Semua penggemar setia Marvel pasti tahu apa itu Infinity Stones. Batu kosmik dengan kekuatan powerful ini pernah digunakan oleh sang Mad Titan Thanos untuk menghapus setengah kehidupan di alam semesta, baik di Marvel Universe maupun di versi live action Marvel Cinematic Universe. Sejauh ini kita mungkin sudah sangat familier dengan keenam Infinity Stones yang merepresentasikan enam aspek berbeda di alam semesta. Termasuk Space, Mind, Reality, Power, Time, dan Soul Stone. Namun, tahukah kalian, selain Infinity Stones ternyata ada 5 batu kosmik lain yang juga tidak kalah hebat!

Ego Stone

Pertama kali diceritakan di komik Eliminator #3, Ego Stone adalah batu powerful yang hanya eksis di Earth-93060 alias Ultraverse. Kemunculan Ego Stone bermula dari First Cosmos Ultraverse bernama Nemesis yang merasa bosan dan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan membagi jiwanya ke dalam Infinity Stones, termasuk Ego Stone. Selain dapat dipakai untuk membangkitkan Nemesis ketika digabungkan dengan Infinity Stones lain, batu mengkilap ini juga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan sebagian kekuatan mahakuasa yang sebelumnya dimiliki oleh Nemesis.

Continuity Stone

Advertisements

Batu kosmik selanjutnya yang tidak kalah hebat dari Infinity Stones adalah Continuity Stone yang muncul di komik Deadpool #27. Jika Infinity Stones umumnya hanya berfungsi di dalam Marvel universe, Continuity Stone justru dipakai oleh Deadpool untuk berbicara langsung dengan para penulis Marvel Comics di luar universenya. Dengan kata lain batu berwarna hitam pekat ini mempunyai kekuatan untuk mengubah kisah sebuah komik, khususnya komik Deadpool. Meskipun tidak canon seperti Infinity Stones lain, Continuity Stone terbukti sangat berguna bagi Deadpool yang sering melakukan break 4th wall.

Rhythm Stone

Rhythm Stone adalah batu kosmik yang hanya eksis di universe Marvel Super Hero Squad. Bagi yang belum tahu, Marvel Super Hero Squad sendiri bermula dari set action figure yang diciptakan oleh Hasbro berdasarkan para karakter dari Marvel Comics. Popularitas action figure-nya lantas membuat Hasbro dan Marvel merilis serial animasi dan video game berjudul sama. Di mana di dalamnya terdapat Rhythm Stone yang berwarna merah muda. Sejauh ini masih belum terungkap apa kekuatan Rhythm Stone, yang jelas batu palsu ini diciptakan oleh Loki untuk menipu para karakter yang menginginkan kekuatan kosmik.

Build Stone

Sama seperti Rhythm Stone, Build Stone adalah batu kosmik selain Infinity Stones yang eksis di luar universe mainstream Marvel. Build Stone pertama kali muncul di film pendek LEGO yang berjudul Marvel Super Heroes – Guardians of the Galaxy: The Thanos Threat (2017). Film yang berhubungan dengan game Marvel Super Heroes ini menceritakan bahwa Build Stone adalah batu tersakti di universenya. Di mana siapa pun yang mendapatkannya dapat menggunakan kekuatan Build Stone untuk membangun set LEGO apa pun, mulai dari senjata, kendaraan, sampai bangunan.

Advertisements

Death Stone

Death Stone adalah Infinity Stones ketujuh yang pertama kali diceritakan di komik Infinity Gauntlet Vol. 2 #5 (2015). Di mana batu ini diciptakan oleh Anwen Bakian alias Nova dari Reality Stone untuk membunuh Thanos. Setelah sempat menghilang, Death Stone kembali muncul di komik Thanos: Death Notes #1 (2022). Kali ini diceritakan secara detail bagaimana Thanos mati bisa mati saat menggunakan Death Stone pemberian Anwen. Ternyata sejak awal kekuatan Death Stone memang tidak bisa dikendalikan oleh orang lain. Sebaliknya, batu ini malah akan langsung membuat penggunanya berubah menjadi debu.

Itulah 5 batu kosmik selain Infinity Stones yang eksis di berbagai kisah Marvel. Meskipun tidak sepopuler Infinity Stones pada umumnya, tetapi kelima batu ini telah membuktikan bahwa di luar sana ada sejumlah batu kosmik lain yang menyimpan kekuatan sangat dahsyat. Seandainya semua batu kosmik ini digabungkan dengan Infinity Stones, mungkin efeknya akan jauh lebih berbahaya jika digunakan untuk tujuan jahat. Bukan hanya setengah kehidupan Marvel saja yang akan musnah, tetapi mungkin juga seluruh kehidupan dan realitas di luar Marvel Universe.