Tahun depan, Paramount Pictures akan merilis film Transformers: Rise of the Beasts. Di mana selain Autobots, di filmnya nanti juga akan hadir kelompok robot lain, seperti Maximals, Terrorcons, dan Predacons. Dari semua kelompok robot baru tersebut ada satu robot yang menarik perhatian, dia adalah Optimus Primal. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya Optimus Prime dan Optimus Primal adalah dua robot yang berbeda. Sebelum melihat aksi mereka di filmnya nanti, mari kita kenali lebih dahulu seperti apa perbedaan antara Optimus Prime dan Optimus Primal ini!

Optimus Prime, Pemimpin Autobots

Kita mulai pembahasan tentang perbedaan antara para Optimus, dari origin Prime yang debut lebih dahulu daripada Primal. Optimus Prime adalah robot yang muncul pertama kali pada tahun 1984, bersamaan dengan pengenalan Autobots dan Decepticons di serial animasi Transformers. Desain Prime sendiri mengambil inspirasi dari mainan terkenal Hasbro, di mana dia tampil sebagai robot berwarna merah dan biru yang bisa berubah menjadi truk prime mover. Dengan persona yang gagah dan bijaksana, Prime telah menjadi pemimpin Autobots yang paling terkenal sampai sekarang.

Pada tahun 2007, film live action Transformers telah menghadirkan Optimus Prime dan para Autobots lain, di mana dia disuarakan oleh Peter Cullen. Sama seperti di serialnya, dia diceritakan berasal dari planet Cybertron yang terpaksa mendatangi Bumi untuk mencari sumber kehidupan AllSpark. Kebijaksanaan dan keterampilan Prime dalam pertempuran sering kali membuat Autobots berhasil mengalahkan musuh bebuyutannya yang dipimpin oleh Megatron, yaitu Decepticons. Pada beberapa kisahnya, meskipun Megatron telah membunuhnya berkali-kali, Prime selalu berhasil menemukan jalan untuk bangkit kembali.

Optimus Primal, Pemimpin Maximals

Tidak seperti Optimus Prime, Primal adalah bagian dari kelompok robot hewan yang merupakan keturunan Autobots, yaitu Maximals. Pertama kali muncul di serial animasi Beast Wars: Transformers (1996), Primal juga mempunyai penampilan hewan layaknya Maximals lain yang eksis pada tahun 2300. Di mana dia sering terlihat dengan wujud Transmetal gorila raksasa berwarna abu-abu. Ketika tidak sengaja menggunakan Spark (nyawa) Optimus Prime yang ditemukannya, Primal akhirnya bisa berubah menjadi robot raksasa yang sangat kuat bernama Optimus Primal.

Sebagai keturunan langsung dari Optimus Prime, Optimus Primal juga mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat, tetapi tidak sebaik Prime ketika memimpin Autobots. Karena saat memimpin Maximals, Primal cukup sering berseteru dengan anggotanya, khususnya para mantan anggota Predacons, seperti Dinobot, Silverbolt, dan Blackarachnia. Predacons sendiri adalah kelompok robot jahat yang dipimpin oleh Megatron pada Era Beast. Tidak jelas bagaimana kisah Transformers lama bisa berhubungan dengan Era Beast. Yang jelas Megatron diceritakan ingin mengusai Bumi, layaknya versi lamanya di era Optimus Prime.

Berdasarkan origin dan juga sosoknya di serial animasi Beast Wars: Transformers, cukup jelas bahwa Optimus Primal mempunyai perbedaan yang cukup fundamental dari Optimus Prime. Di mana dia adalah keturunan Prime yang mempunyai wujud gorila, bukan mobil truk. Dia juga merupakan pemimpin kelompok robot Transmetal yang disebut Maximals, tidak seperti Prime yang memimpin kelompok robot Cybertron yang disebut Autobots. Di film Transformers: Rise of the Beasts nanti, sosoknya juga tidak akan disuarakan oleh Cullen, melainkan oleh Ron Perlman yang memang terkenal mempunyai suara berat.

Siapa Optimus Paling Hebat?

Dengan semua perbedaannya tersebut, sekarang yang jadi pertanyaan adalah siapa yang lebih hebat dari keduanya? Jawabannya tentu saja Optimus Prime lebih hebat dari Optimus Primal. Bukan hanya karena Autobots yang lebih populer dari Maximals, tetapi juga karena kepemimpinan Prime lebih baik dari Primal. Di mana dia terkenal sangat bijaksana meskipun dalam pertempuran, sementara keturunanna Primal harus lebih banyak belajar mengendalikan emosinya. Di sisi lain, Primal juga memang menghormati leluhurnya Prime, karena dia adalah alasan mengapa Maximals eksis untuk bertarung melawan Megatron.

Itulah perbedaan antara Optimus Prime dan Optimus Primal di semesta Transformers. Sejauh ini masih belum terungkap mengapa Primal bisa eksis bersamaan dengan Prime di film Transformers: Rise of the Beasts. Mungkin karena ada portal yang membuat mereka menjadi satu zaman, begitu juga dengan kelompok robot jahat Terrorcons dan Predacons. Terlepas dari plot filmnya yang masih menjadi misteri, sepertinya akan sangat menarik melihat dinamika hubungan antara Prime dan Primal. Film Transformers: Rise of the Beasts sendiri rencananya akan tayang pada tanggal 9 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.