Terdapat beberapa departemen khusus atau unit spesial yang ada di tubuh angkatan laut dalam cerita One Piece. Angkatan Laut merupakan salah satu dari tiga kekuatan terbesar di dunia One Piece. Mereka adalah wajah militer dari World Government yang memiliki tugas untuk memburu para bajak laut dan kriminal lainnya. Selain itu, mereka juga memiliki tugas untuk melindungi orang-orang.

Dengan tugas yang sangat berat tentunya pihak angkatan laut tidak bisa bergerak sendirian. Perlu ada kerja sama dari berbagai pihak, khususnya antar departemen agar semuanya berjalan baik. Dalam tubuh angkatan laut sendiri terdapat beberapa departemen khusus atau unit spesial yang mungkin belum Geeks ketahui atau kurang begitu populer. Apa saja?

Science Unit

Science Unit atau Unit Sains, sesuai namanya, adalah sebuah departemen khusus yang memang memiliki tugas atau fungsi utama untuk melakukan berbagai riset ilmiah. Mereka juga mengembangkan berbagai hal, mulai dari senjata sampai teknologi terbaru. Unit ini berisi para ilmuwan hebat dan cerdas, di mana Dr. Vegapunk adalah pemimpinnya dan Sentomaru merupakan kaptennya.

SSG-pacifista

Unit Sains sendiri saat ini lebih dikenal sebagai Special Science Group yang menjadi pengganti dari sistem Shichibukai yang sudah dibubarkan sebelumnya. Prestasi SSG dan unit sains ini sendiri adalah berhasil menciptakan Seraphim, yang mana saat ini Seraphim merupakan salah satu senjata terkuat mereka. Seraphim sendiri merupakan pengembangan dari unit Pacifista sebelumnya.

Biro Investigasi Angkatan Laut

Biro Investigasi Angkatan Laut merupakan salah satu departemen khusus di angkatan laut di mana tugas dan fungsi mereka adalah melakukan investigasi dan mengumpulkan berbagai data. Biasanya, intelijen dan berbagai data yang mereka kumpulkan berkaitan dengan berbagai insiden besar yang terjadi di dalam yurisdiksi atau wilayah hukum mereka.

16

Biro Investigasi Angkatan Laut sendiri baru pertama kali muncul di chapter 1054, di mana mereka dipanggil oleh Akainu untuk melakukan proses investigasi mengenai peristiwa misterius yang terjadi saat Levely terjadi. Juga, mereka diminta untuk menginvestigasi tentang penyerangan Pasukan Revolusi, tewasnya Nefertari Cobra dan hilangnya anak Cobra, yaitu Vivi. Divisi khusus ini dipimpin oleh Tensei alias Kurouma.

Departemen Komunikasi

Departemen Komunikasi atau Communications Departement merupakan sebuah divisi khusus di angkatan laut yang memiliki tugas berkaitan dengan komunikasi. Mereka akan melakukan deteksi, menginterupsi, dan melacak jejak sambungan komunikasi Den Den Mushi. Salah satu contoh nyata dari tugas dan keberadaan departemen khusus ini bisa kita lihat di chapter 1059.

10

Dalam chapter tersebut, mereka melakukan pelacakan terhadap akses komunikasi Den Den Mushi antara Sabo dan Pasukan Revolusi. Hasilnya, mereka pun berhasil melacak keberadaan Sabo yang diketahui berada di Kerajaan Lulusia. Dan tidak berapa lama, Im langsung menghancurkan pulau tersebut dalam sekejap. Departemen Komunikasi ini kemungkinan berada di bawah pengawasan langsung Gorosei.

Departemen Fotografi

Departemen Fotografi mungkin adalah departemen khusus di angkatan laut yang keberadaanya tidak begitu diperhitungkan. Padahal, mereka juga memiliki peranan penting di tubuh angkatan laut di mana mereka bertanggung jawab untuk mendapatkan gambar dari para bajak laut dan kriminal lainnya. Foto-foto tersebut kemudian akan mereka pasang di poster buruan.

Attach-Anime-Post-Timeskip-Infobox

Departemen Fotografi diperlihatkan memiliki kemampuan menyamar yang luar biasa. Hal ini berdasarkan pengakuan Nami dan yang lain, di mana mereka sering mengaku ditemui oleh sosok misterius yang mengaku sebagai fotografer majalah atau fashion. Attach sempat menjadi pemimpin departemen ini sebelum kemudian dia dipecat karena sering melakukan kesalahan. Yang menarik adalah mereka juga sering mendapatkan foto dari pihak lain, seperti CP0.

SWORD

Sebenarnya, masih belum ada konfirmasi apakah SWORD memang merupakan bagian dari departemen khusus angkatan laut. Selain itu, kita juga masih belum tahu apakah SWORD diakui dan diketahui oleh pihak angkatan laut sendiri. Hal ini berdasarkan dari apa yang diperlihatkan sejauh ini dalam ceritanya, misalnya pada chapter sebelumnya di mana Prince Grus tidak mau gegabah menerjunkan Seraphim demi menyelamatkan Sabo.

SWORD-Infobox

Selain itu, bagaimana Kizaru tidak mengetahui posisi X Drake sebagai pemimpin dari departemen khusus ini saat berada di Sabaody juga bisa jadi petunjuk lainnya. Namun, banyak yang meyakini jika ada sosok pemimpin lainnya yang belum diketahui. Sejauh ini, misi dan tugas utama mereka yang diketahui adalah mengawasi pergerakan Yonko. Tetapi, ada kemungkinan jika mereka memiliki misi lainnya.

Sebagai sebuah organisasi yang besar, wajar jika angkatan laut memiliki berbagai departemen khusus yang memiliki tugas tertentu. Masing-masing departemen tersebut saling bersinergi yang membuat angkatan laut bisa kuat dan bertahan sampai sekarang. Sayangnya, memang berbagai departemen ini kurang begitu dikenal oleh para fans karena kemunculannya yang jarang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.