Meskipun para karakter One Piece ini adalah bagian dari angkatan laut namun ada potensi jika mereka akan jadi pengkhianat World Goverment. Para karakter tersebut bisa jadi akan menjadi pihak yang berbalik menyerang pihak World Goverment, dan membantu kelompok Luffy dan aliansinya menghancurkan organisasi tersebut. Potensi ini bukan tanpa sebab, karena sudah ada beberapa hal yang Oda hadirkan.

Angkatan laut merupakan wajah militer dari World Government. Mereka adalah pihak yang ditunjuk untuk menjaga keamanan dan kedamaian di dunia One Piece. Namun, meskipun sebagain besar angkatan laut memiliki prinsip yang sama tidak sedikit juga dari mereka yang memiliki perbedaan prinsip. Dan para angkatan laut tersebut bisa jadi adalah calon pengkhianat bagi World Goverment. Siapa saja?

Smoker

Dikenal Sebagai White Chase, Smoker merupakan salah satu sosok angkatan laut paling tangguh dalam cerita One Piece. Smoker sendiri saat ini memiliki jabatan sebagai seorang wakil admiral. Dia merupakan pemimpin dari unit G-5, namun setelah kekalahan Vergo, kemungkinan posisinya berubah. Dalam masalah kekuatan, Smoker memiliki kemampuan yang cukup dahsyat.

Advertisements

Diketahui Smoker memiliki dua kemampuan Haki. Selain itu, Smoker juga memiliki kemampuan buah iblis berjenis Logia yaitu Moku Moku no Mi. Smoker merupakan angkatan laut yang Luffy hadapi. Pasca arc Alabasta, dia memiliki sikap hormat terhadap Luffy. Dia tahu bahwa Luffy yang sebenarnya kalahkan Crocodile. Inilah alasan mengapa Smoker kemudian jadi salah satu angkatan laut yang akan khianati World Goverment.

Tashigi

Smoker selalu memiliki “wakil” yang mengikutinya ke mana pun dia pergi. Bahkan, dalam pertempuran pun sosok ini selalu mendapingi Smoker. Karakternya tidak lain adalah Tashigi. Tashigi merupakan kapten di angkatan laut yang merupakan rekan dari wakil admiral Smoker. Tashigi memiliki satu tujuan dalam hidupnya yaitu mengambil kembali berbagai pedang legendaris yang ada di tangan para bajak laut.

Meskipun Tashigi belum melakukan apa pun yang spesial untuk mewujudkan mimpinya itu, sejauh ini dia berhasil mengembalikan beberapa pedang legendaris. Kemampuan Tashigi memang tidak terlalu mencolok, namun bukan berarti dia bisa diremehkan. Dia terakhir kali muncul di beberapa chapter lalu, di mana Tashigi berada di salah satu pangkalan angkatan laut dekat pulau Egghead. Apakah dia merupakan bagian dari SWORD masih belum diketahui.

Koby

Koby pada awalnya merupakan karakter figuran biasa. Dia pertama kali muncul sebagai budak/kacung di kapal bajak laut Alvida. Beruntung, dia bertemu dengan Luffy dan berhasil membebaskannya. Koby memiliki mimpi untuk menjadi seorang bajak laut, bahkan dia memiliki mimpi untuk menjadi seorang admiral. Koby sendiri sekarang sudah berkembang menjadi sosok karakter yang luar biasa.

Advertisements

Dia diketahui memiliki kemampuan Rokushiki dan juga Observation Haki. Yang paling luar biasa tentunya adalah bagaimana Koby saat ini bergabung dengan organisasi rahasia angkatan laut yaitu SWORD. Hal ini tentunya sudah menjadi salah satu petunjuk besar bagaimana Koby akan jadi pengkhianat World Goverment. Karena, diketahui jika SWORD memiliki perbedaan prinsip dengan angkatan laut.

