Fast X atau Fast Furious 10 adalah film Fast & Furious mendatang yang sudah sangat diantisipasi oleh para penggemar. Seperti yang kita ketahui bersama, Fast & Furious sendiri adalah waralaba film mobil balap yang sekarang sudah menyentuh ranah sci-fi dengan sejumlah adegannya yang di luar nalar. Misalnya seperti yang terjadi di film F9 (2021), di mana karakter Tej dan Roman pergi ke luar angkasa menggunakan mobil Pontiac Fiero. Berdasarkan hal tersebut tidak sedikit penggemar yang merasa bahwa film Fast X nanti akan menghadirkan sesuatu yang lebih mind blowing, yaitu time travel! Bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

Petunjuk Tentang Potensi Time Travel

Meskipun time travel di film Fast X masih bersifat spekulasi penggemar, tetapi hal tersebut secara tidak langsung telah didukung oleh beberapa petunjuk menarik dari jajaran pemeran dan beberapa bocoran filmnya. Petunjuk yang pertama adalah fakta bahwa di filmnya nanti mobil lama Dominic Toretto akan kembali, yaitu Dodge Charger R/T. Sebagai pengingat, mobil muscle tersebut terakhir kali digunakan oleh Dom saat balapan dengan Brian O’Connor di film Fast & Furious 4 (2009). Apakah ini artinya Dom akan kembali ke masa lalu dan mengulang sejarahnya dengan sahabatnya Brian?

Kemudian pentunjuk yang kedua, datang dari pemeran Tej, Ludacris, melalui story Instagram pribadinya beberapa waktu lalu. Di mana dia menuliskan bahwa di film Fast X nanti karakter Tej akan muncul dengan gaya lamanya seperti di film 2 Fast 2 Furious (2003). Ludacris bahkan menuliskan caption “sejarah akan terulang kembali,” yang secara tidak langsung mendukung teori time travel di filmnya nanti. Mengingat adegan ‘mobil luar angkasa’ di F9 bermula dari dari teori penggemar yang akhirnya terbukti, bukan tidak mungkin teori tentang time travel pun bisa benar-benar terjadi di film Fast X.

Cara Time Travel di Fast X

Jika benar Fast X akan menghadirkan konsep time travel, sekarang pertanyaannya bagaimana hal tersebut akan dilakukan di filmnya. Kuncinya mungkin terletak pada karakter Dom dan juga mobilnya yang sekarang, yaitu Dodge Charger 500. Mengingat modifikasi ekstrem Pontiac Fiero di film F9 telah membawa Tej dan Roman ke luar angkasa, mungkin hal yang sama juga akan dilakukan pada mobil Dom. Di mana modifikasi mesinnya dapat membuat mobil Dom melaju sangat kencang sampai menembus ruang dan waktu, mirip seperti cara superhero Flash melakukan time travel di DC Universe.

Nantinya saat Dom tiba di masa lalu pada suatu titik di film Fast X, dia bisa saja mencoba mengubah masa depan dan bahkan mengulang sejarah bersama Brian dan Tej. Di mana tindakan Dom dapat berdampak ke plot aslinya pada masa sekarang. Mungkin teori gila ini terdengar mustahil, bahkan untuk waralaba sekelas Fast & Furious yang memang selalu di luar nalar. Namun, agar konsep time travel-nya lebih mudah ‘dipahami’, Fast X bisa saja mengambil inspirasi dari film sci-fi Contact (1997) yang bercerita tentang penjelajahan ruang angkasa, di mana hanya karakter utamanya saja yang mengalaminya.

Bagi yang belum tahu, di film Contact awalnya karakter utamanya diceritakan terlibat dalam sebuah eksperimen mesin canggih yang akan membawanya ke luar angkasa. Uniknya, setelah dia mengalami sejumlah penjelajahan ruang angkasa, ternyata para ilmuwan justru hanya melihat mesin yang dikendarainya langsung jatuh pada percobaan pertama. Hal yang sama juga bisa diterapkan di Fast X, di mana saat melakukan time travel, ternyata hanya Dom saja yang mengalaminya. Sedangkan keluarga balapnya justru hanya melihat mobil Dom langsung menabrak setelah melaju kencang.

Jika Bukan Time Travel, Lantas Apa?

Jika teori gila di atas masih terasa mustahil, lantas apa arti sebenarnya dari mobil lama Dom dan penampilan lama Tej di film Fast X nanti? Sederhananya, mungkin semua itu hanya sekadar bocoran bahwa filmnya nanti akan menghadirkan kisah flashback. Di mana Dom akan kembali terlihat mengedarai mobil Dodge Charger R/T dan mengulang sejarah bersama keluarga balapnya. Hal tersebut mungkin dilakukan untuk mengisi beberapa celah di kisah origin karakternya. Mirip seperti cerita di film F9 yang mengungkap bahwa selama ini ternyata Dom memiliki seorang adik kandung bernama Jakob Toretto.

Itulah pembahasan tentang teori time travel di film Fast X mendatang. Sekarang kembali kepada kita masing-masing, apakah percaya bahwa time travel benar-benar bisa dihadirkan di filmnya nanti, atau justru semua bocoran dan petunjuk yang sekarang telah terungkap hanya mengarah pada cerita flashback. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Film Fast X sendiri dijadwalkan untuk tayang pada tanggal 19 Mei 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.