Buat Geeks yang menonton seri anime Bleach terutama arc Thousand Year Blood War mungkin belum terlalu familiar dengan The Visored. Sebagian Geeks mungkin hanya mengenal Hirako Shinji yang memiliki koneksi dengan The Visored. Lalu, siapa sebenarnya kelompok The Visored? Dan apa misi mereka serta tujuan mereka di arc Thousand Year Blood Year ini?

The Visored sendiri pertama kali muncul di arc Turn Back the Pendulum dalam seri Bleach. Namun, sayangnya, semenjak kemunculan pertama tersebut mereka lebih sering tersingkirkan dalam ceritanya. Dengan kemunculan kembali Yhwach dan para Sternritter, para Seireitei mungkin harus kembali menghubungi sekutunya tersebut. Apakah Shinji akan mampu mengumpulkan para pasukannya?

Siapa The Visored

Pada dasarnya, The Visored adalah antitesis dari kelompok Arrancar. The Visored merupakan pasukan yang terlahir sebagai Shinigami, namun mereka memiliki elemen Hollow dalam diri mereka. Karena mampu mengakses dua kekuatan berbeda, mereka terbukti sangat dahsyat. Sayangnya, jika berkaca pada standar Seireitei, kelompok ini dianggap tidak murni dan tidak diinginkan.

Mengapa? Karena, menurut aturan yang ada kombinasi Hollow dan Shinigami merupakan sesuatu yang dianggap sangat tabu. Inilah alasan mereka sering kali terasingkan, dianggap penduduk luar dan bahkan dianggap sebagai pengkhianat di Soul Society. Sejauh ini, ada sekitar delapan orang anggota dari The Visored. Dan masing-masing mereka memiliki desain topeng Hollow yang unik dan berbeda yang merepresentasikan karakter mereka.

Bahkan, topeng tersebut juga mengindikasikan seperti apa gaya bertarungnya. Meskipun mampu mengakses kekuatan Hollow, mereka memiliki batas waktu sekitar tiga menit. Namun, ada juga yang mampu bertahan sampai lima belas menit seperti Mashiro Kuna. Yang menarik adalah tidak ada sistem rangking atau hierarki di tubuh The Visored. Berikut adalah nama anggota dari The Visored:

  • Sarugaki Hiyori
  • Muguruma Kensei
  • Yadoumaru Lisa
  • Aikawa Love
  • Kuna Mashiro
  • Outoribashi Roujuurou (Rose)
  • Hirako Shinji
  • Hachigen Ushouda

“Produk Gagal” Aizen

Bagaimana The Visored bisa memiliki kekuatan Hollow? Jawabannya adalah Sousuke Aizen. Mereka merupakan “produk gagal” dari Aizen. Ketika Urahara dan Yoruicihi masih menjadi anggota Gotei 13, Aizen, yang merupakan mantan kapten divisi 5, sempat melakukan percobaan terlarang dengan Hougyoku, sebuah bola kecil, berwarna ungu kebiruan yang tersusun dari unsur khusus yang dianggap mampu untuk menghilangkan batasan antara Shinigami dan Hollow.

Sayangnya, percobaan tersebut justru gagal. Aizen pun putus asa untuk mencari subyek uji coba terhadap eksperimennya tersebut. Bersama dengan rekannya sesama pengkhianat, Tousen Kaname dan Gin Ichimaru, mereka pun melakukannya terhadap beberapa Shinigami. Saat Gotei 13 mulai curiga dengan aktivitas mereka, Yamamoto kemudian mengirimkan tim untuk menyelidiki hal tersebut.

Namun, tim tersebut harus bertemu dengan mimpi buruk mereka. Saat Shinji, Love, dan Shinigami lainnya tiba di lokasi, mereka terkejut saat melihat rekan mereka yang berubah menjadi sesuatu yang mengerikan. Kensei dan Mashiro benar-benar kewalahan menghadapi rekan mereka tersebut, beruntung Tousen muncul dan menghancurkan subyek uji coba tersebut. Aizen memang sukses dalam proses Hollowfikasi beberapa Seireitei tersebut, namun dia kecewa dan tidak puas dengan hasilnya.

Ichigo Dan The Visored

Apakah artinya Ichigo Kurosaki merupakan bagian dari The Visored? Secara teknis, memang Ichigo memiliki banyak kesamaan dengan para Visored. Namun, proses Hollowfikasi yang terjadi pada diri Ichigo terjadi secara alami dan bukan akibat campur tangan manusia. Ichigo mendapatkan kekuatan spesial tersebut dari ibunya, Masaki, termasuk kemampuan untuk bekerja sama dengan Zengetsu.

Ichigo sendiri sebenarnya banyak belajar dari The Visored, terutama bagaimana cara mereka mengendalikan atau bekerja sama dengan Hollow di dalam diri mereka. Menurut Ichigo, para Visored jauh lebih berpengalaman dalam hal ini setelah apa yang Aizen lakukan terhadap mereka. Akhirnya, Ichigo pun melakukan latihan brutal dan mengerikan dari the Visored untuk membuatnya bisa mengendalikan proses Hollowfikasi dalam tubuhnya. Dan akhirnya, Ichigo pun berhasil di mana dia mampu menggunakan kekuatan Hollow dalam waktu tiga menit.

Visored dan Thousand Year Blood War

Pasca peristiwa dramatis yang terjadi di arc Fake Karakura Town, Shinji, Rose, dan Love kemudian bersatu dan bekerja sama dengan Gotei 13. Di beberapa episode awal seri animenya memperlihatkan bahwa Shinji mungkin akan memiliki peran penting di ceritanya. Hal ini berdasarkan dari banyaknya screen time yang dia miliki daripada beberapa karakter Soul Reapers lainnya.

Namun, apakah The Visored mampu memberikan tambahan kekuatan bagi para Seireitei untuk menghadapi pasukan mengerikan milik Yhwach? Dengan para Shinigami yang mulai kehilangan kekuatan mereka satu persatu, satu hal yang perlu dicatat adalah, seperti halnya Ichigo, para Sternritter tidak bisa mencuri kekuatan Bankai milik Visored. Mengapa? hal ini ada kaitannya dengan kelemahan alamiah yang mereka miliki.

Menyerap kekuatan yang berkaitan dengan Hollow akan menjadi racun bagi mereka. Hal ini tentunya membuat para Visored tahan terhadap serangan para Quincy. Sayangnya, yang perlu diperhatikan adalah meskipun potensi yang mereka miliki besar, namun dengan Tite Kubo yang tetap pada formula yang ada, artinya Geeks tidak perlu terlalu terpaku dengan para Visored. Karena, mereka hanya menjadi alat plot (plot device) untuk cerita ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.