Apa yang kemudian menjadi pemicu serangan ke Kerajaan Kuno oleh aliansi 20 kerajaan pada 900 tahun yang lalu? Peristiwa penyerangan dari aliansi 20 kerajaan di dunia ke Kerajaan Kuno pada ratusan tahun yang lalu menjadi sebuah tonggak sejarah yang penting di dunia One Piece. Karena, menurut sejarah mereka, itu adalah awal mula “kehidupan” dimulai.

Aliansi 20 kerajaan tersebut kemudian membentuk organisasi yang kemudian kita kenal sebagai Pemerintah Dunia atau World Government. Para fans sendiri coba untuk mencari tahu apa yang jadi alasan berbagai kerajaan tersebut menyerang Kerajaan Kuno. Namun, chapter 1068 mungkin sudah memberikan petunjuk mengenai jawaban dari pertanyaan itu. Lalu, apa yang jadi pemicu serangan ke Kerajaan Kuno?

Teknologi Kerajaan Kuno

Dalam chapter 1065 kemarin terungkap sebuah informasi penting tentang Kerajaan Kuno dari sosok Vegapunk. Menurutnya, pulau Egghead bukanlah pulau masa depan. Justru, itu adalah pulau masa lalu. Mengapa? Karena, Vegapunk ternyata mencoba untuk menirukan berbagai teknologi canggih dari masa lalu, terutama teknologi dari Kerajaan Kuno, di pulau Egghead tersebut.

Berdasarkan penjelasan Vegapunk, bahwa teknologi di pulau Egghead adalah “tiruan” dari apa yang ada di Ancient Kingdom memunculkan satu hal. Artinya, ada kemungkinan jika Kerajaan Kuno bukanlah sebuah kerajaan yang memang kuno atau bukanlah sebuah kerajaan yang memiliki teknologi tertinggal. Justru, mereka adalah sebuah kerajaan yang sangat maju yang memiliki teknologi canggih dan modern.

Berbagai teknologi canggih tersebut bisa jadi merupakan sumber kehidupan mereka. Semua teknologi tersebut mereka gunakan untuk kehidupan sehari-hari atau bahkan menjadi sumber kekuatan mereka. Semua teknologi canggih tersebut yang kemungkinan membuat Kerajaan Kuno menjadi kerajaan yang paling maju daripada kerajaan lainnya di dunia One Piece pada saat itu.

Namun, memang masih menjadi pertanyaan besar bagaimana kemudian mereka bisa menciptakan atau mendapatkan berbagai teknologi canggih itu. Berbagai spekulasi pun kemudian muncul di kalangan fans terkait hal ini. Satu hal yang pasti adalah mereka tidak pernah kehilangan atau kekurangan sumber energi. Bahkan, mereka mungkin menyuplai sumber energi tersebut ke seluruh dunia dengan teknologi canggih yang mereka miliki.

Sumber Energi Misterius

Berbicara mengenai sumber energi, seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, Kerajaan Kuno kemungkinan memiliki suplai energi yang tidak pernah habis. Mereka bisa jadi sudah menemukan cara untuk mengembangkan berbagai hal yang terkait sumber energi tersebut, yang kemudian membuat Kerajaan Kuno mampu untuk memiliki sumber energi tanpa batas.

Selain menjadi sumber untuk kerajaan mereka, sumber energi tanpa batas tersebut mungkin disebarkan ke seluruh dunia. Yang menarik adalah Vegapunk sendiri tidak mampu untuk memecahkan teka-teki tersebut. Dalam chapter sebelumnya, Vegapunk sempat menyatakan bahwa dia masih berusaha untuk mencari sumber energi/sumber daya yang abadi.

Dia masih belum menemukan formula atau sumber energi tersebut, terlepas dari puluhan tahun penelitian dan riset yang dia lakukan. Dan berbicara mengenai sumber energi, dalam chapter 1068 sendiri Vegapunk menjelaskan jika mimpi terbesarnya adalah mampu menyuplai atau memberikan sumber energi gratis yang bisa diakses oleh semua orang. Dengan begitu, tidak akan ada lagi peperangan yang muncul demi memperebutkan sumber energi tersebut.

Jadi Pemicu Serangan di Kerajaan Kuno

Kata kunci yang perlu digarisbawahi dari poin sebelumnya adalah ‘peperangan.’ Bagaimana Vegapunk memiliki mimpi untuk bisa menyediakan sumber energi gratis bagi semua orang demi menghindari peperangan seolah memberikan petunjuk mengenai apa yang terjadi pada masa lalu. Seperti yang terjadi di dunia nyata, ada kemungkinan jika sumber energi mungkin jadi pemicu serangan aliansi 20 kerajaan ke Kerajaan Kuno.

Dengan menguasai sumber energi, maka seseorang atau pihak-pihak tertentu akan mampu untuk menjadi penguasa dunia. Karena, dengan mengendalikan sumber energi atau sumber daya yang ada artinya mereka juga mengendalikan semua orang. Dan inilah yang kemudian menjadi alasan World Government berkuasa saat ini, serta jadi pemicu serangan besar pada 900 tahun yang lalu.

Dalam chapter 1068, Vegapunk juga menyebutkan bahwa dia mampu merasakan energi yang ada di alam. Mungkin, teknologi Kerajaan Kuno mampu merubah energi alam tersebut menjadi sebuah sumber energi abadi yang membuat mereka mampu untuk menghadirkan teknologi canggih dan menyuplai ke seluruh dunia. Tetapi, 20 kerajaan lain ingin menguasai hal tersebut dan akhirnya mereka berhasil.

Bisa jadi, ini juga yang jadi alasan mengapa keluarga Nefertari merasa bersalah dan memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari World Government. Di sisi lain, World Government berusaha untuk menghabisi Vegapunk saat riset atau penelitian yang dia lakukan tentang energi tersebut hampir berhasil. Mereka mungkin tidak ingin Vegapunk menemukan cara untuk menciptakan sumber energi abadi. World Government ingin tetap pengendalian energi ada di tangan mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.