Salah satu hal yang banyak diingat dari seri Dragon Ball adalah transformasi Super Saiyan 4 yang jadi salah satu transformasi terunik. Transformasi Super Saiyan 4 ini memberikan para fans penampilan baru dari form Super Saiyan yang selama ini kita kenal. Pengguna dari form Super Saiyan 4 akan memiliki rambut hitam dan juga muncul bulu di tubuhnya.

Padahal, biasanya form Super Saiyan akan merubah warna rambut penggunanya menjadi keemasan atau putih. Metode untuk menggunakan form ini pun dianggap tidak biasa dibandingkan form lainnya. Meskipun tranformasi ini sangat populer, sayangnya Super Saiyan 4 tidak dianggap canon. Ada beberapa karakter yang diketahui berhasil untuk mengakses Super Saiyan 4. Siapa saja?

Goku

Goku adalah salah satu pengguna dari transformasi Super Saiyan 4 dan jadi karakter yang sangat spesial. Mengapa? Karena, untuk bisa mengakses transformasi ini Goku tidak memerlukan semua persyaratan yang ada. Misalnya, untuk mengakses transformasi ini seorang Saiyan perlu menggunakan mesin Blutz Wave untuk meningkatkan energi mereka. Atau mengakses Golden Ape Form dan mengendalikannya.

Goku mampu berubah dan mengakses Super Saiyan 4 sesuka hatinya. Meskipun begitu, saat pertama kali mengakses kekuatannya Goku pun sempat juga berubah menjadi kera emas raksasa ketika melihat cucunya, Pan, menangis. Dalam cerita Dragon Ball GT, ketika Baby Vegeta terlalu tangguh untuk Super Saiyan 3 Goku hal sebaliknya justru terjadi ketika Goku mengakses Super Saiyan 4. Baby Vegeta justru tidak mampu untuk melukai bahkan mengalahkan Goku. Ini merupakan form paling kuat dari Goku di sepanjang serinya.

Vegeta

Selain Goku, jelas pengguna Super Saiyan 4 lainnya adalah Vegeta. Rival abadi dari Goku ini tidak ingin ketinggalan untuk bisa mengakses transformasi ini. Dan untuk mengakses kekuatan tersebut, Vegeta pun berubah terlebih dahulu ke Golden Ape Form. Barulah dia bisa mengakses Super Saiyan 4 yang mampu untuk menandingi kemampuan Super Saiyan 4 Goku.

Selain menghadapi Goku, Super Saiyan 4 Vegeta ini dicapai setelah Syn Shenron menyerap seluruh energi bola naga dan berubah menjadi Omega Shenron. Terbukti jauh lebih kuat dari Super Saiyan 4 Goku, Vegeta kemudian menggunakan mesin Blutz Wave Generator untuk menumbuhkan ekornya dan mengakses Golden Ape Form. Dan setelah itu, barulah dia bisa mengakses Super Saiyan 4.

Gogeta

Meskipun Vegeta dan Goku sudah mengakses Super Saiyan 4, terbukti Omega Shenron masih terlalu tangguh untuk kedua Saiyan tersebut. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dengan cara fusion. Goku dan Vegeta kemudian mengakses fusion yang merubah mereka menjadi Gogeta. Namun, lagi-lagi Gogeta gagal untuk bisa mengalahkan Omega Shenron.

Bahkan, Gogeta terlalu banyak membuang waktu saat menghadapi Omega Shenron. Karena Super Saiyan 4 memakan banyak energi, pada akhirnya fusion mereka yang biasanya bisa bertahan selama 30 menit, saat itu hanya bertahan selama 10 menit saja. Namun, sebelum waktu fusion mereka habis, Gogeta sempat melancarkan serangan Bing Bang Kamehameha ke arah Omega Shenron.

Vegito

Fusion Goku dan Vegeta lainnya, Vegito, juga pernah mengakses transformasi Super Saiyan 4 tepatnya dalam cerita Prison Planet Saga. Cerita ini terjadi dalam manga dan juga anime Super Dragon Ball Heroes. Dalam versi animenya, Xeno Vegito mampu untuk menandingi transformasi Super Saiyan 3 dari Cumber dengan memanfatakan Super Saiyan 4.

Hal ini mengindikasikan bahwa Super Saiyan 4 Vegito jauh lebih kuat daripada Super Saiyan Blue Vegito, yang hanya mampu menahan transformasi dasar Cumber. Sementara itu, di manganya, hal sebaliknya justru terjadi di mana Super Saiyan 4 milik Xeno Vegito justru lebih lemah dari pada dua versi Vegito lainnya. Dalam manganya, Super Saiyan 4 Xeno Vegito hanya mampu untuk menghadapi form dasar dari Cumber.

Beat

Beat merupakan salah satu Saiyan avatar yang ada di game Super Dragon Ball Heroes. Penampilannya sangat mirip dengan Goku di seri Dragon Ball GT, hanya saja sedikit lebih tinggi dan juga memiliki gaya rambut yang berbeda. Sebenarnya, Beat merupakan salah satu karakter Saiyan di gamenya yang memiliki akses untuk bisa menggunakan Super Saiyan 4 sebagai bagian dari pohon transformasi yang berbeda.

Note

Note-render

Seperti halnnya Beat, Note juga merupakan salah satu karakter dalam game Super Dragon Ball Heroes. Dia sebenarnya adalah penduduk bumi yang menggunakan mesin waktu yang membuatnya bisa menjadi seorang Saiyan. Juga, Note merupakan karakter di gamenya yang bisa mengakses kekuatan Super Saiyan 4 sebagai bagian dari cabang pohon transformasi yang terpisah.

Broly

Meskipun secara teknik Broly merupakan bagian dari Legendary Super Saiyan, dia juga memiliki variasi Super Saiyan 4 yang merupakan perpaduan dari transformasi Super Saiyan 4 dan juga garis kekuatan Legendary Super saiyan. Broly sendiri mampu untuk mengakses transformasi Super Saiyan 4 berkat bantuan dari Black Smoke Shenron di Jakku Mission 7.

Dalam cerita di game Dragon Ball Super Hero, Broly sempat menggunakan Super Saiyan 4 untuk menghadapi Super Saiyan 4 Goku, yang dibantu oleh Beat dan Note serta Super Saiyan 4 Vegeta. Melalui kerja sama para karakter tersebut, Broly sendiri pada akhirnya mampu untuk dikalahkan.

Super Saiyan 4 merupakan salah satu transformasi legendaris dan juga ikonik di franchise Dragon Ball. Meskipun sangat populer, dengan transformasi ini pertama kali muncul di seri Dragon Ball GT dan lebih banyak muncul di game dan manga serta anime spinoff, membuat transformasinya tidak dianggap canon. Meskipun begitu, para fans sendiri tentunya masih berpendapat jika ini adalah salah satu kekuatan yang sangat dahsyat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.