Menjelang perilisan film sekuel Avatar yang berjudul The Way of Water, kali ini mari kita bahas berbagai robot canggih milik RDA (Resources Development Administration) alias bangsa manusia di planet Pandora. Di mana sepertinya robot-robot ini akan mempunyai peran yang cukup penting di filmnya nanti. Karena seperti yang kita tahu, untuk dapat beraktivitas di Pandora, manusia membutuhkan robot yang bisa mengakomodir kebutuhan mereka, termasuk saat berhadapan dengan bangsa Na’vi. Baik yang bergerak secara otomatis maupun yang dikendalikan langsung. Apa saja? Simak di bawah ini, Geeks.

Pandora Utility Suit

Sesuai dengan namanya, Pandora Utility Suit adalah robot setinggi 3 meter yang berguna untuk menjamin keselamatan manusia di film Avatar. Karena planet bangsa Na’vi ini memang terkenal menyimpan sejumlah bahaya yang berpotensi mengancam nyawa manusia, seperti lingkungan yang beracun atau hewan-hewan yang agresif. Untuk mengapa Pandora Conservation Initiative akhirnya menciptakan Utility Suit dengan tipe Mitsubishi Utility AMP, untuk digunakan oleh para peneliti manusia yang ingin mengambil sampel penelitian dan juga membelajari hewan liar di planet Pandora.

Amplified Mobility Platform

Sama seperti Utility Suit, Amplified Mobility Platform adalah robot di semesta Avatar yang dikendalikan langsung oleh manusia di dalamnya. Bedanya, robot AMP dengan tipe Mitsubishi MK-6 ini dikhususkan untuk pekerjaan yang lebih agresif. Mulai dari mengangkat dan memuat kargo yang sangat berat di markas manusia, sampai untuk kebutuhan pertempuran. Di mana di film Avatar pertama, robot setinggi 4 meter ini dibekali dengan meriam otomatis GAU-90, pelontar api Bush Boss FD-11, dan pisau besar seberat 34 kilogram. Hanya anggota militer berpengalaman yang bisa menggunakan robot ini.

Hexbot

Selain robot yang dikendalikan langsung, RDA juga mempunyai robot otomatis Hexbot yang sempat terlihat juga di film Avatar. Robot berwarna kuning ini sebenarnya berfungsi untuk meringankan pekerjaan konstruksi manusia di Pandora. Di mana Hexbot dilengkapi dengan peralatan las listrik, serta mempunyai enam kaki yang memudahkannya untuk bergerak di berbagai medan. Menariknya di game Avatar: Pandora Rising, Hexbot juga bisa difungsikan sebagai pasukan yang kekuatan listriknya dapat memperlambat gerakan musuh, serta bisa meledakan diri jika sudah tidak bisa bergerak lagi.

Crabsuit

Crabsuit adalah robot jenis baru yang akan melakukan debutnya di film Avatar: The Way of Water nanti. Sesuai dengan namanya, robot ini mempunyai bentuk layaknya kepiting raksasa, dengan empat kaki dan satu set lengan yang menghadap ke depan. Melihat proporsi komponennya, sepertinya robot ini mempunyai tinggi lebih dari 2 meter dan lebar sekitar 4 meter. Di trailer perdana The Way of Water, robot ini terlihat dikendalikan oleh manusia saat bertarung dengan Na’vi di dalam air. Itu artinya Crabsuit mempunyai fitur hybrid yang memungkinkan penggunanya untuk bergerak di darat maupun di air.

RDA Skel-Suit

Satu lagi jenis robot yang baru akan dieksplorasi di film Avatar: The Way of Water adalah RDA Skel-Suit. Robot yang dikendalikan langsung oleh manusia ini pada dasarnya adalah setelan exoskeleton yang merupakan versi lebih ringan dari Amplified Mobility Platform. Di mana robot setinggi 3 meter ini dapat digunakan untuk memuat kargo yang lebih ringan, serta untuk mendukung pertempuran militer di Pandora. Meskipun lebih ringan dari AMP, tetapi Skel-Suit dibekali dengan berbagai senjata mematikan, seperti senjata laras panjang M69-AR dan pelontar api. Pegerakannya pun terbilang lebih cepat dan lincah dari AMP.

Itulah berbagai robot canggih milik RDA yang digunakan oleh manusia di film Avatar dan juga Avatar: The Way of Water mendatang. Melihat film sekuelnya nanti akan lebih banyak berlangsung di samudera atau perairan, sepertinya Crabsuit dan RDA Skel-Suit akan jauh lebih bermandaat daripada robot besar seperti AMP. Di sisi lain, berbagai robot ini juga sekaligus akan menjadi ancaman yang berbahaya bagi Na’vi, bangsa asli Pandora. Karena manusia akan menggunakan segala macam cara agar bisa menguasai planet mereka. Aksi robot-robot ini akan segera bisa kita lihat saat filmnya tayang pada 16 Desember besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.