Blue Beetle baru saja merilis poster perdana filmnya yang memperlihatkan sumber kekuatan sang superhero di DCU, yaitu alien scarab berwarna biru mengkilap. Di komiknya sendiri, karakter Jamie Reyes alias Blue Beetle sebenarnya terbilang masih baru, di mana sepak terjangnya belum sebanyak Batman atau Superman. Sehingga kemunculannya di jagat sinema DCU nanti cukup membuat banyak penggemar penasaran, tanpa terkecuali para penggemar Indonesia. Sebelum melihat debutnya di DCU nanti, berikut ini fakta menarik Blue Beetle versi komik yang perlu kita tahu!

Inkarnasi Blue Beetle Ketiga

Meskipun belum sefamilier Batman dan Superman, tetapi karakter Jamie Reyes yang akan muncul di DCU nanti adalah inkarnasi ketiga Blue Beetle yang perkembangan popularitasnya paling pesat. Sebelum Jamie sebenarnya ada dua karakter lain yang menggunakan alter ego Blue Beetle. Yang pertama adalah Dan Garrett yang awalnya mendapatkan kekuatan super dari vitamin spesial, sebelum DC mengubahnya menjadi ‘sacred scarab’. Sedangkan Blue Beetle kedua adalah Ted Kord yang sejak awal menggunakan ilmu sains untuk membuat berbagai peralatan dan senjata canggih.

Kekuatan Super dari Alien Scarab

Debut di komik Infinite Crisis (2006), Jamie mendapatkan kekuatan supernya setelah bergabung dengan alien scarab bernama Khaji Da. Kumbang berwarna biru ini sebenarnya adalah ciptaan bangsa alien Reach yang ingin menaklukan Bumi. Namun saat Jamie menjadi inangnya, dia berhasil menekan keinginan Khaji Da dengan tekadnya yang sangat kuat. Saat berubah menjadi Blue Beetle yang terkenal karena armor exoskeleton-nya, kekuatan fisik Jamie bisa meningkat sampai berkali-kali lipat. Selain itu, dia juga bisa terbang serta mengeluarkan senjata plasma dan perisai energi yang sangat kuat.

Superhero Latin Amerika

Fakta selanjutnya yang membuat karakter Jamie cukup populer di kalangan penggemar Amerika adalah asal-usulnya yang berdarah Amerika Latin. Sebelum menjadi Blue Beetle, dia bahkan tinggal diĀ El Paso, Texas, bersama kedua orang tuanya yang berasal dari Meksiko. Di mana dia mempunyai dua sahabat bernama Brenda dan Paco yang selalu menemaninya. Jamie bahkan sering berbicara dengan aksen Amerika Latin, karena masih sering mengunjungi neneknya yang berada di Meksiko. Ciri khas Jamie ini akan diangkat juga di film Blue Beetle, menjadikannya superhero Amerika Latin pertama di DCU.

Murid Ted Kords dan Peacemaker

Muncul bersama di kisah DC Rebirth, Jaime dan Ted Kord alias Blue Beetle kedua, sempat diceritakan saling bekerja sama. Di mana Jamie dibantu oleh Ted untuk memahami karakteristik scarab yang menjadi sumber kekuatannya. Selain Ted, Jamie juga pernah mendapatkan mentor lain yang sudah cukup berpengalaman di DC Universe, dia adalah Peacemaker yang sekarang lebih terkenal sebagai anti-hero. Di komik solo Blue Beetle, Peacemaker diceritakan membantu Jamie dalam memahami perannya sebagai manusia super yang harus menggunakan kekuatannya berdasarkan hati nurani.

Anggota Teen Titans

Meskipun singkat, tetapi Jamie pernah menjadi bagian dari tim superhero muda Teen Titans. Di mana dia berteman dengan sejumlah superhero muda lainnya di DC Universe, termasuk Robin, Beast Boy, dan Raven. Salah satu kisah Teen Titans bahkan secara khusus menceritakan kerja sama Teen Titans dalam melawan musuh Blue Beetle yang bernama Black Beetle. Saking populernya kebersamaan Blue Beetle dengan Teen Titans, dia juga muncul sebagai anggota tim di film animasinya. Sepertinya akan sangat menarik jika suatu hari nanti kisah Blue Beetle ini diadaptasi juga pada masa depan DCU.

Itulah 5 fakta menarik dari Jamie Reyes alias Blue Beetle, yang tahun depan akan melakukan debutnya di jagat sinema DCU. Meskipun kisahnya di DC Comics masih belum banyak, tetapi jika kemunculannya di DCU berhasil, sepertinya masa depan Blue Beetle akan jauh lebih cerah lagi. Film yang digarap oleh sutradara Angel Manuel-Soto serta dibintangi oleh Xolo Mariduena ini rencananya akan tayang pada tanggal 18 Agustus 2023 mendatang. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.