Kapten Jack Sparrow adalah salah satu karakter ikonik di perfilman Hollywood yang sejauh ini telah diperankan dengan sangat baik oleh aktor Johnny Depp. Dari semua karakter nyentrik yang pernah Depp perankan, bisa dibilang Jack Sparrow adalah karakternya yang paling terkenal. Muncul pertama kali pada tahun 2003, sampai hari ini Depp telah berperan sebagai Jack Sparrow di lima film Pirates of the Carribean. Namun, tahukah kalian bahwa ternyata Depp bukanlah pilihan pertama untuk memerankan peran ikonik tersebut? Ada setidaknya 5 aktor terkenal yang pernah hampir menjadi Jack Sparrow sebelum dirinya.

Robert De Niro

Penggemar veteran film Hollywood pasti mengenal siapa Robert De Niro. Aktor senior yang sering terlibat dalam sejumlah film aksi ini ternyata pernah mendapatkan tawaran untuk terlibat dalam film Pirates of the Caribbean: The Cursed of the Black Pearl. Tidak tanggun-tanggung pada saat itu mendapatkan kesempatan untuk bermain sebagai Kapten Jack Sparrow dengan dandanan nyentriknya. Namun, sesaat setelah membaca naskahnya, dia menolak tawarannya karena merasa filmnya kurang menjanjikan. Faktanya, film pertama Pirates tersebut ternyata berhasil meraup pendapatan lebih dari 650 juta dolar AS.

Michael Keaton

Aktor veteran lainnya yang hampir mendapatkan peran Jack Sparrow adalah Michael Keaton. Menjelang perilisan film pertama Pirates, pada saat itu aktor langganan film superhero ini terkenal sebagai pemeran Bruce Wayne di film The Batman pada tahun 90-an. Di mana hal tersebut membuat banyak penggemarnya selalu menantikan setiap penampilan Keaton. Termasuk ketika dia dikabarkan mengikuti audisi untuk peran Jack Sparrow. Sayangnya, hal tersebut tidak pernah terwujud, dan sampai sekarang masih tidak diketahui apa alasan Keaton tidak mendapatkan peran tersebut.

Matthew McConaughey

Pada awal tahun 2000-an, Matthew McConaughey termasuk salah satu aktor muda yang namanya cukup terkenal di Hollywood. Jauh sebelum dia membintangi film Christopher Nolan yang berjudul Interstellar, dia ternyata pernah menjadi bahan pertimbangan utama Disney sebagai aktor yang paling cocok untuk memerankan Jack Sparrow. Menurut kabar yang beredar pada saat itu, alasan mengapa Disney mengincar Matthew adalah karena dia mempunyai kemiripan dengan Burt Lancaster yang pernah memerankan karakter bajak laut. Tidak disebutkan mengapa Matthew akhirnya melewatkan kesempatan tersebut.

Jim Carrey

Siapa yang tidak mengenal Jim Carrey? Tidak jauh berbeda dari Johnny Depp, bintang The Mask dan Ace Ventura ini terkenal sebagai aktor yang pandai dalam memainkan ekspresi wajahnya. Tentunya dengan pengalaman dan keahliannya, tidak akan sulit bagi Jim Carrey untuk memerankan karakter Jack Sparrow yang nyeleneh. Menariknya, ternyata dia memang sempet mengikuti casting untuk peran tersebut. Sayangnya saat mengetahui bahwa jadwal produksinya bentrok dengan syuting film Bruce Almighty, dia terpaksa melepas perannya sampai akhirnya jatuh kepada Depp.

Hugh Jackman

Siapa sangka aktor yang sering memainkan peran serius seperti Hugh Jackman pernah menjadi pilihan sutradara Tim Burton untuk berperan di film Pirates. Sebagai sutradara veteran yang sering berkolaborasi dengan Johnny Depp, ternyata Tim Burton merasa bahwa Jackman akan memainkan peran Jack Sparrow dengan baik. Sayangnya, saran dari sutradara veteran ini tidak dilakukan oleh Disney dan para sineas yang terlibat dalam proses castingnya. Menurut mereka, pada saat itu Jackman kurang mempunyai banyak pengalaman, karena dia hanya baru terlibat dalam film X-Men sebagai Wolverine.

Itulah 5 aktor Hollywood yang hampir memerankan Jack Sparrow di warlaba film Pirates of the Caribbean. Selain Jim Carrey, sama sekali tidak terbayangkan bagaimana jadinya jika karakter nyeleneh seperti Jack Sparrow diperankan olek para aktor ini. Mungkin ada baiknya para aktor ini akhirnya melewatkan peran tersebut, sehingga Johnny Depp bisa membuktikan bahwa Jack Sparrow memang ditakdirkan untuk dia. Saat ini bahkan banyak penggemar yang merasa bahwa Jack Sparrow dan Johnny Depp adalah orang yang sama. Itu artinya, dia telah berhasil memenuhi ekspektasi semua orang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.