Marvel Studios baru saja merilis trailer Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang mengungkap petualangan baru Star-Lord dan kawan-kawan. Kali ini tampaknya mereka akan menghadapi villain genius High Evolutionary yang terkenal sebagai ahli genetik dan pencipta Counter Earth. Di trailernya, Counter Earth sendiri adalah sebuah planet hewan humanoid yang sepertinya akan cukup vital di film GOTG 3 nanti. Planet buatan yang lebih dahulu eksis di Marvel Universe ini mempunyai sejarah yang cukup panjang di komiknya. Berikut ini 6 fakta menarik Counter Earth di Marvel Comics yang perlu kita tahu!

Ciptaan High Evolutionary

Pertama kali diceritakan di komik Marvel Premiere #1 (1972), Counter Earth adalah tiruan planet Bumi yang diciptakan oleh High Evolutionary, villain yang sangat mendambakan evolusi makhluk hidup. Setelah mengetahui fakta bahwa Bumi tidak cocok untuk evolusi yang selama ini dia idam-idamkan, Evolutionary lantas memutuskan untuk mengubah sebuah asteroid menjadi Counter Earth. Di mana dia dan para makhluk ciptaannya bisa mendapatkan tempat yang ideal. Alasan mengapa planet Evolutionary ini disebut Counter Earth adalah karena perputarannya yang berlawanan dengan arah rotasi Bumi.

Seukuran dengan Planet Bumi

Advertisements

Meskipun awalnya tidak dijelaskan seberapa besar ukuran Counter Earth, tetapi seiring berjalannya waktu Marvel mulai mengungkapkan bahwa planet ciptaan Evolutionary ini mempunyai diameter sekitar 12.755 km. Jika mengacu pada diameter Bumi saat ini, yang nilainya kurang lebih sama, artinya sejak awal Evolutionary memang berniat meniru Bumi secara garis besar. Walaupun begitu, dia sengaja membuat getarannya berbeda sekaligus mengelilinginya dengan Time-Lag Barrier agar Counter Earth tetap terpisah dari Bumi dan tidak mengganggu keseimbangan orbit planet lain di tata surya.

Dihuni oleh Hewan Humanoid

Seperti yang sudah disinggung di atas, setelah mengetahui fakta bahwa Bumi tidak cocok untuk ciptaannya, dia lantas menjadikan Counter Earth sebagai tempat bagi para New Men. Di Marvel Comics sendiri, New Men adalah sebutan untuk bangsa hewan yang fisiknya menyerupai manusia. Mereka semua pada dasarnya adalah hewan Bumi yang telah melalui proses rekayasa genetik yang diprakarsai oleh Evolutionary. Menurut Evolutionary, New Men adalah evolusi sesungguhnya yang harus dicapai oleh setiap makhluk hidup. Di mana pada umumnya para hewan ini mempunyai kecerdasan dan perasaan seperti manusia.

Dilindungi Para Superhero

Mengingat Counter Earth adalah sebuah planet baru yang ukurannya sangat besar, pada awalnya Evolutionary cukup kewalahan dalam mengurus planet ciptaannya ini. Itulah mengapa dia lantas merekrut sosok tangguh bernama Him dan menamainya Adam Warlock sebagai pelindung Counter Earth. Di kisah lain, Evolutionary bahkan sempat meminta bantuan Fantastic Four dari Bumi untuk melindungi Counter Earth dari sang Pemakan Planet Galactus. Sebelum akhirnya Galactus berhasil dipancing oleh sosok tangguh lain bernama The Impossible Man, untuk menjauh dari Counter Earth.

Advertisements

Incaran Entitas Kosmik

Fakta menarik berikutnya, ternyata selain Galactus, Counter Earth juga pernah menjadi incaran dari entitas kosmik lain yang disebut Beyonders, bangsa alien yang memulai persitiwa Incursion. Semuanya berawal dari upaya Sphinxor, alien kosmik yang mengeluarkan Counter Earth dari orbitnya dan kemudian membawanya kepada bangsa Beyonders. Mirisnya, ciptaan terbaik Evolutionary ini ternyata hanya dijadikan pajangan di museum Beyonders. Hal ini sempat membuat Evolutionary patah semangat karena ternyata evolusinya masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Beyonders.

Berkali-kali Hancur dan Kembali Diciptakan

Terakhir, fakta Counter Earth yang perlu kita tahu, ternyata planet ini lebih sering hancur daripada Bumi. Kehancuran pertamanya disebabkan oleh Thanos, big bad villain di kisah Infinity Gauntlet, sebelum akhirnya Evolutionary menciptakan kembali planetnya ini. Kemudian setelah peristiwa Incursion menghancurkan seluruh multiverse, Counter Earth kembali diciptakan oleh Franklin Richards, anak Reed Richards dan Sue Storm yang mempunyai kemampuan untuk mengubah realitas. Franklin mengulang penciptaan Counter Earth ini sekitar tiga sampai empat kali, termasuk di kisah Onslaught Reborn.

Itulah 6 fakta menarik Counter Earth, planet buatan High Evolutionary di Marvel Universe. Sebagian besar materi asli dari komiknya ini tampaknya akan diadaptasi juga di MCU, melalui kemunculan High Evolutionary sebagai villain di GOTG 3. Meskipun tidak seagresif New Man di komiknya, tetapi para hewan humanoid yang terlihat di trailernya tampak mempunyai kecerdasan seperti manusia. Di mana mereka mengenakan pakaian dan mempunyai rumah layaknya manusia Bumi. Versi live action dari Counter Earth akan bisa kita lihat di film Guardians of the Galaxy Vol. 3 pada tanggal 5 Mei 2023 mendatang.