Terdapat beberapa daftar atau list kekuatan dari anggota CP0 yang membuat mereka menjadi organisasi atau kelompok yang paling elit di dunia One Piece. Seperti yang Geeks ketahui, Cipher Pol merupakan organisasi rahasia milik World Government yang memiliki tugas dan misi khusus. Terdapat kurang lebih 10 bagian Cipher Pol, mulai dari Cipher Pol 0 sampai Cipher Pol 9.

Cipher Pol 0 dianggap yang paling elit karena tidak sembarangan seseorang bisa menjadi bagian dari kelompok tersebut. Pasalnya, CP0 bergerak langsung di bawah pengawasan dari kaum naga langit seperti Gorosei. Karena itulah, wajar jika hanya mereka yang dianggap kuat yang bisa menjadi bagian dari CP0. Berikut adalah daftar kekuatan dari para anggota CP0.

Rob Lucci

Rob Lucci tentunya sudah tidak asing di telinga Geeks, apalagi jika kita berbicara mengenai kemampuannya. Dalam sistem penilaian milik World Government yang muncul di chapter sebelumnya terungkap jika level kekuatannya mencapai 4.000, dan berhasil membuat Luffy hampir kalah saat pertarungan perdana mereka di Enies Lobby. Luffy bahkan harus menggunakan kemampuan Gear barunya untuk menghadapi Lucci.

rob-lucci

Advertisements

Rob Lucci memiliki beberapa kekuatan. Pertama, dia adalah pengguna buah iblis Neko Neko no Mi, Model: Leopard yang bisa membuatnya menjadi manusia macan tutul. Selain itu, sebagai bagian dari pasukan World government dia juga jelas menguasai teknik Rokushiki. Salah satu teknik yang dia sering gunakan adalah Rokuogan, yang digunakan juga untuk menghancurkan Atlas di chapter 1068 kemarin. Lucci juga memiliki daya tahan yang luar biasa di mana dia sanggup bertahan menghadapi serangan Gear 5 Luffy seperti yang diketahui dari chapter 1069.

Stussy

Sosok Stussy memang jarang muncul karena dia pertama kali muncul di arc Whole Cake Island. Di arc itu pun kita sedikit melihat kedahsyatan dari karakternya. Karena jarang diperlihatkan bertarung, tidak banyak informasi kekuatan yang diketahui dari sosok Stussy. Stussy diketahui mampu menggunakan teknik Rokushiki dengan baik atau pun menggunakan berbagai kemampuan Haki.

Namun, salah satu hal yang juga luar biasa dari sosok Stussy adalah kemampuan penyusupannya. Hal ini bisa kita lihat di arc Whole Cake Island, di mana dia berhasil menutupi identitas aslinya sebagai seorang anggota Cipher Pol. Kemampuan Stussy baru kembali diperlihatkan di chapter 1069 ini ketika anggota CP0 berhadapan dengan Seraphim.

Kaku

Selain Rob Lucci, Geeks juga tentunya tidak asing dengan sosok Kaku. Karakter yang memiliki hidung panjang dan kotak tersebut merupakan karakter terkuat kedua di CP9, setelah Lucci. Salah satu kekuatan yang dia miliki adalah buah iblis Zoan Ushi Ushi no Mi, Model: Giraffe yang bisa membuatnya bertransformasi menjadi jerapah. Dengan satu kali kibasan lehernya yang panjang, Kaku bisa membelah apa pun bahkan termasuk menara di Enies Lobby.

Advertisements

Kaku-Cropped

Namun, meskipun dia pengguna buah iblis kemampuannya yang lain bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Dan hal ini bisa kita lihat di arc Enies Lobby. Dia memiliki kemampuan berpedang yang sangat dahsyat, di mana Kaku sanggup untuk membuat Zoro menggunakan seluruh kemampuannya. Dalam pertarungan melawan Kaku, Zoro pertama kali menggunakan teknik Ashura Ichibugin.

Maha

Maha merupakan salah satu agen CP0 yang cukup sering muncul, meskipun saat itu Oda Sensei masih belum menginformasikan tentang namanya. Maha sendiri pertama kali muncul dalam arc Wano saat dia bersama dua agen yang lain, Guernica dan Gizmonada, melakukan negosiasi dengan shogun Kurozumi Orochi untuk suplai senjata. Dalam arc Wano, dengan mudah dia dan Guernica berhasil mengalahkan para suku Minks.

2998432692

Mengingat Maha adalah salah satu agen Cipher Pol yang mengenakan topeng, artinya dia merupakan agen khusus. Dia berhak mengetahui berbagai informasi penting dan rahasia. Dia juga tentunya memiliki teknik Rokushiki dan daya tahan tinggi. Dalam chapter sebelumnya, Maha sempat diperlihatkan bertarung menghadapi Izo sebelum kemudian mantan kapten di kelompok Whitebeard tersebut tewas.

Gismonda

Gismonda adalah salah satu anggota CP0 lainnya yang identitasnya baru terungkap dalam kolom SBS. Seperti halnya Maha, dengan Gismonda yang menggunakan topeng khusus artinya dia bukanlah anggota CP0 biasa. Di sisi lain, level kemampuan bertarung dan kekuatan fisiknya juga berada di atas rata-rata. Sayangnya, Oda jarang menghadirkan sosoknya atau memperlihatkannya bertarung.

Gismonda-Anime-Infobox

Gismonda sempat muncul dalam peristiwa Reverie, di mana dia menemani Lucci, Kaku, dan Stussy. Selain kekuatan fisik, kekuatan lainnya yang dia miliki adalah kemampuan untuk menganalisis situasi dan keadaan serta hal yang berkaitan dengan intelijen. Misalnya, dia pernah mencoba untuk menutupi jejak kabar tentang pencabutan status Doflamingo dari Shichibukai di wilayah Dressrosa.

