Dengan kedahsyatan yang dimiliki oleh Seraphim ada kemungkinan jika mereka berhasil menggeser posisi Shichibukai sebagai salah satu kekuatan di dunia One Piece. Shichibukai alias tujuh penguasa lautan adalah kelompok bajak laut kuat yang berafiliasi dengan pihak angkatan laut. Sistem ini sengaja dibuat oleh pihak angkatan laut untuk menangani berbagai ancaman dari bajak laut yang tidak bisa mereka selesaikan.

Pihak angkatan laut biasanya akan melihat rekam jejak sebuah kelompok bajak laut sebelum memutuskan apakah mereka bisa bergabung dengan Shichibukai. Selain itu, biasanya posisi ini diberikan sebagai hadiah seperti yang terjadi kepada Blackbeard. Namun, dalam peristiwa Reverie kemarin sistem ini akhirnya dibubarkan karena membawa ancaman besar. Sebagai gantinya, pihak angkatan laut menciptakan Seraphim. Bisakah Seraphim gantikan Shichibukai?

Level Kekuatan Shichibukai

Shichibukai pertama yang Eiichiro Oda perkenalkan dalam cerita One Piece adalah Dracule Mihawk. Ahli pedang terbaik di dunia tersebut muncul dalam arc Baratie, di mana dia berhasil menghancurkan kapal milik Don Krieg dan mengalahkan Zoro. Seiring berjalannya cerita, Oda pun kemudian mulai memperkenalkan Shichibukai lainnya seperti Doflamingo, Gecko Moria, dan sebagainya.

Seperti halnya para karakter lain dalam cerita One Piece, level kekuatan dan kemampuan dari para Shichibukai juga sangat beragam. Sebagian Shichibukai memang ada yang terbukti sangat dahsyat dalam hal kekuatan, misalnya Mihawk, Hancock, atau Doflamingo. Namun, ada juga yang kekuatannya tidak sesuai reputasi. Dari semua Shichibukai, Mihawk adalah yang terkuat. Baru kemudian disusul oleh Blackbeard dan kemudian Boa Hancock.

Dengan kekuatan dahsyat tersebut, tidak heran jika para Shichibukai adalah aset berharga bagi pihak angkatan laut. Dan mereka juga jadi kunci utama mengapa para Shichibukai tersebut bebas untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan, tanpa perlu khawatir angkatan laut akan menangkap atau mengejar mereka. Yang menarik juga adalah pihak angkatan laut sudah beberapa kali melakukan perubahan anggota, setelah sebagian dari mereka berhasil dikalahkan khususnya oleh Luffy.

Kekuatan Dahsyat Seraphim

Seraphim adalah tambahan baru dalam cerita One Piece. Mereka adalah hasil ciptaan organisasi baru yang bernama Special Science Group. Kelompok yang jadi bagian dari angkatan laut tersebut menghadirkan Pacifista baru yang jauh lebih kuat dari yang pernah kita lihat di arc Sabaody. Pacifista baru tersebut tidak lain adalah Seraphim. Vegapunk merupakan sosok yang bertanggung jawab dalam proyek ini.

Berdasarkan informasinya, Seraphim tercipta berkat Lineage Factor alias DNA dari beberapa karakter. Berbeda dengan Pacifista sebelumnya, yang memiliki model sosok Bartholomew Kuma, Seraphim memiliki desain yang unik yaitu mereka memiliki kemiripan dengan para mantan Shichibukai ketika masih kecil. Mereka juga memiliki sepasang sayap hitam, rambut putih, dan warna kulit gelap, yang mirip dengan suku Lunarian.

Sejauh ini, baru ada empat Seraphim yang sudah diperkenalkan dalam ceritanya yaitu S-Snake yang merupakan “tiruan” dari Boa Hancock, kemudian S-Bear yang adalah tiruan Kuma, S-Shark yang merupakan tiruan dari Jinbe, dan S-Hawk yang merupakan tiruan dari sosok Dracule Mihawk. Dan yang luar biasa adalah mereka diketahui memiliki kekuatan yang sangat dahsyat.

Contoh nyatanya bisa kita lihat saat mereka diterjunkan di Amazon Lily, di mana Seraphim Mihawk berhasil memotong gunung di pulau tersebut dengan mudah. Selain kekuatan fisik yang luar biasa serta daya tahan yang mengerikan, Seraphim memiliki kekuatan buah iblis. Contohnya adalah bagaimana Seraphim Jinbe memiliki kekuatan buah iblis Sui Sui no Mi milik Senor Pink.

Seraphim Lebih Kuat Dari Shichibukai?

Jawabannya adalah ya, Seraphim jauh lebih kuat dari Shichibukai. Meskipun Seraphim memang jauh lebih kuat dan dahsyat dari Shichibukai, namun ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan. Menurut Vegapunk, Seraphim akan terus berkembang menjadi lebih kuat setiap kali mereka bertarung. Hal ini jadi alasan mengapa cyborg tersebut bisa berubah menjadi senjata mematikan.

Mereka juga mudah untuk dikendalikan. Seraphim tidak memiliki hasrat atau keinginan seperti halnya para Shichibukai yang merupakan manusia, karena itulah tidak sulit untuk mengendalikan mereka. Di sisi lain, Seraphim memang sengaja diprogram untuk mengikuti perintah, dan sejauh ini semua yang mereka perlihatkan berjalan dengan baik dan sempurna. Bahkan, dengan kedahsyatan tersebut kegagalan misi yang mereka jalankan hampir menyentuh nol.

Selain itu, pihak angkatan laut juga tidak memerlukan timbal balik sehingga seolah Seraphim memang bekerja untuk mereka..Berkaca pada sosok mantan Shichibukai, dengan jumlah Seraphim ada empat artinya ada tiga lagi yang masih tersisa. Dalam hal dampak untuk cerita, tentunya sulit untuk menggantikan Shichibukai dengan Seraphim. Tetapi, jika dilihat dari sudut pandang kekuatan, mereka jelas jauh lebih unggul.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.