Apakah semua cerita di seri Boruto: Naruto Next Generation hanya bagian dari Mugen Tsukuyomi Naruto? Apakah artinya semua alur cerita tersebut tidak nyata? Dalam beberapa hari terakhir, para fans dari franchise Naruto dikejutkan dengan munculnya sebuah tayangan yang memperlihatkan bagaimana Madara Uchiha menggunakan Doujutsu Rinnegan miliknya untuk melihat mimpi dari Naruto.

Dalam penglihatan Madara tersebut, kita melihat berbagai kejadian yang sudah terjadi sebelumnya seperti pertarungan antara Sasuke dan Naruto di lembah kematian. Dan yang menarik adalah terdapat juga beberapa karakter seperti Boruto, Hinata, dan Kawaki dalam penglihatan tersebut. Di akhir tayangan, terdapat suara Madara yang mengatakan bahwa itu adalah mimpi Naruto.

Hal itu pun sontak membuat fans terkejut dan banyak dari mereka yang kemudian memunculkan sebuah spekulasi atau teori. Teori tersebut menyatakan jika semua alur cerita di seri Boruto atau pun hal lainnya yang ada di sana hanyalah mimpi belaka. Semuanya hanya mimpi yang ada dalam isi kepala Naruto yang berhasil Madara lihat berkat teknik Mugen Tsukuyomi miliknya.

Apa Itu Mugen Tsukuyomi

Dalam dunia Naruto ada banyak Genjutsu atau teknik ilusi yang muncul sebagai senjata utama berbagai shinobi, salah satunya adalah klan Uchiha. Klan yang terkenal dengan Doujutsu Sharingan ini merupakan salah satu pengguna teknik Genjutsu, salah satunya adalah Tsukuyomi. Tsukuyomi sendiri merupakan salah satu Genjutsu terkuat yang ada di cerita Naruto.

Salah satu teknik khas dari Itachi Uchiha ini memberikannya kemampuan untuk menciptakan sebuah ilusi yang sangat kuat kepada orang lain, dan kemudian menjebak mereka di dalam sebuah dunia di mana seluruh kehidupan dan waktunya diatur oleh si pengguna. Bagi yang terkena genjutsu ini, sang korban akan merasakan waktu yang sangat lama saat berada di dunia Tsukuyomi, padahal waktu yang terjadi di dunia nyata hanya terjadi beberapa detik.

Tapi, meskipun Tsukuyomi adalah Genjutsu paling kuat, masih ada jutsu lainnya yang lebih kuat dari Tsukuyomi. Salah satunya adalah Mugen Tsukuyomi. Ini juga adalah alasan dari Madara dan Obito bahkan Kaguya sangat ingin membangkitkan Pohon Suci. Mereka ingin mengaktifkan Genjutsu terbesar di dunia bernama Mugen Tsukuyomi. Teknik ini bisa menghipnotis bukan hanya satu atau dua orang, melainkan semua makhluk yang ada di muka bumi.

Saat mengaktifkan teknik ini, penggunanya akan mengubah bayang-bayang bulan menjadi sebuah Sharingan yang sangat besar. Teknik ini sempat diperlihatkan saat perang dunia shinobi keempat dan berhasil membuat kekacauan untuk pihak Aliansi Shinobi. Efek samping jika korban yang terkena Genjutsu ini berlangsung sangat lama, maka mereka akan berubah menjadi Zetsu putih dan menjadi pengikut setia pemilik jutsu tersebut.

Boruto Bagian Dari Mugen Tsukuyomi

Apakah kemudian alur cerita Boruto merupakan bagian dari Mugen Tsukuyomi? Inilah pertanyaan besar sekaligus teori yang santer berkembang di kalangan fans dalam beberapa waktu belakangan. Sebenarnya, teori bahwa alur cerita Boruto merupakan “mimpi” dari Naruto sudah sejak lama muncul di kalangan fans. Namun akhirnya, teori tersebut kembali mencuat akhir-akhir ini.

Dalam cerita Naruto, kita sering melihat bagaimana sang protagonis utama sering memperlihatkan mimpi besarnya yaitu menjadi seorang Hokage atau pemimpin desa Konoha. Namun, kita tidak pernah melihat bagaimana Naruto memiliki impian yang jauh lebih besar daripada menjadi seorang Hokage seperti menikah dengan Hinata dan memiliki sepasang anak.

