Di era modern dalam seri Boruto, teknologi manusia buatan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa yang jadi sebuah pencapaian besar. Bukan tanpa sebab, hal ini karena menciptakan manusia buatan bukanlah sesuatu yang mudah. Hanya mereka yang memiliki kecerdasandan teknologi canggih yang mampu untuk menciptakan kloning atau manusia buatan tersebut.

Manusia buatan merupakan salah satu hal yang ada di dunia Naruto. Biasanya, mereka merupakan hasil eksperimen atau hasil uji coba dari para ilmuwan cerdas seperti Orochimaru atau bahkan Amado. Meskipun mungkin terdengar tidak etis, tetapi faktanya hal tersebut tidak menghentikan para ilmuwan cerdas tersebut untuk menciptakan manusia buatan yang bahkan memiliki kekuatan dahsyat. Berikut adalah beberapa manusia buatan yang ada di franchise Boruto.

Mitsuki

Geeks mungkin sudah tidak asing dengan rekan satu tim dari Boruto ini. Mitsuki merupakan manusia buatan yang diciptakan oleh Orochimaru. Dia pindah ke desa Konoha untuk mencari tahu apakah Boruto adalah “mataharinya” atau bukan. Mitsuki merupakan ninja yang unik, karena kemampuannya justru lebih superior dibandingkan ninja seusianya. Mitsuki juga mampu mengaktifkan mode Sage.

Orochimaru percaya bahwa Mitsuki memiliki potensi untuk melewati kekuatan para Sannin Konoha. Hal ini sebenarnya merupakan sebuah pujian bagi Mitsuki, pasalnya Orochimaru sendiri merupakan salah satu legenda Sannin Konoha selain Jiraiya dan Tsunade. Bukti kekuatan besar dari Mitsuki adalah Urashiki menganggap bahwa dia adalah ancaman besar.

Log

Sebenarnya, ketika Orochimaru menciptakan “anaknya” dia tidak hanya menciptakan satu orang melainkan dua orang. Selain Mitsuki, dia juga menciptakan “kakaknya” yaitu Log. Bagi Orochimaru, kedua manusia buatan tersebut sudah dia anggap sebagai anak sendiri. Dan kedua karakter baru itu sendiri diprogram oleh Orochimaru untuk menganggapnya sebagai ayah.

Orochimaru juga membuat koneksi di mana Log merupakan kakak dari Mitsuki. Dari segi kekuatan, Log memang tidak terlalu kuat. Level kekuatannya berada jauh di bawah Mitsuki. Meskipun begitu, Log juga dikenal sebagai karakter yang memiliki keahlian dalam berpedang. Yang jadi andalannya adalah armor atau baju pelindung yang dia kenakan mampu berubah menjadi benda apa pun yang dia inginkan.

Shin Uchiha

Jika Mitsuki dan Log merupakan manusia buatan Orochimaru yang berhasil, lain halnya dengan Shin Uchiha. Shin Uchiha merupakan sebuah percobaan yang diciptakan oleh Orochimaru dalam cerita manga Boruto. Untuk membuat manusia buatan ini, Orochimaru terinspirasi dari sosok Danzo. Dengan sebuah nyawa atau kehidupan buatan yang dimasukan ke dalam tubuhnya, dan ditambahkan dengan sebanyak mungkin Sharingan yang bisa dia dapatkan akhirnya Shin Uchiha pun akhirnya muncul.

Shin Uchiha sempat menjadi salah satu villain yang muncul di seri Boruto. Saat itu, dia akhirnya berhasil membangkitkan Sharingan miliknya sendiri, dan kemudian membuat kloningnya sendiri sampai kemudian terciptakan klan Uchiha yang baru. Dengan kemampuannya yang di atas rata-rata, wajar jika kemudian Shin Uchiha menjadi ancaman bagi seluruh dunia Shinobi termasuk Konoha dan jadi salah satu manusia buatan terkuat.

Akuta

Sebenarnya, Akuta bukan manusia buatan dalam dunia Boruto seperti halnya semua karakter dalam daftar ini. Akuta merupakan makhluk yang berwujud manusia yang berasal dari tanah liat. Sosok yang bertanggung jawab atas terciptanya makhluk ini adalah Onoki, sang Tsuchikage dari desa Iwagakure. Tujuan dari terciptanya para makhluk ini adalah sebagai pasukan pelindung dari desa Iwagakure.

Dengan menciptakan makhluk tersebut, memanfaatkan kemampuan pengendalian tanah miliknya, Onoki berharap jika korban jiwa dari shinobi desa Iwa akan berkurang. Secara penampilan, Akuta benar-benar sangat mengerikan di mana bentuk atau wujud mereka lebih mirip sebagai monster daripada manusia. Meskipun terbuat dari tanah liat, mereka juga dipersenjatai dan cukup kuat.

Kashin Koji

Dari semua manusia buatan yang ada di daftar ini, mungkin Kashin Koji adalah karakter yang paling populer. Banyak yang menduga bahwa Kashin Koji adalah Jiraiya yang melakukan perjalanan waktu. Ada juga yang mengatakan bahwa Kashin Koji adalah anak dari Jiraiya. Namun, ternyata semua teori itu salah. Seperti dijelaskan oleh Isshiki, Kashin Koji merupakan hasil kloning dari Jiraiya yang dikerjakan oleh Amado.

Kashin Koji sendiri tidak mengetahui fakta tersebut sampai Isshiki mengatakannya ketika mereka bertarung. Kashin koji juga merupakan anggota lama dari Kara. Kemampuan Kashin Koji bisa dibilang luar biasa, dimana dia mampu memaksa Jigen untuk kalah dan bangkit kembali dalam Isshiki Otsutsuki. Sayangnya, saat ini, keberadaan Kashin Koji masih misterius setelah dia pergi akibat terluka parah.

Manusia buatan menjadi sebuah tambahan elemen yang menarik dalam dunia shinobi. Meskipun sebenarnya hal ini melenceng dari tema utamanya, namun keberadaan mereka menjadi bukti juga jika dunia shinobi ikut berkembang seiring berjalannya waktu dan zaman. Apakah akan ada manusia buatan lainnya yang akan muncul? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.