Untuk membuat sebuah film besar, rata-rata dibutuhkan waktu hampir satu tahun untuk menyelesaikannya. Biasanya, proses produksinya berlangsung selama 6 bulan, dan dilanjut dengan pasca produksi yang memakan waktu beberapa bulan tambahan. Butuh tenaga yang besar dalam menyesaikan sebuah film. Tetapi bagaimana jika sang aktor utama meninggal dunia saat proses syuting tengah berlangsung? Apa yang terjadi, dan bagaimana pihak studio menanganinya? Berikut adalah 10 aktor yang meninggal dunia saat syuting film.

Chris Farley

Mungkin nama Chris Farley sedikit asing di telinga Geeks. Tetapi tahukah kalian bahwa Farley hampir memerankan karakter Sherk? Dilansir Yahoo Entertainment, sebelum Farley meninggal dunia, dia sempat melakukan syuting film Shrek. Farley hampir menyelesaikan syutingnya, tetapi takdir berkata lain. Dia meninggal dunia menjelang berakhirnya proses produksi. Farley meninggal pada 18 Desember 1997 akibat overdosis obat-obatan terlarang. Usianya masih sangat muda kala itu yaitu 33 tahun. Setelah kematian Farley, Dreamworks Studios kemudian mencari penggantinya dengan menunjuk aktor Mike Myers. Menurut sumber, disebutkan bahwa karakter Shrek dibuat mirip dengan Chris, di mana ia rendah hati dan kikuk.

Philip Seymour Hoffman

Aktor yang meninggal berikutnya saat syuting film adalah Philip Seymour Hoffman. Hoffman ditemukan meninggal dunia pada 2 Februari 2014, di sebuah apartemen di Greenwich Village yang disewanya sebagai kantor. Hoffman ditemukan meninggal dunia akibat overdosis obat-obatan terlarang. Pada saat kematiannya, Hoffman hampir saja menyelesaikan proses syuting Hunger Games. Dan setelah meninggal, ada perubahan pada jadwal syuting yang dilakukan. Ketika itu, durasi syuting dipersingkat agar para pemeran bisa meluangkan waktu berkabung atas kematian Hoffman. Nah karena masih ada beberapa adegan Hoffman yang belum rampung, pihak studio menggunakan beberapa efek visual, dan menggunakan beberapa rekaman Hoffman yang tersimpan.

Oliver Reed

Reed meninggal dunia pada 2 Mei 1999 karena serangan jantung di Malta. Ketika itu, Reed berusia 61 tahun dan tengah menyelesaikan proses syuting Gladiator. Disebutkan bahwa Reed tiba-tiba terjatuh di sebuah bar saat dia bersama istrinya. Dan tak lama setelah itu, Reed dinyatakan meninggal dunia. Saat itu, ada beberapa adegan Reed yang belum selesai di film Gladiator. Dan pada akhirnya, pihak studio memutuskan melengkapi adegan Reed dengan efek visual. The Mill (studio efek khusus) menggunakan adegan lain dari Reed untuk mencangkokkan wajah sang aktor secara digital ke tubuh pemain pengganti. Walaupun di tahun 1999 teknologi belum terlalu canggih, tetapi film Gladiator sukses mengakali keterbatasan tersebut.

Brandon Lee

Saat kematiannya, aktor Brandon Lee memang tengah naik daun. Dia sudah membintangi beberapa film besar seperti Showdown in Little Tokyo dan Rapid Fire. Nah di tahun 1993, Brandon Lee tengah melakukan syuting film The Crow, di mana ia memerankan sang karakter utama. Tetapi tragedi besar terjadi. Ketika itu, Lee tewas tertembak di lokasi syuting. Setelah diusut, Lee tertembak pistol asli yang ternyata berisi peluru. Saat melakukan syuting adegan close-up, sebuah senjata ditembakkan dan tragedi tersebut tak terhindarkan. Pelurunya menembus perut Lee, dan merusak beberapa organ dalamnya. Dan setelah kematian Lee, proses syuting terus dilanjutkan dengan berbagai efek khusus. Chad Stahelski kemudian ditunjuk menjadi pemeran pengganti Lee.

Natalie Wood

Kematian Natalie Wood memang masih dipenuhi misteri. Wood meninggal pada 29 November 1981, di mana dia ditemukan tenggelam di lepas pantai pulau Catalina, California. Pada tahun 2011, pihak kepolisian membuka lagi kasus tersebut karena mereka mendapat bukti baru dari seorang saksi. Sebelum meninggal, Wood sedang melakukan syuting film berjudul Brainstorm. Meskipun adegan Wood dalam Brainstorm sudah hampir selesai, tetapi saudara perempuan Wood, Lana, ditunjuk untuk melakukan beberapa adegan singkat, dan membantu menyelesaikan filmnya. Dan setelah mengalami beberapa kendala, filmnya dirilis, dua tahun setelah syuting selesai. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.

1
2
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/