Masashi Kishimoto perkenalkan berbagai klan baru di seri Boruto yang jadi tambahan menarik bagi alur ceritanya. Setelah selesai dengan cerita di seri Naruto, Kishimoto kemudian melanjutkan kisah tentang dunia shinobi di sekuelnya yaitu Boruto: Naruto Next Generation. Sesuai namanya, Boruto menghadirkan cerita tentang generasi selanjutnya dari dunia shinobi. Banyak hal baru yang muncul di sepanjang ceritanya.

Misalnya, kita melihat bagaimana teknologi yang digunakan desa Konoha jauh lebih maju dan modern dibandingkan di era sebelumnya. Dan yang juga tidak kalah menarik adalah ada banyak karakter baru yang Kishimoto hadirkan dalam ceritanya, termasuk juga berbagai klan baru. Berikut adalah beberapa klan baru yang muncul di sepanjang seri Boruto.

Klan Orochimaru

Mungkin Geeks heran dengan Orochimaru yang masuk dalam daftar klan baru di seri Boruto. Meskipun cukup membingungkan, namun pada kenyataannya Orochimaru memang berhasil untuk membangun klannya sendiri. Seperti yang Geeks ketahui, Orochimaru telah berubah menjadi karakter yang lebih baik. Yang menarik adalah Naruto mengizinkan Orochimaru untuk membangun lab sekaligus tempat tinggalnya di bagian luar Konoha.

orochimaru-boruto-1070476-1280x0

Selain itu, Orochimaru juga menciptakan dua manusia buatan; Mitsuki dan Log. Bagi Orochimaru, kedua manusia buatan tersebut sudah dia anggap sebagai anak sendiri. Dan kedua karakter baru itu sendiri diprogram oleh Orochimaru untuk menganggapnya sebagai ayah. Orochimaru juga membuat koneksi di mana Log merupakan kakak dari Mitsuki. Meskipun keduanya adalah manusia buatan, namun nyatanya mereka tetap bagian dari “keluarga” Orochimaru.

Shin Uchiha

Selain klan Orochimaru, klan Shin Uchiha juga bisa dianggap unik karena “keturunan” mereka bukanlah manusia melainkan cyborg atau manusia buatan. Shin Uchiha sempat menjadi salah satu permasalahan yang muncul dalam ceritanya. Sebenarnya, Shin Uchiha merupakan hasil eksperimen dari Orochimaru yang kemudian memiliki kecerdasan, pikiran, dan perasaan sendiri. Dia pun kemudian memutuskan untuk berpisah dari Orochimaru dan memutuskan untuk menciptakan klan miliknya sendiri.

shin-clones-copy-729x410-ebbf422010e1a1b0db6f360ae5369754

Sama seperti klan Uchiha pada umumnya, Shin Uchiha memiliki Doujutsu Sharingan, meskipun kekuatannya tidak terlalu dahsyat seperti aslinya. Namun, ironisnya adalah klan Shin Uchiha sendiri menganggap klan Uchiha yang asli sebagai sesuatu yang memalukan. Dia pun bertekad untuk membangun kembali klan Uchiha yang jauh lebih dahsyat dan mengerikan.

Klan Shigaraki

Shigaraki merupakan sebuah klan baru yang muncul akibat rencana Danzo di masa lalu. Mereka merupakan manusia buangan yang berasal dari gagalnya rencana Danzo dan juga organisasi rahasia mereka yang bernama Root. Sumire Kakkei, asisten Katasuke dan salah satu karakter baru di seri Boruto, berasal dari klan ini. Dan sejauh ini, hanya Sumire yang diketahui berasal dari klan Shigaraki.

tanuki-shigaraki-dan-sumire-576732dc6a7a83d57f208ae07be1fa52

Selain itu, tidak banyak informasi yang Kishimoto hadirkan mengenai klan ini selain Sumire yang menjadi alat untuk balas dendam klannya. Ayahnya dan juga klan Shigaraki memiliki rencana besar untuk menghancurkan Konoha, dan mereka memanfaatkan Sumire untuk menjalankan misi tersebut. Namun, pada akhirnya, Sumire menyadari bahwa hal tersebut salah dan menggagalkan misi tersebut. Hanya Sumire yang tersisa dari klan Shigaraki.

