Terdapat sebuah fakta menarik tentang Gear 5 yang mungkin belum banyak Geeks ketahui yaitu seri kartun legendaris Tom and Jerry ternyata adalah sumber inspirasi dari kekuatan tersebut. Hal ini Oda Sensei ungkapkan sendiri dalam sebuah wawancara. Melihat bagaimana unik dan epiknya Gear 5, akhirnya kita pun tahu dari mana asal-usul elemen-elemen unik tersebut.

Terungkapnya Gear 5 dari buah iblis Luffy menjadi salah satu titik balik cerita di seri One Piece. Bukan hanya kekuatan ini membuatnya menjadi sosok yang mampu menandingi – bahkan mengalahkan – Kaido, namun Gear 5 juga memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut bisak kita lihat dari segi desain dan gayanya. Keunikan tersebut adalah adanya unsur kartun klasik dalam kekuatannya.

Terinspirasi Kartun Tom And Jerry

Ketika Luffy menggunakan Gear 5 dalam pertarungan melawan Kaido, Geeks mungkin sadar dengan elemen kartun yang dimaksud. Misalnya, ketika mata dari Luffy – atau karakter lain – yang keluar saat terkejut atau terbelalak. Atau bisa juga ketika Luffy tertawa, di mana gaya tertawa Luffy mirip tokoh di sebuah film kartun klasik. Dan ternyata inspirasi di balik Gear 5 tersebut memang adalah kartun.

Hal ini terungkap dalam sebuah wawancara dengan mangaka Detective Conan, Aoyama Gosho, beberapa waktu yang lalu. Oda menjelaskan ketika dia berpikir tentang konsep awal untuk terciptanya Gear 5, dia ingin menghadirkan sesuatu yang ceria dan gembira. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa seri animasi klasik seperto Tom and Jerry terbersit di benak Oda Sensei dan jadi inspirasi untuk kemunculan Gear 5.

Advertisements

Meskipun begitu, Oda Sensei sendiri mengakui jika butuh upaya yang sangat besar untuk kemudian menyeimbangkan tema baru dan juga perbedaan antara sosok Kaido yang serius dan Luffy yang begitu ceria.

Ketika aku berpikir tentang konsepnya, yang muncul tiba-tiba kemudian adalah ‘Tom and Jerry.’

Ketika aku menggambarnya untuk pertama kali, hal itu benar-benar sulit. Dunia ‘Tom and Jerry’ bisa bekerja maksimal karena kedua karakternya, sehingga aku berusaha dengan keras untuk melihat perbedaan dari sikap antara Luffy, yang selalu berbuat kenakalan dan kekonyolan di tengah pertarungan, dan musuhnya yang serius. Namun, pada akhirnya, aku berhasil melakukannya.

Dalam wawancara tersebut, Oda juga menjelaskan alasan mengapa dia mengimplementasikan konsep kartun tersebut ke pertarungan Luffy dan Kaido. Menurutnya, dia ingin menghadirkan pertarungan antara Luffy dan Kaido sekocak dan selucu mungkin. Oda ingin sedikit bermain-main di pertarungan tersebut, sehingga kemudian dia memasukan elemen berbeda seperti humor dan ketegangan. Bahkan, Oda juga tidak ragu menghadirkan aturan fisika dan ekspresi kartun yang khas.

Advertisements

Jadi Sumber Kekuatan Terbesar Luffy

Sejak pertama kali diperlihatkan di arc Wano kemarin, Geeks tentunya sudah melihat seperti apa kedahsyatan dari kekuatan Gear 5. Ketika Luffy mengaktifkannya, dia berubah menjadi sosok yang mengerikan namun konyol. Misalnya, kita melihat bagaimana Luffy selalu tertawa di sepanjang pertarungan. Dia bahkan tidak pernah serius dalam pertarungan.

Kemudian, kita melihat juga bagaimana Luffy bisa dengan mudah membuat Kaido seolah-olah mainannya. Contohnya dengan membuat form naga Kaido terlihat seperti permainan lompat tali dan sebagainya. Level kekuatan Luffy benar-benar berubah drastis berkat aktifnya Gear 5 tersebut. Ketika dia berada dalam transformasi ini, Luffy benar-benar berubah menjadi sosok dewa yang tidak terkalahkan.

Dengan kedahsyatan dari Gear 5 tersebut, wajar jika kekuatan ini kemudian menjadi sumber kekuatan terbesar Luffy. Bahkan, bisa dibilang ini adalah kekuatan paling epik yang pernah Luffy miliki di sepanjang seri One Piece. Karena hal itulah, wajar jika para fans kemudian terkejut saat Luffy pertama kali menggunakan kekuatan dahsyat yang tidak biasa dan unik ini.

Setelah pertarungan melawan Kaido, Gear 5 sendiri kemudian kembali muncul di arc terbaru serinya yaitu Egghead. Hal ini bisa kita lihat di chapter 1069, di mana Luffy mengaktifkan kekuatan Gear 5 untuk menghadapi awakening dari Rob Lucci. Meskipun awakening tersebut sangat dahsyat, namun Gear 5 Luffy nampak bukan sebuah tandingan bagi buah iblis Rob Lucci.

Akan Ada Peningkatan Kekuatan Lain?

Dalam pertarungannya melawan Kaido dan juga Rob Lucci, kita memang sudah melihat bagaimana kedahsyatan dari Gear 5 Luffy. Namun, besar kemungkinan jika apa yang Luffy hadirkan tersebut belum sempurna. Hal ini bisa kita lihat dari apa yang Oda hadirkan sebelumnya, di mana dalam ceritanya Luffy selalu berhasil menyempurnakan semua teknik Gear yang dia miliki. Misalnya, teknik Gear 4 yang sempat menjadi andalan Luffy.

Pola yang selalu Oda gunakan biasanya Luffy mampu menggunakan kekuatan tersebut, meskipun belum sempurna dan masih butuh penyesuaian. Setelah beberapa lama, barulah Luffy akan mampu menyempurnakan atau membiasakan diri dengan kekuatan tersebut. Hal ini pun kemungkinan besar akan terjadi kepada Gear 5, di mana kedahsyatan dari kekuatannya akan semakin meningkat pasca Luffy mampu menguasainya.

Dan yang menarik adalah terdapat teori jika mungkin akan ada peningkatan kekuatan lain sebagai bentuk sempurna Gear 5 Luffy, yaitu Gear 6. Teori ini sudah muncul cukup lama di kalangan fans yang mana mungkin saja terjadi pada masa yang akan datang. Hal ini berkaca pada kemunculan Gear 5, dan juga beberapa elemen yang ada dalam cerita seperti sosok Vegapunk. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kedahsyatan bentuk sempurna Gear 5 Luffy tersebut.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/