Namor baru saja melakukan debut di MCU dalam film Black Panther: Wakanda Forever, yang rilis pertengahan November lalu. Film tersebut memperlihatkan pertarungan epik antara Namor melawan Black Panther. Yap, Namor digambarkan sebagai villain yang harus dihadapi Wakanda. Terungkap bahwa Namor sudah hidup sejak lama, namun dia memilih  hidup tanpa terdeteksi.

Karakternya diperankan oleh Tenoch Huerta. Setelah penampilan perdananya, masih belum diketahui bagaimana nasib Namor kedepan, apakah ia muncul di film lainnya atau tidak. Tetapi dengan ending Black Panther: Wakanda Forever yang sedikit menggantung, ada kemungkinan Namor bakal kembali muncul di MCU. Tapi sayangnya, Marvel Studios mengkonfirmasi bahwa Namor tidak bisa muncul di film solonya. Kenapa?

Saat melakukan sesi wawancara dengan The Warp, produser Marvel, Nate Moore mengungkap bahwa Namor bisa kembali di film-film MCU mendatang. Tetapi Namor tidak bisa muncul dalam sebuah film solo. Pasalnya ada kesepakatan antara Marvel Studios dan Universal Pictures, yang membuat Namor hanya dapat muncul sendiri dalam sebuah materi promosi, seperti poster, dan karakter tersebut tidak bisa muncul dalam film solonya.

Setelah kesuksesan Namor di MCU, agak mengecewakan saat mengetahui karakternya tidak bisa tampil dalam filmnya sendiri. Namun Nate Moore menjanjikan bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan Marvel Studios dengan karakter tersebut, meskipun Namor masih dimiliki Universal Pictures. Itu berarti masa depan Namor masih sangat panjang, dan belum berakhir dalam waktu dekat.

Sebenarnya nih Geeks, masalah hak cipta memang telah menghantui Marvel Studios sejak MCU pertama kali muncul. Hal tersebut terjadi karena kebijakan perusahaan (Marvel) sebelumnya  yang menjual hak atas karakter Marvel ke studio lain, akibat adanya masalah finansial yang mendera di tahun 90-an. Kita bisa melihat bagaimana karakter X-Men dan Fantastic Four yang sebelumnya dimiliki oleh Fox. Juga karakter Spider-Man yang sebelumnya dimiliki oleh Sony Pictures.

Namun setelah Disney (perusahaan induk Marvel Studios) melakukan akuisisi terhadap Fox, sekarang karakter X-Men dan Fantastic Four dapat muncul di MCU. Sementara itu untuk karakter Spider-Man, Marvel Studios harus menjalin kerjasama dengan Sony Pictures agar karakter tersebut dapat masuk ke MCU.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/