Siapa yang hancurkan kapal milik Cipher Pol ketika mereka berada di pulau Egghead? Kemunculan kelompok CP0 di pulau Egghead yang bertujuan untuk menghabisi nyawa dari Vegapunk membuat situasi menjadi tidak menentu. Para fans One Piece penasaran dengan nasib Vegapunk selanjut, apakah dia akan sanggup bertahan sampai akhir serinya atau justru dia akan tewas di arc ini.

Selain memiliki tujuan untuk menghabisi nyawa dari Vegapunk, ternyata kemunculan CP0 juga membeberkan sebuah hal yang mengejutkan. Menurut Rob Lucci, dalam dua bulan terakhir sudah ada tiga kapal milik Cipher Pol yang hancur dan tidak kembali dari pulau Egghead. Namun, tidak diketahui siapa pelaku yang menghancurkan kapal-kapal tersebut. Karena, menurut Shaka, semuanya sudah tercatat berhasil keluar dari pulau tersebut. Meskipun begitu ada beberapa kemungkinan “pelaku” yang menghancurkan kapal-kapal itu.

Robot Vegapunk

Kemungkinan pertama yang menjadi pelaku hancurnya kapal milik Cipher Pol adalah robot ciptaan Vegapunk. Dalam chapter kemarin, terungkap bagaimana di pulau Egghead ada banyak hasil penemuan dahsyat dari Vegapunk. Mulai dari hal sederhana seperti lightsaber, sampai naga dan robot pun ada di pulau tersebut. Sebagian besar merupakan hasil ciptaan dari Vegapunk, seperti salah satunya robot hiu di chapter 1061.

Dalam chapter tersebut, nampak kelompok Topi Jerami hampir saja hancur akibat dimakan oleh robot hiu raksasa. Ukurannya bahkan bekali-kali lipat dari ukuran kapal Sunny. Namun, beruntung karena salah satu kloning Vegapunk, Lillith, berhasil menyelamatkan mereka dengan menggunakan robot besar lainnya yaitu Vega-Force 1. Berdasarkan hal tersebut, spekulasi jika robot Vegapunk yang hancurkan cukup masuk akal.

Menurut Lillith, robot hiu tersebut masih belum diprogram dengan baik sehingga yang awalnya digunakan dengan tujuan sebagai sistem pertahanan, namun justru banyak menyerang kapal-kapal lain. Selain robot hiu rakasasa, yang juga bisa jadi kemungkinnan adalah monster laut ciptaan Vegapunk. Dalam chapter 1068 kita melihat bagaimana dahsyatnya para monster tersebut.

Rob Lucci sendiri memutuskan untuk melakukan teleportasi daripada harus bertarung dengan mereka. Artinya, jika Lucci yang notabene adalah anggota CP0 memutuskan untuk menghindari mereka, maka tidak heran jika para Cipher Pol lain hancur akibat serangan para monster laut tersebut. Para Cipher Pol yang hancur itu bukanlah bagian dari CP9 atau CP0, sehingga level kekuatannya berada di bawah Lucci.

Vegapunk

Sosok Vegapunk memang bukanlah seseorang yang mengedepankan kekuatan fisik atau otot dalam cerita One Piece. Dia bukan petarung, melainkan ilmuwan yang memanfaatkan kekuatan pikiran dan otak serta kecerdasannya untuk menghadapi semua hal. Dan ini juga yang sedang terjadi sekarang di pulau Egghead, di mana dia mengerahkan semua satelit dan juga monster ciptaanya untuk menghadapi CP0.

Di sisi lain, Vegapunk juga mungkin adalah sosok yang menyerang dan menghancurkan kapal-kapal Cipher Pol tersebut. Bagaimana caranya? Dengan memanfaatkan sistem pertahanan yang dia ciptakan. Dalam chapter 1068, terungkap jika pulau Egghead memiliki sebuah sistem pertahanan bernama “Frontier Dome” yaitu sebuah jebakan laser yang akan menyerang penyusup.

Mungkin, Vegapunk memiliki sistem yang sama di sekitar pulau Egghead, yang mana sistemnya sama dengan Frontier Dome yaitu menghancurkan musuh yang sudah melewati laser atau garis pertahanan yang sudah ditentukan sebelumnya. Seperti yang Stussy ungkapkan di chapternya, Vegapunk merupakan sosok ilmuwan yang tidak bisa diremehkan meskipun dalam hal seperti ini. Karena, bisa jadi dia sudah mempersiapkan semuanya.

Pihak Lain

Kemungkinan terakhir yang mungkin jadi pihak yang menghancurkan kapal Cipher Pol adalah pihak lain yang tidak berasal dari pulau Egghead. Dalam hal ini, mungkin ada pihak-pihak luar yang coba untuk membantu melindungi Vegapunk. Dan pihak yang luar yang paling masuk akal terkait hal ini tidak lain adalah Pasukan Revolusi. Seperti yang Geeks ketahui, Vegapunk memiliki koneksi mendalam dengan Monkey D. Dragon.

3b6a69ad8f0663ddca34b80fe206f386

Vegapunk juga sangat mengenal apa misi dan tujuan dari Dragon, bahkan dia pun mendukung upaya Dragon untuk membalas dendam atas apa yang terjadi dalam peristiwa Ohara. Berdasarkan hal tersebut, Vegapunk sadar bahwa dia berada dalam bahaya apalagi setelah dia mencoba untuk mencari tahu sumber energi misterius yang selama ini dirahasiakan oleh pihak World Government.

Dan di chapter sebelumnya pun, ketika Shaka menghubungi Dragon dan mengatakan jika nyawanya mungkin tidak lama lagi, Dragon marah dan mengatakan untuk tidak bercanda dengan hal yang sama. Artinya, Dragon tahu dan sadar jika nyawa Vegapunk berada dalam bahaya. Karena itulah, bisa jadi dia mengirimkan pasukannya untuk melindungi pulau Egghead dari serangan World Government.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.