Eiichiro Oda kemungkinan besar terinspirasi dari sosok salah satu dewa dalam kepercayaan Hindu, Vayu, untuk menghadirkan karakter Monkey D. Dragon. Dan yang menariknya adalah Vayu sendiri memiliki koneksi yang mendalam dengan sosok Hanuman, yang notabene dianggap oleh para fans sebagai inspirasi dari karakter Monkey D. Luffy. Lalu, siapa sebenarnya sosok Vayu?

Seperti yang Geeks ketahui, Eiichiro Oda sering kali menghadirkan karakter atau sesuatu hal dalam cerita One Piece yang terinspirasi dari hal lain. Contohnya adalah para karakter admiral angkatan laut yang terinspirasi dari para aktor kawakan di Jepang. Hal ini pula yang memunculkan banyak spekulasi atau teori di kalangan fans mengenai keluarga Luffy, terutama sosok Monkey D. Dragon.

Siapa Vayu?

Lalu, siapa sebenarnya Vayu, karakter yang dianggap menjadi inspirasi dari sosok Monkey D. Dragon? Menurut mitologi dan kepercayaan agama Hindu, Vayu merupakan sosok ayah dari Hanuman, sang raja kera. Selain dalam mitologi kepercayaan Hindu, Vayu juga ternyata dikenal di masyarakat Persia. Dalam versi mitologi Hindu, Vayu dikenal memiliki berbagai sebutan.

Contohnya adalah Anila (angin, Udara), Vyata (udara), Tanuna (sang angin), dan masih banyak lainnya. Teori bahwa Oda Sensei kemungkinan terinspirasi dari sosok Vayu berasal dari teori yang sudah berkembang sebelumnya di kalangan fans. Seperti yang pernah dibahas di artikel sebelumnya, terdapat teori yang menyebutkan jika Luffy bisa jadi terinspirasi dari sosok Hanuman.

Hal ini berdasarkan penampilan, perilaku, dan bahkan kekuatannya. Berkaca pada teori tersebut, muncul teori lain yang meyebutkan jika Dragon terinspirasi dari Vayu adalah ayah dari Hanuman dan juga dewa angin, dan salah satu dewa elemen yang penting. Biasanya, sosok Vayu digambarkan sebagai pria yang tampan dan memiliki warna kulit ungu. Dia juga memiliki dua pasang lengan serta mengendarai seekor antelope.

Dalam kepercayaan masyarakat Persia, Vayu merupakan sosok dewa bermuka dua. Hal ini berdasarkan banyak kisah yang ada, di mana tidak jarang Vayu bekerja sama dengan penguasa kegelapan, Angra Mainyu, dan juga penguasa cahaya, yaitu Ahura Mazda. Dan dalam kepercayaan masyarakat Persia pun Vayu dikenal sebagai sosok dewa angin.

Kekuatan Dahsyat Vayu

Seperti yang disebutkan di atas, Vayu terkenal sebagai dewa angin yang mana hal ini dianggap sesuai dengan penggambaran Dragon di seri One Piece. Dalam cerita One Piece, setiap kali Dragon muncul di sebuah tempat maka akan muncul hujan badai yang besar. Contohnya adalah ketika Dragon berada di Loguetown, nampak wilayah tersebut hujan besar disertai petir.

Dalam mtiologi Hindu juga dijelaskan jika Vayu merupakan sosok dewa yang paling tenang. Dragon sendiri merupakan salah satu karakter yang paling tenang. Dia sangat jarang diperlihatkan marah atau memperlihatkan ekspresinya. Dan yang menarik, hal ini juga seolah memberikan gambaran mengapa Dragon sangat membenci perang dan konflik seperti yang terungkap di chapter 1067 kemarin.

Mengapa kemudian dia sangat membenci konflik dan sangat jarang marah? Dalam kisahnya, ketika Vayu marah besar maka akan muncul sebuah badai yang tidak akan bisa terhentikan bahkan oleh siapa pun. Level kekuatan Vayu sendiri sangat dahsyat karena dia dianggap sebagai perwujudan dari sosok dewa perang Hindu, yaitu Vrthraghna. Dan lagi-lagi, ini juga berkaitan dengan sikap Dragon yang membenci perang.

Selama ini, Dragon selalu nampak menahan diri ketika ada sesuatu yang menggangunya atau membuatnya marah. Namun, ketika kemudian kemarahan Dragon tidak lagi terbendung maka tidak ada satu pun orang yang akan mampu menghentikannnya. Ini juga seolah menjadi petunjuk lain mengapa Dragon sulit dikendalikan atau ditangkap baik oleh pihak angkatan laut atau pihak lainnya.

Untuk saat ini, kita masih belum melihat sejauh mana kekuatan dahsyat Dragon atau sedahsyat apa kemarahannya. Meskipun begitu, Oda Sensei mungkin akan membuktikan jika Dragon memang terinspirasi dari sosok Vayu menjelang akhir serinya. Dan menarik tentunya untuk melihat kekuatan elemen angin yang mungkin memang Dragon miliki di sosoknya.

Garp Juga Terinspirasi Dari Keluarga Hanuman?

Dengan munculnya teori jika Monkey D. Luffy kemungkinan terinspirasi dari sosok Hanuman dan Dragon terinspirasi dari Vayu, yang merupakan ayah dari Hanuman, apakah artinya Garp juga adalah karakter yang terinspirasi dari keluarga Hanuman? Jawabannya bisa jadi. Mengapa? Karena, dalam mitologi Hindu sendiri Hanuman memiliki dua ayah, yaitu Vayu dan juga Kesari

Dalam mitologi Hindu, Kesari merupakan vanara atau kera atau manusia hutan. Dia adalah ayah dari Hanuman dan juga Kanjani. Kesari adalah sosok yang sangat pemberani dan berjiwa pemimpin. Dia memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, di mana Kesari pernah bertemu dengan sosok monster di Gokarna, sebuah wilayah suci milik Dewa Siwa. Nama monsternya sendiri adalah Shambasadana.

Monster tersebut selalu menyerang para biksu yang tinggal di sana. Kesari pun kemudian mengalahkan Shambasadana dengan hanya menggunakan pukulan lengannya. Meskipun sempat terjadi perlawanan, namun pada akhirnya Kesari yang memenangkan pertarungan tersebut. Bahkan, Kesari berhasil menghabisi nyawadari sang monster. Hal ini mirip dengan sifat dan kekuatn Garp.

Monkey D. Garp dikenal sebagai sosok angkatan laut yang berjiwa pemimpin besar. Dia bahkan mendapatkan gelar pahlwan angkatan laut. Kekuatannya sendiri sangat dahsyat, terutama dalam penggunaan Armament Haki. Dia bisa menghancurkan hampir apa pun dengan hanya lengannya, seperti menghancurkan gunung atau mengalahkan Don Chinjao. Namun, ada satu catatan penting yang perlu diingat.

Meskipun dalam mitologinya Kesari adalah ayah dari Hanuman, seperti halnya Vayu, namun dalam adaptasi cerita One Piece Oda Sensei memberikan perbedaan detail tersebut. Dalam cerita One Piece, Oda menggambarkan Dragon sebagai ayahnya. Sedangkan, Garp digambarkan sebagai ayah dari Dragon dan kakek dari Luffy. Bagaimana menurut kalian tentang teori ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.