Guernica

Guernica merupakan anggota CP0 yang namanya baru terungkap di kolom SBS kemarin oleh Oda, selain juga Gismonda. Guernica adalah agen CP0 yang cukup populer, karena cukup sering muncul dalam ceritanya. Dia juga yang membuat para fans penasaran dengan CP0 dan mengapa mereka jarang muncul atau menggunakan topeng. Menurut Gorosei, Guernica adalah salah satu agen CP0 terkuat dan terbaik yang mereka miliki.

guernica-dan-maha-e14175836f7362aae551f7d996f81a7e

Salah satu bukti kekuatan Guernica adalah dia mampu bertahan dari serangan api Kazenbo serta ledakan dari buah iblis Apoo. Artinya, dia memiliki daya tahan yang sangat luar biasa. Belum lagi, dia juga memiliki teknik Rokushiki dan Haki yang dahsyat di mana dia mampu menghadapi Drake dengan mudah. Sayangnya, nasib Guernica harus berakhir tragis setelah menganggu pertarungan Kaido melawan Luffy.

Joseph

Joseph adalah salah satu dari empat karakter CP0 yang namanya baru diungkap oleh Oda, selain Guernica, Maha, dan juga Gismonda. Joseph merupakan agen CP0 yang berasal dari suku lengan panjang, yang bisa kita lihat dari penampilan fisiknya. Joseph nampak selalu bersama anggota CP0 bertopeng lainnya, Maha dan Guernica. Kemampuan bertarung dari Joseph sendiri belum terlalu banyak diperlihatkan oleh Oda.

one-piece-3

Namun, dia tentunya bukan sosok yang biasa dengan posisinya sekarang. Kekuatan yang pastinya Joseph miliki adalah Rokushiki serta daya tahan yang luar biasa. Dia juga diketahui memiliki kemampuan analisis yang hebat. Saat bersama dengan Guernica dan yang lain ketika perang di Onigashima terjadi, Joseph adalah salah satu agen CP0 yang melakukan analisis kekuatan baik dari pihak aliansi maupun dari kelompok Beast.

Spandam

Spandam awalnya adalah pemimpin dari salah satu bagian dari Cipher Pol, yaitu CP9. Meskipun begitu, entah apa yang terjadi pasca Enies Lobby, saat ini Spandam sendiri sudah naik jabatan, di mana dia menjadi bagian dari CP0. Kemungkinan Spandam sendiri berhasil menduduki jabatan tinggi bukan karena prestasi yang dia lakukan, melainkan pengaruh ayahnya, Spandine.

spandam-fee6492234d62cee1d3e72b471720b47

Secara level kekuatan, sebenarnya dia tidak lebih kuat dibandingkan angkatan laut pada umumnya. Satu-satunya senjata yang dia andalkan adalah pedang yang mampu berubah menjadi gajah. Hal itu berkat kemampuan buah iblis Zou Zou no Mi, di mana pedang miliknya, Funkfreed, bisa berubah menjadi seekor gajah. Tapi, sayangnya, hal itu tidak bisa dia manfaatkan karena kurangnya pengalaman bertarung. Dan kekuatan Spandam sendiri jauh di bawah anggota CP0 lainya.

Kalifa

Kalifa merupakan anggota CP9 yang cukup kuat dan juga anggota yang berhasil dipromosikan untuk jadi bagian dari CP0. Seperti yang diketahui, Kalifa memiliki kekuatan buah iblis Awa awa no Mi di mana dia mampu mengendalikan gelembung atau busa. Kekuatan tersebut bisa dia gunakan untuk memanipulasi musuhnya, seperti yang dia gunakan saat berhadapan dengan Nami.

Bahkan, dalam pertarungan itu Kalifa hampir berhasil mengalahkan Nami, jika Chopper tidak datang untuk membantu pertarungan itu di arc Enies Lobby. Selain buah iblis, Kalifa diketahui menguasai Rokushiki seperti Ranyaku. Konfirmasi Kalifa sebagai anggota CP0 diketahui dalam booklet One Piece 4 Billion yang jadi bagian dari film Red. Kekuatan dahsyat tersebut mungkin yang membuatnya dipromosikan jadi CP0.

Blueno

Sekilas mungkin tidak ada yang aneh dari penampilan Blueno. Namun, dia memiliki kekuatan yang luar biasa. Blueno diketahui memiliki teknik bertarung yang luar biasa, dan bisa membuat bingung lawanannya. Hal itu berkat buah iblis Doa Doa yang dia miliki, yang membuatnya bisa keluar atau masuk pintu di mana pun dia berada. Buktinya, dia sempat berhasil mengalahkan Sanji dan membuat sang koki babak belur.

one-piece-film-red-blueno-4d244f1f26bd6753f88363e58c324a24

Bukti kedahsyatan lainnya, bahkan Luffy perlu susah payah dengan menggunakan Gear Second untuk bisa mengalahkan Blueno. Sosok Blueno juga diketahui menjadi bagian dari CP0 dalam film Red dan juga di booklet One Piece 4 Billion. Dan dalam filmnya sendiri diperlihatkan bagaimana Blueno cukup tangguh dan dahsyat saat berhadapan dengan Uta dan berbagai serangannya.

Organisasi Ciper Pol 0 merupakan yang terkuat dan paling eksklusif dari seluruh Cipher Pol. Tidak diketahui apa yang kemudian menjadi persyaratan bagi anggota Cipher Pol lain untuk bisa bergabung dengan kelompok elit tersebut. Namun, mungkin kekuatan jadi pertimbangannya. Dan anggota CP0 di atas bisa jadi bukti dari hal tersebut.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/