Film superhero memang tengah naik daun. Hampir semua studio besar berlomba-lomba membuat film superhero. Nah salah satu studio besar yang berhasil membuat film superhero adalah DC Studios, di mana mereka membuat jagat sinematik yang berisi para superhero dari DC Comics. Saat ini, DC Studios masih terus membuat berbagai film superhero yang dibintangi oleh aktor-aktor besar Hollywood. Nah berbicara tentang aktor Hollywood, ternyata ada beberapa aktor yang pernah menolak memerankan superhero DC. Siapa saja mereka?

Josh Hartnett

Josh Hartnett mungkin sudah lama tidak terdengar, apalagi setelah dia membintangi 30 Days of Night. Tapi sekarang namanya kembali bersinar setelah berduet dengan Jason Statham di Wrath of Man. Nah menariknya, Josh Hartnett pernah menolak peran superhero DC. Tak tanggung-tanggung, Harnett menolak 2 tawaran untuk memerankan karakter ikonik DC, yaitu Batman versi Christopher Nolan dan Superman versi Bryan Singer. Hartnett memang tidak ingin memerankan superhero sepanjang kariernya. Dia tidak ingin jika suatu saat nanti dipanggil sebagai pemeran pahlawan super. Selain menolak tawaran memerankan superhero DC, Hartnett juga pernah menolak memerankan superhero Marvel yaitu Spider-Man versi Sam Raimi.

Matt Damon

Ternyata aktor Aaron Eckhart bukan kandidat pertama untuk memerankan Two-Face, villain ikonik Batman. Jauh sebelum Eckhart, Matt Damon pernah ditawari untuk memerankan Two-Face oleh Christopher Nolan dalam film The Dark Knight (2008). Namun kemudian Matt Damon menolak peran tersebut karena masalah jadwal syuting. Padahal Damon mengaku sebagai fans berat Nolan. Damon pun akhirnya mengatakan bahwa pemilihan Aaron Eckhart sebagai Harvey Dent sudah tepat, dan akhirnya film The Dark Knight sukses besar. Hingga saat ini Matt Damon masih belum memiliki kesempatan untuk memerankan superhero. Tetapi dia pernah tampil di 3 film superhero sebagai cameo, yaitu di  Thor: Ragnarok, Deadpool 2, dan Thor: Love and Thunder.

Leonardo DiCaprio

Aktor berikutnya yang menolak peran superhero DC adalah Leonardo DiCaprio. Pada tahun 90-an, Leonardo DiCaprio pernah mendapat tawaran dari sutradara Joel Schumacher untuk memerankan Robin di film Batman and Robin (1997). Keduanya pun kemudian melakukan pertemuan. Tetapi hasil pertemuan tersebut tidak membuahkan hasil, karena Leo menolak peran tersebut karena dia tidak tertarik bermain dalam film superhero. Peran Robin akhirnya jatuh kepada Chris O’Donnell, dan dia beradu akting dengan aktor George Clooney yang memerankan Batman. Keputusan Leonardo DiCaprio menolak peran Robin sangat tepat, karena akhirnya film Batman and Robin gagal total, dan dianggap sebagai film Batman terburuk yang pernah dibuat. Bahkan hal tersebut diakui oleh George Clooney.

Kate Beckinsale

Kate Beckinsale adalah aktris berbakat yang sudah membintangi banyak film besar. Tetapi yang paling berkenang adalah perannya dalam franchise Underworld, yang telah menelurkan 5 film. Karena kesuksesan tersebut, Beckinsale menjadi incaran untuk memerankan superhero. Sebelum Gal Gadot memerankan Wonder Woman di tahun 2017, ternyata Kate Beckinsale lebih dulu mendapat tawaran memerankan karakter tersebut. Tetapi, Beckinsale dengan tegas menolak tawaran tersebut karena dia tidak ingin menggunakan kostum superhero yang ketat dan aneh. Beckinsale khawatir jika dia mengenakan kostum superhero, itu akan membuat anak-anaknya malu. Tapi yang harus dicatat bahwa Beckinsale tidak menutup kemungkinan jika di masa depan dia akan memerankan superhero, jika perannya dianggap cocok.

Tom Hardy

Saat ini, Tom Hardy terkenal sebagai pemeran Venom di SSU. Dia mulai memerankan karakter tersebut pada tahun 2018. Tetapi jauh sebelum Hardy memerankan Venom, dia  lebih dulu memerankan Bane, villain Batman di film The Dark Knight Rises. Nah menariknya, Tom Hardy juga pernah mendapat tawaran di tahun 2015 untuk memerankan Rick Flag di film Suicide Squad garapan David Ayer. Tetapi akhirnya Tom Hardy menolak tawaran tersebut karena dia tengah sibuk dengan syuting The Revenant, yang harus tertunda selama beberapa waktu akibat adanya masalah cuaca. Peran Rick Flag pada akhirnya jatuh kepada Joel Kinnaman. Keputusan Tom Hardy menolak tawaran tersebut dianggap sangat tepat, karena film Suicide Squad berakhir dengan banyak kritik negatif.

Jake Gyllenhaal

Adalagi satu aktor Hollywood yang pernah menolak peran Rick Flag di film Suicide Squad garapan David Ayer. Aktor tersebut adalah Jake Gyllenhaal. Masih belum diketahui secara pasti alasan Jake menolak peran Rick Flag. Tetapi kabarnya dia tidak menyukai naskah film Suicide Squad. Nah selain mendapat tawaran di film DC, ternyata Jake Gyllenhaal juga pernah ditawari memerankan Spider-Man di film Sam Raimi. Tetapi akhirnya peran tersebut gagal Jake dapatkan karena Sam Raimi lebih memilih Tobey Maguire. Hingga saat ini, Jake Gyllenhall belum mendapat kesempatan lagi untuk tampil dalam film superhero. Apakah dia akan tampil sebagai superhero di masa depan? Kita tunggu aja ya Geeks!

Pierce Brosnan

Pierce Brosnan dikenal sebagai salah satu pemeran James Bond. Terhitung, dia sudah 4 kali memerankan agen mata-mata dari Inggris tersebut. Jauh sebelum memerankan James Bond, Pierce Brosnan sempat ditawari memerankan Batman. Ketika itu, Tim Burton sangat tertarik menjadikan Brosnan sebagai pemeran Batman di filmnya yang rilis tahun 1989. Tetapi Brosnan merasa bahwa dirinya tidak cocok memerankan karakter tersebut dan menolaknya. Padahal, Brosnan mengakui bahwa ia sangat menyukai karakter Batman.  Pada akhirnya, Michael Keaton yang terpilih memerankan Batman. Nah menariknya, aktor berusia 69 tahun ini tampil di film DC lainnya yaitu Black Adam, di mana dia memerankan karakter Doctor Fate.

Itulah dia Geeks beberapa aktor yang menolak untuk memerankan superhero DC. Sebagian dari mereka memang tidak ingin membintangi film superhero, sementara lainnya menolak peran superhero karena adanya jadwal syuting yang padat.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/