Dengan makin besarnya pengaruh multiverse di Saga baru MCU, tidak sedikit penggemar yang mengharapkan para karakter lamanya kembali via multiverse. Dan dari semua nama superhero, kembalinya Iron Man dan Captain America adalah yang paling didambakan oleh semua orang. Namun, bagaimana caranya? Karena jika ‘formula’ ceritanya salah, hal tersebut akan membuat perjuangan mereka di Avengers: Endgame menjadi sia-sia.

Untuk menjawab hal tersebut sebenarnya Marvel sudah mempunyai satu ‘kunci’ untuk menyelesaikan masalahnya. Yaitu dengan menghadirkan varian Iron Man dan Captain America dari aktor Robert Downey Jr. dan Chris Evans di kisah final Multiverse Saga, Avengers: Secret Wars. Pertanyaannya apakah mereka masih mau mengulang perannya? Mari kita bahas fakta yang sebenarnya, Geeks. Begitu juga dengan cara terbaik untuk memunculkan karakter mereka pada masa depan MCU.

Nasib RDJ dan Chris Evans di MCU

Seperti yang kita tahu, terakhir kali karakter Tony Stark alias Iron Man dari RDJ terlihat adalah di ending Avengers: Endgame. Di mana dia melakukan pengorbanan heroik dengan menggunakan Infinity Stones untuk melenyapkan Thanos dan para anteknya dari alam semesta. Cukup jelas bahwa di kisah epik tersebut karakter Iron Man telah meninggal dunia. Tidak lama setelah perilisan filmnya, RDJ bahkan telah menyatakan pensiun dari MCU. Walaupun begitu, dalam sesi wawancaranya dengan GQ Magazine pada bulan April lalu, RDJ percaya bahwa “jangan pernah mengatakan tidak.”

Di sisi lain, sebagai pemeran Captain America yang telah menyerahkan mantle superheronya kepada Sam Wilson, Chris Evans mengatakan bahwa dia mungkin saja kembali ke MCU dengan satu syarat. Dalam acara D23 Podcast pada bulan Juni lalu, Evans mengungkapkan bahwa sebenarnya akhir kisah Steve Rogers sudah cukup baik baginya, sehingga jika ceritanya ingin ‘dirusak’ (dengan cara baik) maka dia menuntut “resep [kisah baru] yang mendekati sempurna.” Dan untuk menjawab harapan dari kedua aktor veteran MCU ini, untuk saat ini Avengers: Secret Wars sepertinya adalah pilihan yang sangat tepat.

Apa yang Terjadi di Secret wars?

Sebelum membahas teori bagaimana karakter Iron Man dan Captain America bisa kembali di Avengers: Secret Wars, mari kita bahas terlebih dahulu kisah komik Secret Wars versi 2015 yang digadang-gadang menjadi sumber inspirasi untuk filmnya nanti. Di Marvel Comics sendiri, Secret Wars adalah sebuah peristiwa lanjutan setelah multiverse diceritakan hancur karena Incursion, bencana dahsyat di mana semua universe saling bertabrakan. Menariknya, kejadian Incursions ini sebenarnya telah disinggung juga di MCU melalui film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Singkat cerita ketika semua universe telah hancur, Doctor Doom diceritakan mencuri kekuatan kosmik bangsa alien Beyonders dan Molecule Man untuk menciptakan sebuah planet ‘gabungan’ yang disebut Battleworld. Di planet inilah sisa-sisa multiverse berhasil diselamatkan, termasuk para karakter varian yang berasal dari berbagai universe. Yang lebih menariknya lagi, para varian tersebut bisa eksis secara bersamaan di Battleworld. Misalnya varian Iron Man yang eksis di banyak wilayah sekaligus, kemudian ada juga varian Thor yang membentuk pasukan Thor Corps untuk penjaga perdamaian Battleworld.

Bagaimana Iron Man dan Captain America Kembali?

Jika film Avengers: Secret Wars benar-benar akan mengadaptasi kisah di komiknya, hal tersebut tentunya akan membukakan jalan bagi Iron Man dan Captain America untuk kembali dalam bentuk varian. Sebelumnya Evans juga pernah mengungkapkan bahwa dia cukup tertarik untuk kembali sebagai Human Torch yang sempat diperankannya di film Fantastic Four (2015-2017). Jadi Evans bisa saja kembali sebagai Human Torch, atau bisa juga sebagai versi jahat Cap bernama Hydra Supreme. Selain itu Cap tua juga mempunyai kesempatan yang sama untuk kembali, mungkin sebagai penasehat Avengers baru.

Untuk kasus RDJ, mungkin akan sedikit lebih sulit karena dia telah menyatakan pensiun. Namun, mengingat Avengers: Secret Wars adalah kisah final Multiverse Saga yang akan sangat besar, termasuk anggarannya. Marvel mungkin akhirnya bisa merayu RDJ untuk kembali ke MCU. Karena Iron Man utama telah meninggal, varian seperti Arno Stark atau versi jahat Superior Iron Man bisa menjadi pilihan yang cukup menarik. Karena siapa pun variannya dan apa pun yang dilakukannya, para penggemar tampaknya akan tetap senang dengan kembalinya RDJ. Yang jelas semuanya harus muncul via Multiverse MCU.

Itulah pembahasan tentang teori dan potensi kembalinya Iron Man bersama Captain America di MCU. Entah itu sebagai varian baik maupun jahat, kembalinya mereka sudah pasti akan membuat para penggemar bersorak untuk menyambutnya. Masih ada waktu sekitar 3 tahun bagi Marvel Studios dan para aktornya, untuk mempersiapkan semua kejutan ini. Apa pun output-nya nanti, semoga saja sebagai penggemar, kita bisa mendapatkan yang terbaik. Jika semuanya lancar, kebenaran tentang teori ini hanya akan terbukti ketika film Avengers: Secret Wars tayang di bioskop pada 1 Mei 2026 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.