Chapter terbaru dari seri manga One Piece sepertinya menghadirkan konfirmasi jika Sentomaru merupakan bagian dari SWORD. Atau bisa juga dia berada di pihak Vegapunk dalam situasi kali ini. Seperti yang Geeks ketahui, Vegapunk menjadi incaran World Government karena dia dianggap terlalu banyak tahu. Apalagi, yang berkaitan dengan sumber energi misterius.

World Government akhirnya memerintahkan CP0 untuk menghabisi nyawa dari Vegapunk. Namun, sang ilmuwan tidak mau menyerahkan diri begitu saja tanpa perlawanan. Dalam chapter 1068 nampak Vegapunk mempersiapkan diri untuk menghadapi CP0, misalnya dengan menerjunkan Seraphim. Yang menarik adalah Vegapunk memberikan kendali semua Seraphim terhadap Sentomaru. Mengapa kemudiaan Sentomaru yang memegang kendali?

Perintahkan Serang CP0

Yang juga tidak kalah menarik adalah bagaimana di berdasarkan informasi bocoran dari chapter 1069, Sentomaru memberikan perintah kepada Seraphim untuk menyerang CP0. Hal ini pun membuat mereka akhirnya harus berjuang untuk mempertahankan diri dari kedahsyatan Seraphim. CP0 sendiri berusaha untuk mengendalikan atau mengambil alih kendali dari Seraphim. Mereka berusaha untuk menghancurkan pusat komunikasi yang ada di pulau Egghead.

Bagaimana Sentomaru memerintahkan para Seraphim untuk menyerang CP0 menarik, karena ini artinya dia berada di pihak Vegapunk. Dengan kata lain, dia berusaha untuk membantu mempertahankan nyawa dari sang ilmuwan. Seperti yang kita ketahui, Sentomaru merupakan pemimpin atau kapten dari divisi khusus di angkatan laut, yaitu Science Unit.

Sentomaru juga berperan sebagai sosok pengawal atau penjaga bagi Vegapunk. Sebenarnya, bisa saja alasan Sentomaru memberikan perintah terhadap para Seraphim menyerang CP0 merupakan bentuk tanggung jawabnya untuk melindungi Vegapunk karena menjalankan tugasnya. Tetapi, kecil kemungkinan alasan tersebut terbukti. Jika yang dilakukan oleh Sentomaru adalah tugas, seharusnya dia tidak menghalangi apa yang CP0 lakukan.

Mengapa? Karena, apa yang CP0 lakukan untuk menghabisi nyawa Vegapunk merupakan perintah langsung dari Gorosei. Artinya, ada alasan lain mengapa kemudian Sentomaru memerintahkan Seraphim untuk menyerang CP0, di mana salah satunya adalah berusaha melindungi Vegapunk karena koneksi mereka. Mungkin, Sentomaru adalah sosok yang satu pemikiran atau satu pemahaman dengan Vegapunk.

Konfirmasi Sentomaru Anggota SWORD?

Selain adanya kemungkinan jika Sentomaru memiliki jalan pikiran dan pemahaman yang sama dengan Vegapunk, yang membuatnya mau untuk melindungi sang ilmuwan, ada juga juga spekulasi lain mengenai hal ini. Bisa jadi Sentomaru merupakan bagian dari organisasi rahasia angkatan laut SWORD. Organisasi tersebut mulai sering muncul dan memiliki peran penting di fase terakhir seri One Piece.

Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya dijelaskan mengapa salah satu petunjuk jika Sentomaru mungkin adalah bagian dari SWORD. Apa itu? Bagaimana dia memilih Sentomaru untuk menjadi pengawalnya. Vegapunk tentunya memiliki alasan mengapa dia mau menerima Sentomaru, yaitu salah satunya adalah dia percaya terhadap Sentomaru.

Selain itu, teorinya juga menyebutkan bagaimana Sentomaru menghadirkan respek yang diperlihatkannya terhadap Luffy. Sentomaru mungkin juga bagian dari mereka para angkatan laut yang menganut sistem moral justice, seperti Kuzan dan lainnya. Dengan berbagai petunjuk yang ada, memang spekulasi jika Sentomaru bagian dari SWORD cukup masuk akal.

Jadi Salah Satu Angkatan Laut Yang Membelot?

Seperti yang disebutkan di poin pertama, tidak seharusnya Sentomaru menghalangi upaya CP0 untuk menghabisi Vegapunk. Yang terjadi, justru dia malah memerintahkan Seraphim untuk menyerang mereka yang membuat mereka kewalahan. Padahal, itu merupakan perintah dari Gorosei. Berdasarkan hal tersebut, menghalangi tugas dari Gorosei bisa diartikan jika Sentomaru sudah membelot.

Dalam tubuh angkatan laut terdapat beberapa karakter yang memang tidak sejalan dengan World Government. Misalnya, Monkey D. Garp atau bahkan Sengoku dan Fujitora. Mereka dengan tegas menyatakan keberatannya dengan semua sistem dan kengerian yang dihadirkan. Mungkin, hal ini juga yang dirasakan oleh Sentomaru yang tidak setuju dengan semua sistem World Government.

Karena hal tersebut juga Sentomaru memutuskan untuk membelot, dengan cara memerintahkan Seraphim untuk menyerang CP0. Menarik tentunya untuk mengetahui apa sebenarnya alasan Sentomaru untuk memerintahkan Seraphim menyerang CP0. Dan jika memang terbukti dia membelot dari World Government, artinya Luffy dan yang lain memiliki tambahan kekuatan lain untuk menghancurkan organisasi tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.