Dan inilah yang Madara lihat dalam mimpi Naruto berdasarkan tayangan yang beredar. Mengingat bagaimana Kishimoto belum pernah menghadirkan mimpi besar Naruto selain menjadi Hokage, rasanya memang cukup masuk akal jika semua hal yang terjadi di sepanjang cerita Boruto merupakan mimpi terdalam dari Naruto dan efek Mugen Tsukuyomi.

Lagipula, kita sudah pernah melihat bagaimana nyatanya dan juga luar biasanya efek dari Mugen Tsukuyomi. Jika kemudian hal ini terbukti benar, maka artinya Masahi Kishimoto berhasil menghadirkan salah satu plot twist terbesar bukan hanya di sepanjang franchise Naruto melainkan juga di seluruh industri anime dan manga. Di sisi lain, spekulasi jika semua hanya mimpi dari Naruto berkat Mugen Tsukuyomi juga banyak didukung para fans.

Sejak pertama seri Boruto muncul, banyak para fans yang kecewa dengan ceritanya. Berbagai masalah muncul terkait hal ini, seperti pace yang lambat bahkan elemen cerita yang semakin menjauh dari dunia ninja. Meskipun perlahan alur ceritanya membaik, hal itu nyatanya tidak mampu mengembalikan citra buruk seri Boruto. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa seri Boruto diharapkan hanya sekedar mimpi dari Mugen Tsukuyomi.

Benarkah Demikian?

Terlepas dari adanya spekulasi bahwa semua alur cerita Boruto adalah Mugen Tsukuyomi dari Naruto, namun ada juga hal lainnya yang perlu Geeks ketahui dan pahami mengenai hal tersebut. Ada beberapa alasan mengapa besar kemungkinan seluruh cerita Boruto tersebut asli dan bukan Mugen Tsukuyomi seperti yang banyak dispekulasikan oleh para fans.

Pertama, dari sisi narasi memang kejutan besar seperti teori Mugen Tsukuyomi tersebut sangat menarik. Tetapi, jika kemudian Masashi Kishimoto menyetujui dan menghadirkan konsep tersebut dalam ceritanya besar kemungkinan dia sudah melakukan blunder terbesar. Dengan semua hal yang sudah berjalan selama 75 chapter, dan mungkin masih akan ada banyak chapter lainnya kedepan, rasanya semua itu akan terasa sia-sia jika hanya sekedar mimpi.

Kedua, tidak ada konfirmasi mengenai tayangan yang beredar tersebut. Perlu diperhatikan jika informasi mengenai seri Naruto yang akan muncul pada 17 Desember memang merupakan pengumuman resmi yang merupakan jadwal untuk acara Jump Festa 2022. Atau bisa juga pengumuman resmi tentang remake Naruto. Namun, untuk tayangannya sendiri – yang memperlihatkan Mugen Tsukuyomi Madara – masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Ketiga, apa yang muncul dalam tayangan itu tidak sejalan dengan esensi Mugen Tsukuyomi. Dalam alur cerita Boruto, kita melihat berbagai momen tragis seperti “kematian” Boruto dan juga kematian dari kurama. Faktanya, Mugen Tsukuyomi adalah ilusi yang membuat korbannya mengalami sebuah mimpi yang indah. Jika Naruto memang terjebak dalam Genjutsu dahsyat ini, ceritanya sudah berhenti ketika Naruto menjadi Hokage dan tidak ada ancaman dari Otsutsuki atau pun Code.

Keempat, dari judulnya sendiri Masashi Kishimoto sudah sangat jelas jika dia ingin menghadirkan sebuah generasi yang baru menggantikan generasi lama. Bagaimana dalam alur ceritanya Kishimoto secara perlahan mulai melemahkan banyak karakter utama, menjadi bukti dari hal tersebut. Kishimoto ingin menghadirkan sebuah alur cerita yang baru, meskipun pada kenyataanya formulanya tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya.

Kelima, jika teori ini terbukti benar maka artinya Naruto dan para shinobi lainnya sudah gagal dalam menghadapi Madara dalam perang dunia shinobi keempat. Hal ini jelas merusak alur cerita yang sudah Kishimoto hadirkan secara apik dan menarik. Dan bukan tidak mungkin akan ada kontroversi yang luar biasa besar di kalangan fans jika kemudian Kishimoto sendiri yang merusak hal tersebut.

Jadi, kesimpulannya adalah meskipun spekulasi alur cerita Boruto: Naruto Next Generation adalah bagian dari Mugen Tsukuyomi Madara cukup menarik dan menantang, namun sangat kecil kemungkinan teorinya terbukti. Ada beberapa alasan yang mendukung hal tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah ini memang Genjutsu Mugen Tsukuyomi atau asli?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.