Klan Yuino

Iwabe menjadi satu-satunya karakter yang berasal dari klan YuinoKlan ini menjadi salah satu klan yang cukup kuat, terbukti dari Iwabe yang hingga sekarang telah berhasil mengungguli beberapa lawannya. Selain itu, Iwabe juga ahli dalam Taijutsu dan juga beberapa jutsu yang berfokus pada elemen tanah. Sayangnya, hanya Iwabe yang diketahui berasal dari klan Yuino. Sama seperti karakter lainnya, Iwabe mulai jarang muncul dalam ceritanya. Dan Iwabe juga jadi salah satu karakter yang hanya muncul dalam versi animenya.

Klan Fuma

Klan Fuma merupakan “saudara jauh” dari klan Uchiha. Mereka memiliki simbol berupa shuriken empat sisi, mirip seperti shuriken yang digunakan oleh Sasuke di seri Naruto. Yang menarik adalah sebagian besar anggota klan Fuma memiliki profesi sebagai polisi di Konoha. Mengingat mereka adalah saudara jauh klan Uchiha, di mana diyakini mereka memiliki kekuatan dan mental yang sama seperti seorang Uchiha, pekerjaan sebagai polisi rasanya cukup masuk akal.

naruto-fuma

Sayangnya, meskipun mereka memiliki koneksi dengan klan Uchiha, mereka tidak bisa menggunakan Doujutsu Sharingan dan bahkan tidak memiliki Doujutsu tersebut. Namun, mereka ahli dalam beberapa jutsu yang bisa membantu mereka untuk menjalankan tugas kepolisian. Kishimoto juga masih belum banyak menghadirkan informasi mengenai klan ini.

Klan Kaminarimon

Memiliki arti “Gerbang Petir,” klan Kaminarimon merupakan salah satu klan terkaya di desa Konoha. Mereka memiliki sebuah perusahaan listrik bernama Kaminarimon Company, yang berbasis di desa Konoha. Bukti dari kekayaan klan Kaminarimon bisa kita lihat dari sosok Denki Kaminarimon, di mana dia tinggal di sebuah mansion atau rumah mewah yang sangat luar biasa megah.

Denki sendiri merupakan salah satu rekan dari Boruto. Meskipun secara fisik mereka tidak terlalu kuat, Denki terkenal karena kecerdasannya. Dia akan memanfaatkan teknologi dan alat bantu ninja lainnya untuk mengimbangi kekuatan musuh. Karena hal inilah, tidak mengherankan jika Denki adalah karakter yang paling cerdas lainnya dalam seri Boruto selain Shikadai. Denki sangat cerdas terutama yang berkaitan dengan teknologi.

Klan Otsutsuki

Rasanya Geeks sudah sangat familiar dengan klan satu ini. Klan Otsutsuki merupakan sebuah klan yang pertama kali diperkenalkan di akhir cerita Naruto. Namun, asal-usul klan ini baru dieksplor lebih dalam saat era Boruto. Klan Otsutsuki secara spesifik merupakan kelompok alien yang berasal dari sebuah planet yang jauh di luar angkasa. Mereka memiliki misi untuk mengambil kekuatan chakra dari planet lain untuk dikonsumsi.

Otsutsuki-Clan

Semenjak seri Boruto mulai, Kishimoto mulai memperkenalkan berbagai karakter lainnya yang jadi bagian dari klan luar biasa ini. Misalnya Momoshiki, Isshiki, Kinshiki, dan yang paling baru tentunya adalah Shibai Otsutsuki yang menjadi dewa mereka. Ada kemungkinan Kishimoto masih terus akan menghadirkan lebih jauh mitologi dari klan Otsutsuki ini.

Masashi Kishimoto ternyata bukan hanya menghadirkan kisah tentang sebuah generasi atau era baru di dunia shinobi dalam seri Boruto. Dia juga memperkenalkan berbagai klan baru yang mendukung alur cerita tersebut. Menarik tentunya untuk melihat apalagi yang akan Kishimoto hadirkan, terutama yang berkaitan dengan berbagai klan yang ada di dunia shinobi tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.