Dimulai dengan film Iron Man pada tahun 2008, MCU telah menjadi franchise terbesar dalam sejarah. Franchise-nya pun semakin berkembang dengan dibuatnya berbagai series, yang saling terhubung dengan film lainnya. Hingga phase 4 yang telah selesai kemarin (lewat film Black Panther: Wakanda Forever), ada banyak hal tragis yang diceritakan di MCU. Misalnya kematian permanen para pahlawan. Di MCU, ada beberapa pahlawan yang diceritakan mati permanen. Meski multiverse bisa membawa kembali versi lainnya dari pahlawan tersebut, tetapi versi “asli” tidak akan pernah bisa kembali karena mereka benar-benar tewas. Lantas siapa saja pahlawan yang mati permanen di MCU? Simak berikut ini Geeks!

Howard Stark & Maria Stark

Nama Howard Stark tentunya sudah tidak asing di telinga Geeks. Dia adalah ayah Tony Stark yang dibunuh secara sadis oleh Winter Soldier. Kasus pembunuhan tersebut sebenarnya sudah berlangsung sejak lama, tetapi baru di Captain America: Civil War, akhirnya semuanya terungkap. Dalam tragedi tersebut, Howard Stark tidak sendiri, karena saat itu dia tengah bersama Maria Stark. Kematian orang tua Tony Stark menjadi titik balik dalam film Captain America: Civil War. Karena Captain America melindungi Winter Soldier, Tony Stark pun lantas berselisih dengan mereka berdua. Yap kematian orang tua Tony Stark memang menjadi pemicu peristiwa terbesar di MCU hingga saat ini.

The Ancient One

Advertisements

Doctor Strange tidak akan menjadi seperti sekarang tanpa adanya Ancient One. Karakter tersebut diperankan Tilda Swinton dan melakukan debut di film Doctor Strange, yang rilis tahun 2016. Bisa dibilang Ancient One adalah salah satu karakter terkuat di MCU. Apalagi dengan berbagai pemahamannya yang luar biasa tentang Mystic Arts. Dia menjadi pelindung Bumi yang sangat kuat. Tetapi, Ancient One menjadi kontroversial karena menggunakan kekuatan sihir hitam. Walau sangat kuat, pada akhirnya Ancient One harus tewas. Tetapi menariknya, kita bisa melihat bentuk astral Ancient One dalam film Avengers: Endgame, meskipun secara kronologis dia telah mati permanen.

Tony Stark

Mungkin inilah kematian yang paling mengharukan sepanjang sejarah MCU. Yap, kematian Tony Stark alias Iron Man adalah yang paling membekas di ingatan penggemar. Kisahnya harus berakhir di Avengers: Endgame. Ketika itu, Tony Stark harus menghentikan Thanos dengan cara menjentikkan Infinity Stones di tangannya, dengan mengucapkan kata-kata terakhirnya, “Saya Iron Man.” Saat itulah dia menyelamatkan alam semesta. Sosok pria yang awalnya egois dan sombong menjadi pahlawan terbesar di phase 3 lalu. Setelah kematiannya, kita tidak mungkin melihat Tony Stark di MCU lagi. Tetapi masih banyak warisan Tony Stark yang saat ini masih ada.

Phil Coulson

Phil Coulson adalah karakter lawas di MCU. Diperankan oleh Clark Gregg, dia adalah seorang agent SHIELD dan tangan kanan Nick Fury. Kiprah Phil Coulson di MCU memang cukup singkat. Dia meninggal setelah Loki menusuknya dari belakang dengan menggunakan tongkat ajaibnya dalam film Avengers (2012). Setelah kematiannya tersebut, kita sebenarnya masih bisa melihat Coulson dalam series Agent of SHIELD yang rilis di ABC. Tetapi kemudian series tersebut dianggap bukan menjadi canon MCU. Jadi setelah kematiannya di Avengers, Phil Coulson secara resmi tewas dan hal tersebut juga sudah dikonfirmasi langsung dalam series Loki musim pertama. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2!

1
2
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/