Chapter terbaru dari seri manga One-Punch Man menyinggung nama “Tsukuyomi” yang merupakan organisasi villain terbaru. Siapa sebenarnya Tsukoyomi? Apa tujuan mereka? Seri manga One-Punch Man kembali menghadirkan kejutan kepada para fans dengan menghadirkan musuh dan ancaman baru bagi sang protagonis utama serinya, Saitama. Hal ini bisa diketahui dalam chapter 175 kemarin.

Dalam chapternya, kita melihat bagaimana Saitama akhirnya mendapatkan tempat tinggal dan kehidupan baru di R City. Dia tinggal di sebuah kompleks yang berisi para pahlawan. Namun, tanpa disengaja dia kemudian bertemu dengan sosok Fubuki yang hendak bertemu dengan seseorang. Dan pada saat itulah nama “Tsukuyomi” pun muncul. Namun, siapa sebenarnya mereka?

Siapa Tsukuyomi?

Berdasarkan dari apa yang muncul di chapternya, Tsukuyomi adalah sebuah asosiasi atau kelompok misterius yang berisi para espers atau orang yang memiliki kemampuan psychic. Nama ini muncul ketika sosok misterius yang merupakan perwakilan dari organisasi tersebut datang ke penjara atau fasilitas di mana Psykos berada. Sayangnya, chapter 175 sendiri masih belum banyak memberikan informasi terkait organisasi misterius ini.

Sosok misterius yang datang ke fasilitas tersebut ternyata ingin bertemu dengan Psykos, sosok di balik terbentuknya asosiasi monster. Dia juga merupakan rival dari Fubuki dan Tatsumaki dalam hal kekuatan psychic. Ternyata organisasi Tsukuyomi sudah sejak lama mengincar Psykos. Dan setelah mengetahui sosoknya ada di fasilitas tersebut, mereka pun mengirimkan utusan.

Sebenarnya, organisasi Tsukuyomi ini “membeli” Psykos ke organisasi pahlawan saat mengetahui jika villain tersebut ditahan di sana. Hal ini diketahui, setelah perwakilan dari asosiasi pahlawan mengatakan bahwa Tsukoyomi sudah membayar dengan jumlah yang sangat besar. Mereka ternyata memiliki kendala finansial, di mana asosiasi tersebut kekurangan dana. Karena itulah, tawaran dari Tsukuyomi pun mereka terima.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, masih belum diketahui banyak hal tentang organisasi misterius ini. Namun, bagaimana mereka mengincar sosok Psykos nampaknya bukan sebuah pertanda baik. Apalagi, kita juga mengetahui fakta jika organisasi misterius ini berisi para ahli telepati yang hebat. Bisa jadi, mereka memiliki niatan tersembunyi yang sangat mengerikan.

Berbicara mengenai fakta Tsukuyomi, sebenarnya ini menjadi salah satu hal lain yang tdak pernah muncul dalam cerita versi webcomicnya. Seperti halnya beberapa elemen lain dalam manga One-Punch Man, Tsukuyomi sengaja diciptakan khusus untuk versi manganya. Ada kemungkinan Tsukuyomi menjadi villain utama baru di arc terbaru ini menggantikan villain yang seharusnya muncul dalam versi webcomicnya, yaitu Neo Heroes.

Mengapa Psykos Jadi Incaran?

Organisasi Tsukuyomi rela mengeluarkan banyak uang untuk “membeli” Psykos dari asosiasi pahlawan. Bahkan, asosiasi pahlawan sudah mengubah setifikat dari Psykos yang awalnya manusia menjadi monster. Hal ini bertujuan agar Tsukuyomi bebas melakukan apa pun terhadap Psykos, seperti menjadikannya subyek penelitian ilegal dan mengerikan. Lalu, apa yang jadi alasan mereka incar nyawa Psykos?

21

Menurut informasi dari perwakilan Tsukuyomi, Psykos memiliki sebuah kekuatan yang disebut sebagai “Third Eye.” Sayangnya, lagi-lagi tidak ada informasi lebih lanjut mengenai apa sebenarnya “Third Eye” yang ada di tubuh Psykos. Meskipun begitu, kemampuan atau hal yang ada di tubuh Psykos itu ternyat menjadi bagian penting bagi mereka terutama untuk mengungkap berbagai rahasia yang ada pada masa yang akan datang.

Kemampuan Third Eye sendiri bisa jadi adalah kemampuan yang memang sudah ada di dalam otak Psykos, karena sosok misterius tersebut menegaskan jika dia tidak ingin melukai atau menghancurkan otaknya. Apakah “Third Eye” merupakan kekuatan yang sudah ada sebelumnya? Atau justru itu merupakan kekuatan yang sempat God berikan sebagai bentuk tambahan kekuatan saat berhadapan dengan Tatsumaki? Mungkin, chapter selanjutnya akan memberikan penjelasan terkait hal ini.

Terkoneksi Dengan Ramalan Kiamat?

Apakah organisasi Tsukuyomi memiliki koneksi dengan ramalan kiamat yang disebutkan oleh Shibabawa? Bisa jadi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, peramal Shibabawa sempat meramalkan jika pada masa yang akan datang akan muncul kiamat dan bencana besar yang menimpa bumi. Semuanya akan hancur dan manusia akan hidup menderita. Hal ini juga yang bahkan dikhawatirkan oleh pihak asosiasi pahlawan.

Mereka melakukan berbagai hal untuk mencegah hal tersebut, seperti mengumpulkan para pahlawan terhebat. Apa yang kemudian jadi penyebab kiamat tersebut masih belum diketahui, dan banyak teori yang mencoba menjawab hal itu. Misalnya, kejadian tersebut merupakan ulah dari God. Melihat bagaimana kedahsyatan God di arc sebelumnya, rasanya memang masuk akal bencana tersebut diakibatkan oleh karakternya.

Namun, diperkenalkannya Tsukuyomi di chapter 175 ini kemungkinan memiliki koneksi juga dengan bencana tersebut. Salah satu skenario yang mungkin terjadi adalah mereka juga tahu tentang ramalan dari Shibabawa tersebut. Karena itulah, mereka ingin mengungkap fakta sebenarnya dengan mencuri “Third Eye” milik Psykos. Dengan begitu, mereka akan tahu apa penyebab kiamat tersebut.

Di sisi lain, bisa jadi kehancuran atau kiamat yang terjadi pada masa depan justru diakibatkan oleh mereka. Mereka mungkin ingin berniat mencegah God atau kiamat tersebut terjadi, namun justru mereka yang jadi penyebab kehancuran tersebut. Untuk saat ini, semua masih menjadi misteri. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.