Berikut adalah review lengkap dari seri manga One Piece chapter 1068, yang menghadirkan kejutan berupa pertemuan dua karakter utama. Dalam chapter 1067 kemarin, kita melihat bagaimana Vegapunk mengungkapkan fakta tentang dirinya. Misalnya, fakta bahwa dia adalah seorang pengguna buah iblis Nomi Nomi yang membuat kapasitas penyimpanana otaknya menjadi tidak terbatas.

Kemudian, kita juga melihat bagaimana Vegapunk memiliki salah satu mimpi besar dalam dirinya. Dia berharap semua orang memiliki akses terhadap ilmu pengetahuan yang dia miliki, dengan cara yang sama para kloningnya mengakses informasi lain. Dan di akhir chapternya kita melihat momen mengejutkan Kuma yang tiba-tiba aktif dan berlari menuju sebuah tempat yang belum kita ketahui. Lalu, apa yang menarik dalam review One Piece chapter 1068?

Momen Hancurnya Kapal Cipher Pol

Setelah perjalanan jauh, akhirnya CP0 tiba di pulau Egghead. Namun, kedatangan mereka tidak disambut dengan baik oleh para kloning Vegapunk. Shaka dan juga kloning Vegapunk lain meminta mereka untuk mundur. Yang menarik adalah Rob Lucci sendiri kemudian bertanya mengenai peristiwa yang terjadi dalam dua bulan terakhir, di mana beberapa kapal Cipher Pol yang dikirim ke Egghead tidak pernah kembali. Kurang lebih ada tiga kapal Cipher Pol yang hancur di Egghead.

Bisa jadi, kecurigaan Lucci terbukti yaitu Vegapunk tahu tentang rencana besar World Government untuk menghabisi nyawanya. Dan hal ini juga yang terjadi kepada CP0 sekarang, di mana mereka akhirnya memutuskan untuk menerobos masuk ke pulau tersebut setelah akses mereka menuju pulaunya ditolak oleh Vegapunk. Yang menarik adalah mereka menerobos ke pulau Egghead dengan memanfaatkan kekuatan Nikyu Nikyu no Mi milik Seraphim Kuma. Dan bukan hanya itu, Kuma yang asli pun kemudian menggunakan kekuatannya untuk pergi ke sebuah tempat.

Mimpi Besar Vegapunk

Meskipun Vegapunk ingin menciptakan sistem di mana semua orang bisa mengakses informasi yang dia miliki atau pun dari seluruh dunia, namun dia memiliki satu mimpi besar yang ingin dia wujudkan. Mimpi terbesarnya menciptakan sebuah sumber daya energi yang besar dan gratis, sehingga bisa dinikmati dan diakses oleh semua orang. Menurutnya, dengan begitu pertempuran tidak akan pernah terjadi.

Vegapunk sendiri menyatakan jika sebenarnya di sekitarnya ada banyak sumber energi yang bisa diolah, namun dia masih belum menemukan cara yang tepat untuk mengubahnya. Energi menjadi salah satu hal yang sering Vegapunk bahas dalam beberapa chapter terakhir. Bahkan, di chapter sebelumnya, Vegapunk sendiri menyebutkan tentang upaya mencari sumber energi abadi.

Alasan Jadi Incaran World Government

Terdapat sebuah fakta menarik yang muncul dari pernyataan Vegapunk saat menjelaskan tentang upayanya mencari sumber energi. Menurutnya, sumber energi sering menjadi bibit peperangan umat manusia. Perebutan sumber daya atau energi tersebut sudah sering menjadi penybebab peperangan di berbagai negara dalam seri One Piece, yang mana hal inilah yang ingin Vegapunk hentikan dan cegah.

Seperti yang disebutkan di poin atas, Vegapunk ingin mengolah energi yang ada agar bisa dinikmati semuanya. Namun, upayanya tersebut justru membawanya pada fakta tentang sumber energi misterius yang ada pada zaman dahulu. Dan ini merupakan sesuatu yang tidak ingin World Government ketahui. Vegapunk mengaku bahwa upayanya tersebut sudah membuat pihak World Government berencana menghabisinya.

Stussy Hafal Denah Egghead

Setelah pihak CP0 berhasil menerobo masuk ke pulau Egghead, mereka pun mulai mencari keberadaan Vegapunk. Tetapi, ada sebuah detail menarik yang muncul dari kemunculan mereka. Stussy ternyata tahu dengan jelas dan lengkap tentang denah pulau Egghead. Dia bahkan tahu letak jebakan yang Vegapunk buat dan nama sistemnya. Hal ini menarik karena sejauh ini tidak ada informasi keterkaitan antara Stussy dan Vegapunk atau pun Egghead.

Meskipun begitu, jelas hal ini memunculkan teori atau pun spekulasi. Misalnya, dari mana Stussy mendapatkan intelijen atau informasi mengenai denah pulau Egghead. Apakah dia mempelajarinya dari data yang World Government miliki? Atau justru seperti halnya Bonney, Stussy juga pernah menghabiskan masa kecilnya di pulau tersebut? Pasalnya, Stussy menyebutkan jika sudah lama dia tidak pergi ke pulau tersebut.

Luffy Kembali Hadapi Rob Lucci?

Di akhir chapternya, momen tidak terduga pun terjadi di mana Luffy dan yang lain saat berusaha untuk pergi ke atap pulau Egghead dia bertemu dengan Rob Lucci. Luffy hendak menyusul Vegapunk sambil membawa Bonney, dan Rob Lucci sendiri nampak baru saja menghancurkan salah satu kloning Vegapunk yaitu Atlas. Mereka berdua nampak terkejut dan tidak menyangka akan kembali muncul.

Dengan kedua karakter yang sekarang sudah bertemu, pertanyaanya kemudian apakah mereka akan saling bertarung lagi? Banyak fans berspekulasi jika Luffy akan kembali bertarung menghadapi Lucci. Namun, tidak sedikit juga yang berspekulasi jika kru Topi Jerami lain yang akan hadapi Lucci, misalnya Sanji. Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan terjadi kepada kedua karakter ini.

Berdasarkan review One Piece chapter 1068 kita kembali melihat bagaimana Oda serius dengan rencananya untuk mengakhiri cerita One Piece dalam beberapa tahun kedepan. Banyak fans yang memuji Oda setelah dia merilis 10 chapter terakhir, yang dianggap sangat luar biasa. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.