Memasuki penghujung tahun 2022, Transformers Rise of the Beasts baru saja merilis trailer perdananya yang telah mengungkap banyak hal menarik. Salah satunya adalah penampilan singkat villain Scourge, yang digambarkan sebagai pemimpin kelompok Transformers jahat Terrorcons. Setelah sekian lama mengikuti waralaba Transformers akhirnya kita akan mendapatkan sosok penjahat baru yang tidak kalah mengerikan dari Megatron. Di mana dia hadir bukan hanya sebagai musuh Autobots, tetapi juga bagi kelompok robot hewan Maximals. Siapa sebenarnya Scourge? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Origin Scourge di Serial Animasi

Dua tahun setelah penayangan serial animasi Transformers, Hasbro Animation merilis film animasi perdananya yang berjudul Transformers: The Movie pada tahun 1986. Di film inilah karakter Scourge pertama kali muncul sebagai robot yang diciptakan oleh sang Pemakan Planet Unicron dari bangkai Decepticon bernama Thundercracker. Misi pertamanya adalah membantu pemimpin baru Decepticons yang bernama Galvatron untuk mengalahkan Optimus Prime dan Autobots lain. Meskipun tidak tampil sebagai pemimpin, tetapi Scourge mempunyai penampilan yang sangat mengintimidasi seperti robot iblis.

Sama seperti Transformers pada umumnya, Scourge juga bisa berubah menjadi bentuk lain. Di mana bentuk alternatifnya adalah pesawat tempur alien yang dibekali dengan persenjataan lengkap. Dia juga mempunyai pasukan robotnya sendiri yang disebut Sweep. Setelah tampil di filmnya, Scourge juga kembali melanjutkan tugasnya sebagai villain sekaligus anak buah Galvatron di serial animasi Transformers. Prestasi tertinggi Scourge di serialnya adalah mencuri artefak ‘Matrix of Leadership’ milik Autobots yang bisa meningkatkan kekuatan Transformers sampai berkali-kali lipat.

Versi Kegelapan Optimus Prime

Bertahun-tahun kemudian, Scourge juga kembali sebagai villain dengan berbagai versi di kisah multiverse Transformers yang disebut ‘Unicron Trilogy’. Di kisah pertamanya yang berjudul Armada (2002), Scourge mendapatkan nama baru sebagai Nemesis Prime, versi kegelapan dari Optimus Prime. Penampilannya mirip seperti Prime, bedanya hanya terletak pada warnanya yang lebih kelam dengan beberapa bagian tubuh yang rusak. Sekilas Scourge versi baru ini mirip seperti robot zombie. Di versi Jepang Armada yang berjudul Micron Densetsu, Prime versi kegelapan ini bahkan masih tetap dipanggil Scourge.

Setelah absen di kisah kedua Energon (2004), Scourge kembali di kisah terakhir Unicron Trilogy yang berjudul Cybertron (2005). Kali ini dia digambarkan sebagai Decepticon penguasa Beast Planet. Bedanya dengan versi Armada, varian Scourge ini bisa berubah menjadi naga. Meskipun tidak digambarkan secara gamblang sebagai counterpart Optimus Prime, tetapi versi Jepang Cybertron yang berjudul Galaxy Force menyebut karakternya sebagai Flame Convoy. Menariknya, Convoy sendiri adalah nama Jepang Prime, sehingga bisa disimpulkan bahwa Scourge memang dimaksudkan sebagai saingan Prime.

Pemimpin Terrorcons di Rise of the Beasts

Berdasarkan sinopsis film Transformers Rise of the Beasts, terungkap bahwa Scourge akan melakukan debut live action-nya sebagai villain sekaligus pemimpin Terrorcons. Namun, perlu kita catat bahwa Terrorcons di filmnya nanti bukanlah versi robot combiner yang muncul di serial animasinya. Melainkan tim baru yang sepenuhnya dibawa oleh Scourge ke Bumi. Sejauh ini masih belum terungkap akan seperti apa peran Scourge di filmnya nanti. Namun, jika merujuk pada perkataan Optimus Primal tentang “kegelapan yang akan datang”, sepertinya yang dimaksud adalah kedatangan Scourge dan Terrorcons lain.

Dalam cuplikan singkatnya di trailer, Scourge terlihat mampu mengalahkan banyak Autobots sendirian, bahkan mencekik Bumblebee hanya dengan satu tangan. Hal tersebut sudah menjadi bukti bahwa Scourge yang disuarakan oleh Peter Dinklage bukanlah villain Transformers yang biasa. Nantinya Scourge juga akan ditemani oleh dua Terrorcons, yaitu Battletrap dan Nightbird. Menariknya, Scourge versi live action ini bisa berubah menjadi truk Peterbilt hitam. Alasannya mungkin karena filmnya ingin menggambarkan Scourge sebagai saingan Optimus Prime yang juga bisa berubah menjadi truk Freightliner.

Itulah pembahasan tentang Scourge, villain utama di film Transformers Rise of the Beasts. Untuk sekarang masih belum terungkap apa motivasi Scourge dan Terrorcons datang ke Bumi. Apakah dia ada hubungannya dengan Unicron seperti di kisah-kisah sebelumnya? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Film yang digadang-gadang akan memulai trilogi baru Transformers ini dijadwalkan untuk tayang di bioskop pada 9 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.