubah Dracula kembali menjadi manusia. Sayangnya, upaya tersebut gagal yang mana akhirnya Batman pun mau tidak mau membunuhnya. Batman menghabisi Dracula dengan menciptakan sengat   an petir buatan yang menirukan radiasi matahari.

Dick Grayson

Siapa yang menyangka jika Dick Grayson jadi salah satu karakter yang pernah dibunuh oleh Batman. Sosok Batman versi Frank Miller adalah gambaran mengerikan dari sang karakter. Frank tidak jarang menghadirkan sosok Batman yang brutal. Meskipun Frank sering menghadirkan Batman versi brutal, seperti di cerita The Dark Knight Returns, tetapi dia selalu memperlihatkan bagaimana Batman menghabisi musuhnya dengan caranya sendiri.

Batman-Kills-Dick-Grayson

Salah satu contohnya adalah dalam cerita komik The Dark Knight Strikes Again. Dalam cerita ini, Batman dihadapkan dengan mantan Robin, yaitu Dick Grayson. Dick berusaha untuk membalas dendam terhadap mantan mentornya tersebut. Namun, Batman sendiri sudah tidak bisa lagi menyelamatkan Dick. Dia pun kemudian dengan sengaja mendorong Dick Grayson ke lautan lahar panas.

Bane

Hal ini terjadi hanya di game Batman: Arkham Origins, di mana kita memainkan Batman di masa-masa awal Bruce Wayne sebagai Batman. Dalam salah satu momen Batman kemudian berhadapan dengan salah satu musuh lamanya yaitu Bane. Dengan serum yang mengalir di tubuhnya membuat Bane menjadi sosok yang berbahaya serta sangat kuat.

Bane-Blackgate-Batman-Arkham-Origins

Di akhir ceritanya, Batman diperlihatkan berhasil mengalahkan Bane. Namun, ada sebuah dilema di mana Batman harus membunuh Bane demi menghentikan Joker membunuh dirinya sendiri dengan menggunakan kursi listrik. Batman sendiri pada akhirnya membunuh Bane dan menyelamatkan Joker. Tetapi, Bane berhasil kembali dihidupkan berkat teknologi sarung tangannya. Jadi, secara tidak langsung Batman sudah membunuh Bane meskipun hanya beberapa detik.

Hourman

Karakter yang pernah dibunuh oleh Batman selanjutnya adalah Hourman. Dalam film animasi Justice League: Crisis on Two Earths, di sebuah dimensi alternatif, Justice League digambarkan sebagai sebuah sindikat kriminal. Sedangkan, para villain adalah pahlawannya. Lex Luthor merupakan pemimpin dari Justice League yang kemudian pergi ke universe utama DC untuk meminta bantuan dengan alat antar dimensi.

Hourman-JLU

Saat Hourman berusaha untuk meniru alat antar dimensi milik Lex Luthor, alat tersebut justru meledak dan menghabisi semua umat manusia. Namun, Hourman sadar jika ada banyak universe, yang artinya ada banyak juga yang harus dia hancurkan. Namun, saat hendak menghancurkan universe utama, Batman memindahkannya ke dimensi lain, yang mana hal itu ternyata membunuhnya.

Darkseid

Darkseid jadi karakter villain kuat lain yang berhasil Batman habisi nyawanya. Dalam cerita The Final Crisis, diceritakan bagaimana Batman bertarung menghadapi villain yang sekaligus juga merupakan pemimpin planet Apokolips yaitu Darkseid. Dia sudah membunuh banyak karakter, termasuk Orion. Menurutnya, Orion berhasil untuk melukainya. Batman sendiri marah terhadap Darkseid karena sudah menyerang bumi. Dan dia bersumpah untuk menghancurkannya.

Darkseids-Eyebeams

Batman bahkan bersumpah hendak menghabisi nyawa Darkseid dengan peluru yang sama yang dia gunakan untuk menghabisi Orion. Mendengar hal itu, Darkseid justru menantangnya, dan mencoba apakah Darkseid mampu menghindari Omega Saction atau tidak. Pada akhirnya, Batman berhasil menghabisi sang supervillain tanpa ada penolakan atau keberatan.

Joker

Joker adalah salah satu karakter populer yang pernah dibunuh oleh Batman. Cerita di seri komik Injustice adalah gambaran bagaimana jika sosok pahlawan lepas kendali dan berada di bawah kendali amarahnya. Dalam Injustice God Among Us: Year Three, Batman berhasil untuk mencegah Superman menghabisi Joker. Batman berjanji kepada Superman bahwa Joker tidak akan menyerangnya atau keluarganya lagi.

maxresdefaultBatman kemudian membawa Joker dengan Batmobile untuk dipenjara. Di tengah perjalanan, Joker mengatakan kepada Batman bahwa dia akan menunggu anak Superman lahir. Dan ketika anak tersebut lahir, Joker kemudian akan mengincar anak Superman tersebut. Mendengar pernyataan tersebut, Batman langsung mematahkan leher Joker dan membuatnya mati seketika. Dia pun kemudian menyerahkan diri ke GCPD pasca kejadian tersebut.

Terlepas dari yang membunuh mereka adalah Batman asli atau versi alternatif, tetapi apa yang dilihat dan dirasakan oleh kelima villain ini adalah benar-benar perbuatan Batman. Tewasnya kelima villain ini juga membuktikan bahwa tidak selamanya Batman bisa bertahan dengan moralnya untuk tidak membunuh. Karena, ada saatnya dia tidak bisa menahan emosinya dan terpaksa membunuh villain yang ada di hadapannya baik secara langsung atau pun tidak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.