Di dunia One Piece ada banyak senjata aneh yang tidak biasa muncul dalam ceritanya. Meskipun begitu, senjata aneh tersebut nyatanya tetap digunakan dan mereka miliki serta mereka simpan. Meskipun sebagian ada yang efektif dalam sebuah pertarungan, namun ada juga sebagian senjata lainnya yang kurang begitu efektif. Terlepas dari hal tersebut, hal ini memberikan keunikan lain dalam cerita One Piece.

Seri One Piece karya Eiichiro Oda penuh dengan berbagai hal yang unik dan kreatif. Semua karakter yang muncul dalam ceritanya, terutama bagi mereka yang ingin mengarungi Grand Line, perlu menggunakan kreativitas dan keahlian mereka untuk saling mengalahkan satu sama lain. Dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan senjata. Yang menarik, ada beberapa senjata yang dianggap aneh dalam seri ini. Apa saja?

Gorilla Puncher 13

Senjata aneh di dunia One Piece yang pertama adalah senjata milik Foxy. Foxy adalah bajak laut paling konyol dan paling lemah di sepanjang seri One Piece. Hal inilah yang membuat para fans beranggapan dia adalah salah satu karakter paling buruk di serinya. Meskipun begitu, nyatanya Foxy cukup merepotkan Luffy berkat berbagai senjata aneh yang dia miliki. Salah satunya adalah Gorilla Puncher 13. Ini merupakan robot raksasa yang mampu melancarkan serangan pukulan dahsyat.

Advertisements

Jika dilihat sekilas, sebenarnya Gorilla Puncher 13 tidak terlihat seperti sebuah senjata. Ini lebih terlihat seperti sebuah tembok besar yang memiliki semacam permainan adu pukul yang biasanya ada di pusat permainan. Secara desain, senjata ini benar-benarkurang efektif karena posisi dari pemukulnya sendiri terlalu tinggi untuk bisa mengenai target yang normal. Namun, sepertinya Foxy memang sengaja mendesain senjata ini untuk digunakan hanya di atas kapalnya.

Clima-Tact

Clima Tact merupakan tongkat yang dimiliki oleh Nami. Dalam setiap pertarungan yang dilakukan oleh Nami, dia selalu mengandalkan Clima Tact miliknya untuk mengalahkan musuh. Clima Tact sendiri mengalami beberapa kali perubahan. Sekilas, Clima Tact mungkin terlihat seperti tongkat besi biasa. Namun, Clima Tact mampu melakukan sesuatu yang luar biasa.

Contohnya adalah mengeluarkan awan hitam yang mampu meledak, kemudian mengeluarkan awan yang bisa mengeluarkan petir dahsyat, dan sebagainya. Ini merupakan senjata ciptaan dan dikembangkan sendiri oleh Usopp. Secara fungsi, sebenarnya Clima-Tact sangat dahsyat. Namun, yang dianggap aneh oleh banyak fans adalah bagaimana perubahan desain dan juga kemampuan untuk mengendalikan cuaca. Bagaimana sistem pengendaliannya sendiri masih menjadi misteri.

Pendulum Milik Jango

Jango merupakan mantan wakil kapten dari Kuro di kelompok bajak laut Black Cat. Dia adalah angkatan laut yang menyamar menjadi bajak laut. Selain desain karakternya yang nyentrik, Jango juga memiliki senjata yang bahkan jauh lebih aneh dan nyentrik dari desain karakternya. Dia diketahui memiliki sebuah senjata berbentuk pendulum yang sangat tajam dan mampu memotong benda.

Advertisements

Jango mengaitkannya dengan sebuah tali, yang membuatnya bisa mengendalikan pendulum tersebut. Namun, yang aneh dan menarik adalah selain dia menggunakan pendulum tersebut sebagai senjata, Jango juga menggunakannya untuk menghipnotis orang. Meskipun begitu, fungsi kedua dari pendulum ini jarang diperlihatkan berhasil menguasai targetnya.

Sepatu Roda Milik Wanze

Senjata aneh di dunia One Piece selanjutnya adalah sepatu roda Wanze. Cipher Pol merupakan organisasi atau kelompok yang memang memiliki tugas untuk spionase, pembunuhan, dan berbagai misi berat lainnya. Mereka bekerja di bawah pengawasan langsung World Government. Dengan misinya tersebut, wajar jika mereka hanya menerima yang terbaik.

Namun, seperti halnya di organisasi lain ada juga karakter yang konyol dan aneh seperti halnya Wanze. Wanze merupakan bagian dari CP7 yang juga merupakan seorang koki. Dari segi desain karakter sendiri Wanze sudah dianggap aneh. Namun, yang dianggap paling aneh dari Wanze adalah salah satu senjata yang dia gunakan yaitu sepatu roda. Selain memiliki mata pisau, sepatu roda tersebut mampu untuk menghadirkan serangan api. Ini seolah menambah keanehan Wanze selain dia mampu membuat mie dari hidungnya.

Neko No Te

Salah satu villain yang muncul di seri One Piece, tepatnya saat di arc Syrupp Village, Captain Kuro menggunakan senjata yang unik dalam ceritanya. Dalam arc tersebut, Luffy bertemu dengan sosok Usopp. Dan di arc ini juga kita diperkenalkan dengan Captain Kuro. Dia adalah pelayan dari orang terkaya di desa Syrupp, yaitu Kaya. Namun, sebenarnya dia adalah sosok jahat.

Dia merupakan kapten dari kelompok bajak laut Black Cat. Captain Kuro bertarung dengan senjata yang unik, yang disebut Neko no te atau Cat Claws. Senjata ini sebenarnya merupakan sarung tangan yang dipasangi pisau atau pedang kecil pada bagian jari-jarinya. Senjata ini mirip dengan lengan dari Freddy Krueger yang sangat lancip di bagian ujung jarinya. Senjata ini cukup ampuh untuk merusak kapal Merry dan melukai Luffy.

Senjata Pipa Sabo

Geeks tentunya mengetahui sosok Sabo, yang merupakan saudara dari Ace dan Luffy. Sedari kecil, mereka sudah bersama apalagi sejak Garp menitipkan Luffy kepada Dadan. Sempat disangka tewas, ternyata faktanya Sabo masih hidup. Jika Geeks perhatikan, Sabo selalu membawa sebuah tongkat pipa besi ke mana pun dia pergi. Namun, sangat jarang kita melihat Sabo menggunakannya.

Secara visual, sebenarnya tidak ada yang aneh dari senjata pipa milik Sabo ini. Bahkan, inilah yang seolah jadi ciri khas karakternya. Namun, yang dianggap aneh adalah dengan reputasinya yang sangat dahsyat Sabo hanya bersenjatakan pipa besi. Dan bahkan, senjata tersebut jarang Sabo gunakan dalam pertempuran.

Dengan dunia One Piece yang begitu luas, wajar jika ada banyak hal menarik dan unik dalam ceritanya. Hal ini juga seolah menjadi ciri khas dari Eiichiro Oda yang selalu menghadirkan hal-hal aneh yang menjadi daya tarik tersendiri bagi seri One Piece. Dan berbagai senjata di atas adalah contoh nyata dari keunikan dan keanehan tersebut.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/