Helmeppo

Selain Koby, Helmeppo juga adalah angkatan laut lainnya yang akan khianati World Government. Seperti yang kita ketahui, Koby dan Helmeppo sudah sejak dari masih kecil bersama-sama. Bahkan, sejak pertemuan pertama Koby dan Helmeppo, sampai pada akhirnya mereka menjadi bagian dari angkatan laut pun, Helmeppo selalu bersama dengan Koby. Ketika Koby dirawat setelah kejadian besar Marineford, Helmeppo ada di sampingnya.

Sebagai seorang rekan yang sangat dekat, tentunya tidak mengherankan jika Helmeppo juga bergabung dengan SWORD seperti halnya Koby. Dan kemudian, di chapter 1061 kemarin akhirnya terungkap bahwa Helmeppo juga ternyata benar bagian dari organisasi SWORD. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana aksinya dalam menghadapi pihak World Government nanti.

Fujitora

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Fujitora, atau yang biasa disebut sebagai Issho. Fujitora adalah seorang admiral angkatan laut yang mana dia sempat pensiun, namun kemudian kembali bertugas. Meskipun dia sudah berumur, yang mana usianya mungkin hampir sama dengan Garp, tetapi dia masih dianggap sebagai salah satu karakter terkuat bahkan di jajaran angkatan laut sendiri.

Fujitora sendiri sebenarnya merupakan salah satu angkatan laut yang secara tegas menolak atau menyatakan tidak sejalan dengan instansinya dan juga pihak World Government. Hal ini terbukti bagaimana dia sengaja membutakan matanya. Selain itu, di arc Dressrosa pun Fujitora sempat meminta maaf dan berlutut kepada King Riku karena dia menganggap selama ini angkatan laut sudah menyakiti penduduk Dressrosa.

Sengoku

Sengoku the Buddha dahulu merupakan Fleet Admiral atau kepala markas pusat angkatan laut sebelum timeskip terjadi. Namun, pasca perang di Marineford dia pun memutuskan untuk mengundurkan diri dan sekarang Sakazuki yang menggantikan posisinya. Bersama Garp dan Tsuru, Sengoku menjadi salah satu angkatan laut terkuat di generasinya. Dia sudah sering berhadapan dengan bajak laut kuat seperti Kaido atau Roger.

Banyak yang beranggapan bahwa Sengoku bukanlah 100% penganut keadilan absolute. Karena, dia juga nampaknya masih memiliki moral dan hati nurani dalam dirinya. Hal ini bisa kita lihat saat dia menerima tawaran Shanks untuk memakamkan Shanks dan Ace di New World. Sengoku menjadi salah satu angkatan laut yang diyakini akan jadi pengkhianat World Government di akhir serinya.

Monkey D. Garp

Rasanya semua Geeks juga setuju jika Garp adalah Wakil Admiral terkuat. Bahkan, Monkey D. Garp dianggap sebagai wakil admiral terkuat di angkatan laut. Garp bahkan memiliki julukan sebagai pahlawan angkatan laut akibat peristiwa besar 38 tahun lalu di God Valley. Bersama Roger, dia bertarung melawan kelompok bajak laut Rocks yang dianggap sebagai kelompok bajak laut mengerikan, di mana beberapa krunya ada yang menjadi Yonko.

Garp sebenarnya bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pangkat yang tinggi, tapi dia menolak dan tetap pada pangkatnya sebelum kemudian memutuskan pensiun. Dia tidak ingin berada di bawah kekuasaan kaum naga langit. Dari semua angkatan laut di daftar ini, Garp adalah sosok angkatan laut yang tegas menyatakan bahwa dia tidak setuju dan keberatan dengan World Government dan kaum naga langit.

Dengan posisi angkatan laut yang berada di bawah kendali Wordl Government, sulit bagi mereka untuk melakukan atau melaksanakan berbagai keputusan tanpa persetujuan World Government. Hal ini juga yang dikeluhkan oleh Sakazuki, di mana posisinya ternyata tidak bisa membuatnya mengambil keputusan sepihak. Meskipun begitu, ada sebagian angkatan laut yang tegas menyatakan sikapnya yang berbeda dari World Government.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/