MCU sudah berjalan lebih dari 1 dekade. Dimulai pada tahun 2008, kini MCU sudah berkembang menjadi jagat sinematik yang sangat besar. Terhitung sudah ada lebih dari 20 film yang telah dirilis. Bahkan Marvel Studios terus melebarkan semestanya lewat beberapa series yang ditayangkan di Disney+. Nah berbicara tentang sepak terjang MCU, sudah banyak aktor yang pernah terlibat di berbagai proyek MCU. MCU tentu saja bisa menjadi batu loncatan bagi para aktor tersebut untuk semakin bersinar. Tetapi di antara banyak aktor, ada beberapa yang memilih hengkang dari MCU. Siapa saja aktor yang memilih hengkang? Simak berikut ini!

Edward Norton

Geeks masih ingat dengan film The Incredible Hulk yang rilis tahun 2008? Sebenarnya film tersebut masih bagian dari MCU. Tetapi banyak orang yang tidak mengetahuinya. Filmnya memang tidak setenar dengan film-film lainnya. Sesuai dengan judul, The Incredible Hulk menghadirkan Hulk sebagai karakter utama. Tetapi karakter Hulk kala itu diperankan oleh Edward Norton. Di film Avengers (2012) peran Edward Norton digantikan oleh Mark Ruffalo. Sejak saat itulah Ruffalo lebih dikenal sebagai pemeran Hulk di MCU. Lantas apa penyebab kepergian Norton? Penyebab Norton hengkang dari MCU adalah karena adanya perbedaan sisi kreatif. Kabarnya dia ingin memiliki kontrol lebih besar atas filmnya, sementara Marvel Studios tidak menyetujuinya.

Terrence Howard

Terrence Howard adalah aktor yang pertama kali memerankan James “Rhodey” Rhodes di MCU, tepatnya di film Iron Man (2008). Tetapi Howard tak lagi memerankan karakter tersebut di film Iron Man 2 (2010). Ketika itu, dia meminta bayaran yang jauh tinggi dari film pertama. Howard mengklaim bahwa seharusnya bayaran yang didapat dari film kedua lebih tinggi. Tetapi Marvel ingin memotong bayarannya. Akhirnya Howard memutuskan hengkang dari MCU, karena bayarannya dianggap tidak sesuai. Aktor Don Cheadle kemudian dipilih untuk memerankan Rhodey, dan ia masih memerankan karakter tersebut hingga sekarang.

Josh Dallas

Berbeda dengan Edward Norton dan Terrence Howard, Josh Dallas tidak meninggalkan MCU karena adanya perbedaan pendapat dengan Marvel Studios. Buat Geeks yang belum tahu, Josh Dallas adalah pemeran Fandral, seorang prajurit Asgardian yang tampil dalam film pertama Thor (2011). Ketika proses syuting Thor: The Dark World (2013) akan dimulai, Dallas memutuskan hengkang dari MCU. Kenapa? Alasan jadwal syuting menjadi penyebab Dallas harus hengkang. Sebelumnya, Dallas sudah terikat kontrak dengan proyek lain. Setelah Dallas hengkang, perannya digantikan Zachary Levi. Menariknya Zachary Levi kemudian berperan sebagai pahlawan super di DCEU, di mana ia memerankan Shazam.

Damion Poltier

Thanos adalah villain utama yang dihadapi para Avengers di Infinity War dan Endgame. Tetapi jauh sebelum itu, Thanos pernah muncul sebagai cameo di film Avengers (2012). Tetapi ketika itu, karakternya diperankan aktor Damion Poitier. Lantas apa yang membuat Damion hengkang dari MCU, sehingga pemeran Thanos diganti aktor lain? Well, sebelum Poitier melakukan cameo Thanos, para kreator masih belum tahu seperti apa Thanos di film-film mendatang. Ketika akan melakukan syuting adegan cameo Thanos, tidak ada yang memerankan karakter tersebut, sehingga Poitier dipilih secara mendadak. Namun seiring berkembangnya cerita Thanos di MCU, penampilannya juga berevolusi. Oleh karena itu tim casting mulai mencari aktor baru pemeran Thanos yang lebih “layak”, dan pada akhirnya peran tersebut jatuh kepada Josh Brolin.

Hugo Weaving

Geeks masih ingat dengan villain Red Skull di film Captain America: The First Avengers? Karakter tersebut diperankan oleh Hugo Weaving. Di akhir filmnya, Captain America berhasil mengalahkan Red Skull. Tetapi beberapa tahun kemudian, Red Skull kembali muncul dalam Infinity War. Red Skull tampak berbeda dari sebelumnya, di mana ia bertugas sebagai penjaga Soul Stone. Selain itu, karakternya juga tidak lagi diperankan Hugo Weaving. Dalam Infinity War, pemeran Red Skull digantikan oleh Ross Marquang. Ternyata, alasan Weaving tak ingin lagi mengulangi perannya adalah karena dia ingin berfokus pada jenis pekerjaan yang berbeda, dan ia tidak ingin membintangi film blockbuster. Dengan kata lain, Weaving ingin lebih bebas berkreasi melakukan berbagai jenis peran berbeda.

Itulah beberapa aktor yang memilih hengkang dari MCU. Beberapa di antara mereka memilih hengkang karena adanya perbedaan kreatif dengan Marvel Studios, sementara beberapa yang lainnya memilih hengkang karena keinginan personal. Di antara para aktor tersebut, mana yang perannya masih kalian ingat Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/