Troll film Norwegia garapan sutradara Roar Uthaug yang baru saja tayang di saluran streaming Netflix. Plot utama filmnya sendiri berfokus pada upaya Nora (Ine Marie Wilmann) bersama pemerintah Norwegia yang harus menghentikan amukan monster Troll dari pegunungan Dovre. Meskipun pada akhirnya manusia berhasil memenangkan pertempuran, tetapi ada sejumlah elemen yang tidak dijelaskan secara gamblang di ending Troll. Salah satunya adalah monster misterius yang muncul di credit scene. Penasaran? Simak penjelasan ending Troll di bawah ini, Geeks.

Alasan Troll Mengamuk

Setelah ledakan proyek di pegunungan Dovre secara tidak sengaja merilis Troll, monster raksasa tersebut langsung bergerak menuju Ibu Kota Oslo. Di mana dia meneror para penduduk lokal sekaligus menghancurkan semua yang menghalangi jalurnya. Apa yang sebenarnya dia cari di Oslo sampai tidak peduli dengan keadaan sekitarnya? Ternyata semuanya berhubungan dengan pesan terakhir ayah Nora tentang “Istana, rumah, dan raja,” serta isi jurnalnya yang menuliskan nama ‘Sinding’. Di mana petunjuk tersebut akhirnya mengerucut pada Rikard Sinding yang tinggal di Istana Kerajaan Oslo.

Ketika Nora dan Andreas mengunjungi lokasi yang disinggung oleh mendiang ayahnya, Sinding ternyata sudah menanti kedatangan mereka. Singkat cerita, dia langsung mengungkapkan bahwa di bawah Istana Oslo terdapat sebuah gua raksasa yang berisi banyak sekali tulang belulang keluarga Troll. Hal inilah yang membuat Troll langsung menuju Oslo setelah kebangkitannya, karena dia ingin melihat nasib para keluarganya. Sinding juga menjelaskan bahwa monster yang mengamuk sebenarnya adalah King Troll yang sengaja dikubur di Dovre oleh Olav the Holy, pendeta yang membantai keluarga Troll.

Cara manusia Kalahkan Troll

Konfliknya dengan Olav ribuan tahun lalu telah membuat King Troll sangat membenci segala sesuatu yang berhubungan dengan Kristen. Hal ini dijelaskan langsung oleh Tobias, ayah Nora yang sejak awal percaya bahwa Troll masih eksis. Menurutnya, kristenisasi dan banyaknya gereja di Norwegia telah membuat bangsa Troll menjauh dari manusia. Pada dasarnya bangsa Troll sangat membenci suara lonceng dari gereja dan para penganut Kristen yang darahnya tercium oleh mereka. Berdasarkan pengetahuan ayahnya inilah Nora akhirnya mengetahui kelemahan fatal Troll, yaitu sinar matahari.

Menjelang ending Troll, Nora, Andreas, dan Kapten Kriss menyusun rencana untuk mengalahkan King Troll dengan sinar lampu UV yang disematkan pada kendaraan militer. Setelah Nora dan Andreas berhasil memancing King Troll ke lokasi Kriss, para militer langsung menyalakan semua lampu UV yang ternyata cukup efektif untuk menghentikan amukannya. Sesaat kemudian sebenarnya Nora sempat berpikir untuk menyuruh King Troll pergi, tetapi sayangnya Matahari lebih dahulu terbit dan mengubahnya menjadi batu. Saat terjatuh, monster malang tersebut langsung hancur, menandakan kekalahannya.

Siapa Troll Baru di Credit Scene?

Sama seperti kebanyakan film Hollywood, ternyata film Troll juga mempunyai sebuah credit scene menarik yang secara tidak langsung menandakan bahwa perjuangan Nora dan pemerintah Norwegia masih belum berakhir. Meskipun kematian King Troll di ending sudah cukup jelas, tetapi credit scene-nya mempelihatkan kemunculan monster baru di pegunungan Dovre, tempat kemunculan pertama King Troll. Siapa dia sebenarnya? Jawaban untuk misteri ini sebenarnya sempat tersirat dari cerita Sinding yang membahas tentang penguburan King Troll di Dovre.

Menurut legenda, alasan mengapa Olav the Holy berhasil mengubur King Troll di Dovre adalah karena dia memanfaatkan salah satu anak Troll yang sengaja tidak dia bantai seperti keluarga Troll lain. Di mana anak Troll tersebut dipakai untuk memancing King Troll ke Dovre, sebelum Olav dan para pengikutnya mengubur mereka hidup-hidup. Nah, Troll yang terdengar meraung di credit scene sepertinya adalah anak King Troll yang baru saja bangkit. Nantinya kemungkinan besar dia akan muncul sebagai monster baru di film sekuel Troll untuk membalaskan dendam ayahnya dan keluarga Troll lain.

Itulah penjelasan tentang ending film Troll yang menyisakan sejumlah premis untuk sekuelnya nanti. Untuk saat ini memang masih belum diketahui apakah Netflix dan sutradara Roar Uthaug akan menggarap sekuelnya atau tidak. Namun, melihat filmnya yang cukup populer di kalangan penggemar, bukan tidak mungkin ke depannya kita akan melihat kelanjutan kisah pertempuran antara manusia dan Troll di sekuelnya. Sepertinya akan sangat menarik melihat bagaimana nantinya manusia kembali menghadapi keganasan dari monster alam yang mungkin akan jauh lebih mengancam dari sebelumnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.