Ada banyak sekali peristiwa memilukan yang pernah terjadi di Marvel Universe. Sementara beberapa di antaranya hanya terjadi di sebuah wilayah atau planet, sebagian lagi justru mempunyai dampak sangat luas sampai menelan banyak korban di seluruh alam semesta. Seperti 5 bencana Marvel terdahsyat yang akan kita bahas kali ini, di mana semuanya hanya meninggalkan duka mendalam yang mungkin masih membekas sampai sekarang. Terlepas dari apakah peristiwanya sengaja dibuat atau memang benar-benar kejadian alam, berikut ini peristiwa memilukan yang telah mengubah Marvel Universe.

Great Catclysm

Sesuai dengan namanya, Great Cataclysm adalah sebuah bencana alam besar yang pertama kali disinggung di komik Marvel berjudul Namora (1948). Terjadi sekitar 18.000 tahun sebelum Masehi, peristiwa ini telah menenggelamkan sebagian besar wilayah Bumi, termasuk peradaban Atlantis dan Lemuria, yang sekarang menjadi dua kerajaan terbesar di lautan. Sebagian percaya bahwa Great Cataclysm adalah ulah Celestial yang sengaja menjatuhkan meteor ke Bumi untuk menghukum Deviants, bangsa ciptaannya yang gagal. Sehingga akhirnya muncul tsunami setinggi gunung yang memusnahkan bangsa lainnya.

Ragnarok

Bencana dahsyat selanjutnya adalah peristiwa Ragnarok yang menimpa hampir seluruh Realms di Marvel Universe. Semuanya bermula dari ramalan Volla the Prophetess di komik Thor #128 (1966). Di mana dia mengatakan bahwa Ragnarok adalah akhir dunia yang ditandai dengan kehancuran Asgard oleh api, banjir, dan perang dahsyat. Hal tersebut benar-benar terjadi saat para dewa tengah sibuk bertarung satu sama lain, sehingga iblis api Surtur dapat melancarkan serangan terakhirnya untuk menghancurkan Asgard. Akhir Ragnarok sendiri terjadi bersamaan dengan dimulainya tahun Masehi di Bumi.

Thanos Snap

Kisah Infinity Gauntlet (1991) secara tidak langsung telah menerapkan standar baru untuk sebuah bencana dahsyat di Marvel Universe. Karena di kisah ini Thanos diceritakan menggunakan Infinity Gems untuk menghapus setengah kehidupan di alam semesta tanpa terkecuali. Mirisnya, jentikan jari yang telah ‘menghapus’ miliaran nyawa ini sengaja Thanos lakukan hanya demi memuaskan sosok yang disukainya, yaitu personifikasi Death. Untungnya, peristiwa mengerikan ini berhasil dibalik berkat kerja sama antara Nebula, Adam Warlock, Avengers, entitas kosmik Marvel, dan para superhero lain.

Kontak Entitas Kosmik

Selain Great Cataclysm, Celestial juga pernah kembali menyebabkan bencana Marvel lain yang disebut Fourth Host. Di mana kali ini mereka ingin menghukum Bumi dengan menghancurkannya. Untungnya para dewi Bumi berhasil meyakinkan Celestial bahwa manusia layak untuk dibiarkan hidup, sehingga mereka akhirnya mau meninggalkan Bumi. Selain Celestial, sang Pemakan Planet Galactus juga pernah hampir menghancurkan Bumi, sebelum Fantastic Four berhasil mengusirnya dengan senjata kosmik Ultimate Nullifier. Meskipun Bumi berkali-kali selamat, di luar angkasa ternyata banyak sekali planet yang tidak seberuntung Bumi ketika melakukan kontak dengan entitas kosmik seperti mereka.

Incursions

Terakhir, bencana terdahyat yang pernah terjadi di Marvel Universe adalah Incursions. Di mana peristiwa ini bukan hanya menimpa satu universe saja, melainkan seluruh multiverse Marvel. Semuanya terjadi di kisah mind blowing Secret War (2015) yang menggambarkan dengan sangat jelas tentang tabrakan antar universe yang baru akan berhenti setelah semuanya musnah. Mirisnya, satu-satunya yang berhasil menyelamatkan sisi-sisa multiverse Marvel adalah supervillain Doctor Doom yang menggunakan kekuatan kosmik curian dari Beyonders dan Molecule Man untuk menciptakan planet baru Battleworld.

Itulah 5 bencana terdahsyat yang pernah terjadi dalam sejarah Marvel Universe. Sampai sekarang berbagai bencana ini masih tetap menjadi peristiwa paling berdampak. Di mana para karakter Marvel, umumnya akan selalu berusaha sekuat tenaga untuk menghindari kejadian serupa. Bahkan sampai sekarang, saat semuanya telah berlalu, kelima bencana ini masih tetap berada pada posisi puncak untuk menggambarkan sebuah peristiwa klimaks di komik maupun di jagat sinema MCU. Di mana Marvel Studios mulai menceritakan peristiwa Host Celestial dan Incursions di film MCU, seperti Eternals dan Doctor Strange 2.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.