Seperti yang kita tahu, saat ini DC Comics mempunyai banyak sekali superhero yang sangat populer di kalangan penggemar. Di mana sebagian besarnya telah mereka ciptakan sejak masa keemasan komik Amerika. Namun tahukah kalian, dari semua superhero yang sekarang menjadi andalan DC, ternyata 5 di antaranya sama sekali bukan ciptaan mereka. Melainkan debut sebagai superhero di komik lain dan kemudian dibeli oleh DC. Hal seperti ini memang tidak lumrah pada masa sekarang, tetapi faktanya dahulu metode DC ini cukup tebukti berhasil dalam menaikan popularitas semesta komik dan juga para superheronya.

Plastic Man

Patrick Eel O’Brian alias Plastic Man adalah superhero ciptaan ‘Quality Comics’ yang melakukan debutnya di Police Comics #1 (1941). Dia dikenal sebagai superhero yang bisa melenturkan sekaligus mengubah tubuhnya menjadi benda lain. Meskipun DC baru membeli dan memunculkan karakternya pada tahun 60-an, jika dilihat dari tahun debutnya, sebenarnya Plastic Man telah muncul lebih awal daripada Mister Fantastic dari Marvel. Setelah muncul di DC, Plastic Man bahkan mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan Justice League dan makin populer di kalangan penggemar.

Shazam

Meskipun saat ini Shazam terkenal sebagai salah satu superhero paling populer di DC Universe, pada kenyataannya dia diciptakan oleh komik lain yang disebut Fawcett Comics. Pada saat itu karakternya dipanggil dengan sebutan Captain Marvel yang kekuatannya mirip seperti Superman. Hal tersebut lantas membuat DC mensomasi Fawcett karena telah meniru karakter mereka. Meskipun awalnya sempat dipertahankan, tetapi karena penjualan komiknya menurun, Fawcett akhirnya menyerahkan karakternya kepada DC. Sejak saat itulah Captain Marvel yang kemudian berganti nama menjadi Shazam, tinggal di DC Universe bersama para superhero populer lainnya.

Blue Beetle

Saat ini mungkin tidak banyak penggemar DC yang tahu bahwa Blue Beetle awalnya adalah superhero yang berasal dari komik lain. Jauh sebelum Blue Beetle Ted Kord dan Jamie Reyes melanglang buana di DC Universe, Blue Beetle pertama bernama Dan Garret melakukan debutnya di Mystery Men Comics kemudian diambil alih oleh Charlton Comics. Tidak seperti sekarang, dahulu dia hanyalah seorang polisi yang mendapatkan kekuatan super setelah memakan vitamin spesial. Ketika DC membawanya Blue Beetle ke semestanya, Dan diceritakan mati dan digantikan oleh sahabatnya yang bernama Ted.

Peacemaker

Sekarang para penggemar mungkin lebih mengenal Peacemaker sebagai anggota Suicide Squad sekaligus penjahat yang mendapatkan penebusan dosa untuk menjadi anti-hero. Namun tahukah kalian, awalnya Peacemaker ternyata merupakan superhero lain dari komik Charlton. Di mana dia digambarkan sebagai karakter naif yang akan melakukan segala cara demi mencapai perdamaian dunia. Setelah dibawa ke DC Universe melalui komik Watchmen, sebagian besar asal-usul karakternya masih tetap sama. Bedanya sebelum kembali menjadi hero seperti sekarang, dia melakukan debut DC-nya sebagai villain.

Captain Atom

Terakhir superhero DC yang ternyata berasal dari komik lain adalah Captain Atom, yang konon saat ini merupakan salah satu karakter terkuat di DC Universe. Saat melakukan debutnya di Charlton Comics, Captain Atom yang bernama asli Allen Adam adalah seorang teknisi roket nuklir yang diceritakan mendapatkan kekuatan quantum. Kemudian ketika masuk ke DC, nama karakternya diganti menjadi Nathaniel Adam, seorang kapten Air Force yang akhirnya menjadi superhero. Asal-usulnya juga diganti, di mana Captain Atom mendapatkan kekuatan supernya setelah lelehan dari sebuah logam alien menutup seluruh tubuhnya dan menjadikannya manusia berkekuatan atom.

Itulah 5 superhero DC yang dibeli dari komik lain, ada yang berasal dari Charlton Comics, Fawcett Comics, dan juga Quality Comics. Di mana ketiga penerbit itu sekarang mungkin sudah tinggal sejarah karena tenggelam oleh popularitas komik raksasa seperti DC dan Marvel. Meskipun berasal dari komik lain, tetapi pada akhirnya kelima karakter ini lebih dikenal oleh penggemar sebagai superhero DC. Mungkin salah satu alasannya karena DC telah berhasil menerapkan formulanya kepada para karakter ini sehingga mereka lebih terkenal bahkan sampai sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.