Dengan berakhirnya Fase 4 MCU, sejauh ini Marvel Studios telah menyelesaikan fondasi untuk kisah Multiverse Saga yang jauh lebih besar. Di mana mereka telah memperkenalkan banyak sekali superhero, khususnya para superhero muda. Sebagian penggemar percaya bahwa para karakter muda ini nantinya akan menjadi Young Avengers. Namun sebelum itu, sepertinya akan lebih baik jika mereka ‘belajar’ terlebih dahulu di sekolah Avengers versi MCU, yaitu Avengers Academy. Bagaimana caranya dan apa keistimewaan Avengers Academy jika muncul di Fase 5 MCU? Mari langsung saja kita bahas teorinya, Geeks!

Avengers Academy di Marvel Comics

Sebelum masuk ke inti pembahasan, mari kita kenali dahulu apa itu Avengers Academy. Muncul pertama kali dengan serial komik solonya yang rilis pada tahun 2010, Avengers Academy adalah sebutan untuk sekolah bagi para manusia super muda yang dianggap masih kurang, baik secara ilmu maupun pengalaman. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kemungkinan mereka menjadi supervillain pada masa yang akan datang. Semuanya bermula dari ide para Avengers untuk mengubah markas Avengers Compound menjadi ‘sekolah super’ terpadu.

Dalam prosesnya, Avengers lantas memilih sejumlah anggotanya untuk menjadi tenaga pengajar, dimulai dari Hank Pym alias Ant-Man pertama. Ada banyak sekali manusia super muda yang bersekolah di Avengers Academy, beberapa murid regulernya adalah X23, White Tiger, Lightspeed, dan masih banyak lagi. Meskipun awalnya mereka hanya belajar, tetapi pada akhirnya para calon superhero muda ini harus bersatu untuk melawan villain dari masa depan bernama Hybrid. Ilmu dan pengalaman yang mereka dapatkan di Avengers Academy, akhirnya terbukti bermanfaat ketika Hybrid berhasil mereka kalahkan.

Quantumania Memicu Kemunculan Avengers Academy

Jika Marvel Studios ingin membawa sekolah Avengers ini ke MCU, mereka mungkin bisa mengganti formula kisahnya dengan para karakter yang sudah eksis. Misalnya Scott Lang alias Ant-Man sebagai tenaga pengajar pertamanya, dan Kang the Conqueror sebagai ancaman terbesar bagi para murid Avengers Academy pada masa yang akan datang. Di mana film Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang akan tayang pada 17 Februari 2023, bisa menjadi pemicu untuk semuanya. Karena di filmnya nanti Ant-Man dan Wasp sudah dipastikan akan bertemu dengan big bad villain Kang yang bermarkas di Quantum Realm.

Sebagai superhero pertama yang mengetahui eksistensi dan juga ancaman Kang, di ending Quantumania nanti bisa saja Ant-Man mulai tercetus ide untuk mendirikan sekolah Avengers di MCU. Mulai dari pengungkapannya tentang sosok Kang kepada para anggota senior Avengers, seperti Thor, Hulk, Hawkeye, Captain Marvel, dan Doctor Strange. Sampai akhirnya mereka sepakat mendirikan Avengers Academy, demi mempersiapkan para manusia super muda untuk membantu Avengers dalam melawan ancaman Kang yang sesungguhnya di film Avengers: The Kang Dynasty yang akan tayang pada 2 Mei 2025.

Avengers Academy Membuat Avengers Lebih Siap

Jika teori tentang Quantumania dan sekolah Avengers benar, hal tersebut tentunya akan lebih menjamin keselamatan MCU pada masa yang akan datang. Menariknya, tidak seperti kehadiran Young Avengers yang originnya harus dimunculkan melalui sebuah film atau serial, Avengers Academy justru bisa berjalan pada latar belakang Fase 5 MCU. Film dan serial MCU lainnya bisa berjalan seperti biasa, sambil sesekali menyinggung bahwa Avengers Academy telah berdiri dan mulai mengajar para calon superhero muda sejak peristiwa Quantumania.

Adapun murid-murid yang belajar di sekolah Avengers ini adalah para superhero muda yang telah melakukan debutnya di MCU. Termasuk Kate Bishop, America Chavez, Ms. Marvel, Skaar, Love (anak angkat Thor), Ironheart, Cassie Lang, dan masih banyak lagi. Selain Ant-Man, superhero seperti Hawkeye, Doctor Strange, Thor, Hulk, Sam Wilson, Shuri, bahkan She-Hulk dan Moon Knight, bisa bergantian untuk mengajar di Avengers Academy. Sampai akhirnya para superhero muda ini lebih siap sebagai Young Avengers yang telah berbekal pengetahuan tentang potensi ancaman Kang the Conqueror.

Itulah pembahasan tentang teori kemunculan sekaligus keistimewaan sekolah Avengers yang berpotensi muncul pada awal Fase 5 MCU. Sepertinya akan sangat menarik jika teori ini benar-benar terwujud. Karena nantinya kita bisa melihat lebih banyak dinamika Avengers dan Young Avengers pada latar belakang Fase 5 MCU. Misalnya di serial solo Ironheart (akhir tahun 2023), di mana Riri Williams akan diceritakan bersekolah di Avengers Academy dan bertemu dengan sejumlah karakter familier. Menarik bukan? Kita nantikan lihat saja nanti seperti apa kebenarannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.