Sampai sejauh ini masih belum banyak karakter yang memiliki kemampuan mendengar Voice of All Things dalam cerita One Piece. Voice Of All Thing atau suara semesta merupakan sebuah kemampuan yang unik, yang diperkenalkan dalam seri One Piece. Sampai sekarang Eiichiro Oda masih belum mau memberikan informasi lebih tentang Voice Of All Things.

Berdasarkan apa yang ditunjukan di ceritanya, Voice Of All Things merupakan sebuah kemampuan yang tidak dimiliki semua orang. Seseorang yang memiliki kemampuan atau kekuatan ini, bisa mendengar suara apa pun yang ada di dunia One Piece. Mereka bisa mendengar makhluk hidup lainnya selain manusia, atau yang lebih dahsyat lagi adalah Voice Of All Things bisa membuat seseorang mendengar benda mati, contohnya Poneglyph. Berikut adalah para karakter yang memiliki kemampuan untuk mendengar suara misterius tersebut.

Gol D. Roger

Menurut Rayleigh, Roger mampu mendengar suara Poneglyph dan itulah bagaimana dia menemukan lokasi Laugh Tale dan memahami apa yang Poneglyph katakan. Dan hal ini sendiri terbukti dalam kilas balik Kozuki Oden. Dalam ceritanya, Roger bersama dengan Oden hendak menuju pulau manusia ikan. Namun, di tengah-tengah laut Roger kemudian mendengar suara misterius.

Ternyata, itu merupakan suara percakapan dari para Sea Kings. Dalam percakapan tersebut, Roger mendengar suara yang isinya membahas tentang kemunculan sosok Joy Boy baru. Sosok Joy Boy tersebut akan membawa perubahan besar terhadap dunia. Namun, Roger sendiri saat itu tidak paham apa maksud yang diucapkan oleh para Sea Kings tersebut.

Kozuki Oden

Seperti yang disebutkan di atas, Oden juga merupakan salah satu karakter lain yang memiliki kemampuan untuk mendengar Voice of All Things. Oden diketahui memiliki kemampuan tersebut ketika dia berada di lautan dalam saat hendak pergi ke pulau manusia ikan bersama Roger. Mereka berdua mendengar suara misterius dari Sea Kings yang berbicara tentang kemunculan sosok Joy Boy baru. Selain mendengar suara misterius dari para Sea Kings saat berada di bawah laut, Oden juga sempat mendengar suara lainnya – yang kemungkinan adalah suara Zunesha – saat berada di Zou.

Kozuki Momonosuke

Ternyata, selain Oden, anaknya, Kozuki Momonosuke, juga memiliki kemampuan ini. Sosok yang saat ini sudah beranjak dewasa tersebut diketahui memiliki kemampuan mendengar Voice of All Things saat berada di pulau Zou. Pada awalnya, Momonosuke hanya mendengar suara-suara aneh dan merasa terganggu dengan suara-suara tersebut.

Saat berada di Zou, Momonosuke bahkan mampu mendengar suara dari Zunesha yang merasakan sakit setelah terkena serangan Jack. Yang luar biasanya adalah Momonosuke jadi satu-satunya orang yang mampu berkomunikasi dengan Zunesha. Padahal, Luffy sendiri tidak mampu melakukannya. Momo bahkan sempat memberikan perintah kepada Zunesha untuk menghancurkan pasukan Jack dari kelompok Beast.

Suku Mata Tiga

Sebenarnya tidak ada yang berbeda suku mata tiga dengan manusia biasa, secara tampilan fisik. Seperti namanya, mereka yang menjadi bagian dari suku mata tiga ini memiliki satu mata tambahan yang terdapat di bagian dahi mereka. Meski pun begitu, mereka selalu berusaha menutupi mata ketiga mereka, karena sering kali mereka menjadi incaran dari banyak orang terutama mereka yang berusaha pergi ke Laugh Tale.

Hal ini karena diketahui mereka memiliki kemampuan spesial. Ketika kemampuan mereka berhasil dimaksimalkan alias awakening, suku mata tiga akan mampu untuk membaca tulisan Poneglyph. Selain itu, suku mata tiga juga diketahui memiliki kemampuan untuk bisa mendengar suara Voice of All Things meskipun sejauh ini Oda masih belum memperlihatkannya dalam cerita.

Monkey D. Luffy

Untuk yang satu ini, rasanya Geeks semua sudah mengetahuinya sejak lama. Sebagai karakter protagonis utama dalam cerita One Piece, dan calon raja bajak laut, tidak heran jika Monkey D. Luffy juga sepertinya memiliki kemampuan ini. Luffy pertama kali memperlihatkan kemampuan tersebut di chapter 647. Ketika Luffy berusaha untuk menghancurkan Noah, dia kemudian berhenti karena mendengar suara misterius.

Ternyata adalah suara Sea Kings yang dipanggil oleh Shirahoshi untuk menahan Noah agar tidak terjatuh ke pulau manusia duyung. Voice of All Things kemudian kembali muncul di arc Zou, di mana Luffy dan Momo mendengar suara dari Zunesha. Yang memancing pertanyaan adalah Luffy memang tidak mampu berkomunikasi dengan Zunesha, namun Momonosuke mampu melakukannya.

Sejauh ini masih belum diketahui bagaimana kekuatan penuh dari the Voice of All Things. Di sisi lain, masih belum diketahui juga apa faktor yang kemudian membuat seseorang bisa memiliki kemampuan tersebut. Serta masih menjadi misteri juga mengapa kemudian ada sebagian yang mampu berkomunikasi dengan makhluk lainnya, dan ada yang tidak, meskipun mereka semua bisa mendengar Voice of All Things.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.