Sosok Uzumaki Boruto mungkin akan menjadi dewa Otsutsuki yang baru pada masa yang akan datang dan dia mungkin juga akan jadi shinobi terakhir di muka bumi. Nama God Otsutsuki atau Dewa Otsutsuki sendiri pertama kali direferensikan oleh sosok Isshiki Otsutsuki ketika dia berbicara dengan Code. Saat itu, Isshiki menjelaskan bahwa Code bisa jadi dewa Otsutsuki yang baru.

Bagaimana caranya? Tidak lain adalah dengan menyerap sebanyak mungkin buah chakra. Isshiki meminta Code untuk pergi ke berbagai planet dan memanen sebanyak mungkin buah chakra agar dia bisa jadi dewa Otsutsuki yang baru. Namun, melihat alur cerita dan peluang yang ada sepertinya bukan Code yang akan jadi dewa Otsutsuki baru melainkan Uzumaki Boruto.

Otsutsuki Adalah “Pemeran Utama”

Klan Otsutsuki adalah sebuah ras yang misterius yang sampai saat ini masih belum dijelaskan secara rinci. Pertama kali nama klan Otsutsuki muncul adalah ketika karakter Hagoromo Otsutsuki alias Sage of Six Path diperkenalkan dalam cerita. Kemudian di akhir seri Naruto, kita kemudian diperkenalkan dengan sosok Kaguya Otsutsuki. Dan sejak saat itu, klan Otsutsuki menjadi pusat dari cerita di universe Naruto.

Hal berbeda diperlihatkan dalam sekuel Naruto. Di seri Boruto, mitologi tentang klan Otsutsuki semakin menjadi fokus utama ceritanya. Hal ini bisa dilihat dari beberapa Otsutsuki yang menjadi musuh utama para shinobi, contohnya adalah Isshiki Otsutsuki atau Momoshiki. Dan di chapter 75 kemarin, para fans kemudian diperkenalkan dengan sosok dewa Otsutsuki yaitu Shibai Otsutsuki.

Advertisements

Fakta tersebut seolah menyiratkan arti jika memang klan Otsutsuki jadi “pemeran utama” dalam seri Boruto. Belum lagi, ditambah fakta bahwa Uzumaki Boruto sudah menjadi bagian dari klan alien tersebut. Dan dalam cerita bergenre Shonen, sudah tidak aneh jika kemudian protagonis utama serinya menjadi yang paling kuat. Atau mereka akan berubah menjadi sosok yang dahsyat di akhir serinya.

Hal ini juga yang diyakini oleh para fans, di mana terdapat sebuah teori menarik jika Boruto mungkin di akhir serinya akan berubah menjadi sosok dewa. Dalam hal ini, Boruto akan jadi dewa baru Otsutsuki. Dalam chapter 55 kemarin, ketika Isshiki menjelaskan hal ini kepada Code, terdapat sebuah penjelasan menarik bahwa dengan menjadi penguasa seluruh klan Otsutsuki, maka seorang Otsutsuki akan kemudian berubah menjadi God Otsutsuki.

Boruto Jadi Dewa Otsutsuki Baru?

Teori bahwa Boruto mungkin akan jadi sosok dewa Otsutsuki baru di serinya bisa dibilang sangat menarik. Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, sudah bukan hal aneh jika protagonis utama akan jadi sosok yang luar biasa di akhir cerita. Di sisi lain, teorinya sendiri memiliki beberapa hal yang dianggap bisa jadi bukti untuk mendukung teori tersebut. Salah satunya adalah mata Jougan.

Advertisements

Jougan sendiri sampai sekarang masih menjadi salah satu misteri besar di seri Boruto. Doujutsu eksklusif milik Uzumaki Boruto ini menjadi perbincangan di kalangan para fans. Kita masih belum tahu dari mana asal-usul Jougan dan mengapa hanya Boruto yang memilikinya. Meskipun begitu, terdapat spekulasi jika Jougan merupakan salah satu Doujutsu yang dimiliki oleh dewa Otsutsuki.

Dalam penggambaran sosok dewa Otsutsuki oleh Isshiki, nampak ada banyak sekali Doujutsu yang diyakini adalah Jougan yang memenuhi seluruh panelnya. Dan yang menarik, dalam chapter 75 kemarin ketika Kishimoto memperkenalkan sosok Shibai nampak di salah satu matanya terdapat Doujutsu yang mirip dengan Jougan. Di sisi lain, Jougan sendiri diketahui berasal dari klan Otsutsuki. Sehingga, rasanya cukup masuk akal jika kemudian Jougan jadi salah satu bukti bahwa Boruto mungkin akan jadi dewa Otsutsuki.

Ada Peran Momoshiki

Menjadi dewa Otsutsuki perlu memiliki hasrat atau keinginan untuk mau menguasai atau mengatur seluruh alam raya. Apakah Boruto memiliki hal itu? Sejauh ini, nampaknya Boruto tidak memiliki hasrat tersebut dan tidak akan pernah memilikinya. Meskipun begitu, bukan hal mustahil jika ada sebuah peristiwa yang kemudian mengubah semuanya. Salah satunya mungkin ada peran Momoshiki dalam peristiwa tersebut.

Seperti yang Geeks ketahui, Momoshiki adalah sosok Otsutsuki yang saat ini sudah menyatu dan masih bersemayam di tubuh Boruto. Hal ini terjadi setelah proses Otsutsukifikasi di tubuh Boruto terhenti di angka 83%. Bahkan, di chapter 75 kemarin diketahui bahwa sekarang pikiran dari Momoshiki dan Boruto sudah mulai menyatu. Terbukti bagaimana Boruto bisa melihat masa depan.

Meskipun Momoshiki masih jadi sosok yang misterius, banyak fans meyakini jika dia adalah Momoshiki yang memiliki peringkat tinggi di klannya. Meskipun Momoshiki tidak memiliki ambisi yang besar seperti halnya Isshiki, namun dia terlihat memiliki ambisi tersebut. Berdasarkan hal tersebut. Artinya bukan tidak mungkin jika kemudian Momoshiki yang mengararahkan Boruto atau menghasut Boruto untuk menjadi dewa baru Otsutsuki.

Contohnya, Momoshiki bisa jadi akan memberikan hasutan kepada Boruto untuk mau memiliki hasrat menguasai dan mengendalikan dunia entah untuk apa pun alasannya. Ketika hal tersebut sudah tertanam di pikiran Boruto, dia pun akan berusaha untuk menjadi sosok dewa Otsutsuki yang baru. Dan di teorinya sendiri dijelaskan jika ada kemungkinan Boruto akan jadi shinobi terakhir di bumi.

Dalam adegan di masa depan pada awal seri Boruto, nampak Konoha sudah hancur dan hanya Boruto dan Kawaki yang tersisa. Memang, masih belum diketahui apa yang terjadi kepada penduduk lainnya. Namun, diyakini jika mereka sudah tewas. Dalam pertarungan melawan Kawaki, Boruto yang kan jadi pemenangnya dan dia pun jadi shinobi terakhir di bumi yang mungkin akan jadi penutup seluruh alur cerita di universe Naruto.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/