Seri manga Boruto chapter 75 seolah beri petunjuk jika Kawaki akan berubah jadi jahat. Hal ini berdasarkan apa yang Boruto lihat pada masa depan. Chapter ini juga menghadirkan fakta-fakta menarik lainnya termasuk tentang sosok Eida dan Daemon. Namun, yang banyak merebut perhatian para fans adalah bagaimana Amado memperkenalkan sosok dewa Otsutsuki yaitu Shibai Otsutsuki.

Yang tidak kalah menarik juga adalah bagaimana di akhir chapternya, tanpa sengaja Boruto memiliki kemampuan untuk melihat peristiwa yang terjadi pada masa yang akan datang. Hal itu pun memunculkan beragam spekulasi di kalangan fans, di mana ada kemungkinan jika Kawaki akan berubah menjadi jahat. Benarkah demikian? Apa penyebabnya?

Penglihatan Masa Depan Boruto

Di akhir chapter 75, Momoshiki nampak berkomunikasi dengan Boruto di dalam pikiran atau alam bawah sadarnya. Menurut Momoshiki, akibat apa yang terjadi sebelumnya, di mana proses Otsutsukifikasinya tidak selesai karena dia mengorbankan hal tersebut untuk menghidupkan kembali Boruto, justru membuat pikiran mereka saling terhubung satu sama lain.

Momoshiki juga nampak tidak terlalu mengancam dan berbahaya. Momoshiki sendiri sempat “mengoreksi” ucapan Amado tentang Senrigan yang merupakan bagian dari Shinjutsu. Namun, dia sendiri mengonfirmasi jika Amado mengatakan yang sebenarnya mengenai sosok Shibai Otsutsuki. Yang menarik adalah Boruto tiba-tiba mendapatkan sebuah penglihatan mengenai apa yang terjadi pada masa depan.

Dalam penglihatan tersebut, nampak beberapa shinobi Konoha sedang mencari seseorang yang mana targetnya sudah pergi dari desa tersebut. Momennya kemudian bergeser ke sosok Shikadai yang sedang menggunakan Jutsu bayangan milik keluarga Nara. Dan kemudian, Boruto melihat rekan setimnya, Sarada dan Mitsuki, sudah menemukan lokasi dari target.

65471-16693188672172-1920

Dalam penglihatan itu nampak Mitsuki mengaktifkan Sage Mode miliknya, yang memperlihatkan bagaimana sosok misterius itu sudah membuatnya marah. Penglihatan itu kemudian ditutup dengan sosok Kawaki yang berada dalam mode Karma miliknya, dan sedang melihat sosok yang tergeletak di bawah. Hal ini pun memunculkan beberapa kesimpulan.

Pertama, apa yang dilihat Boruto kemungkinan adalah apa yang Momoshiki juga lihat. Seperti yang disebutkan di atas, jika kondisi alam bawah sadar dan kekuatan mereka sudah terhubung. Dan Boruto mungkin secara tidak sengaja juga mengaktifkan kekuatan Momoshiki. Kedua, bagaimana Kawaki ditampilkan dalam penglihatan tersebut menghadirkan spekulasi jika dia sudah berubah menjadi jahat.

Kawaki Jadi Jahat?

Di awal seri Boruto: Naruto Next Generation terdapat sebuah adegan yang sangat populer, dengan setting masa depan. Dalam momen atau adegan tersebut nampak Kawaki dan Boruto sedang bertarung di atas reruntuhan desa Konoha. Banyak yang beranggapan jika saat itu Kawaki sudah berubah menjadi sosok yang jahat. Hal ini dibuktikan dengan Kawaki yang mengancam Boruto untuk mengirim ke tempat Naruto berada.

Ketika Kawaki pertama kali diperkenalkan dalam ceritanya, dia selalu memperlihatkan sikap yang curiga dan waspada terhadap orang asing yang dia temui. Namun, akhirnya sikap tersebut perlahan luntur setelah keluarga Uzumaki menerimanya dengan baik. Bahkan, Kawaki mulai melihat Naruto sebagai sosok ayah yang selama ini tidak dia miliki dan menjadi seseorang yang berharga.

Namun, jika kita membandingkannya dengan situasi pada masa depan yang terjadi di awal serinya, sikap Kawaki nampak berbanding terbalik. Selain keluarga Uzumaki, sikap baik Kawaki bisa juga kita lihat terhadap beberapa rekannya seperti Shikadai, Mitsuki, dan Sarada. Reaksi dan sikap Shikadai yang muncul dalam penglihatan Boruto bisa jadi merupakan respon dari sosok Kawaki yang sudah mengkhianatinya.

914b0-16693192741532-1920

Kemarahan Mitsuki juga bisa jadi petunjuk terkait hal tersebut, di mana Kawaki mungkin sudah membuatnya kecewa dan marah. Mitsuki, seperti yang kita ketahui, memiliki kekaguman luar biasa terhadap Boruto. Bagaimana kemudian Mitsuki juga berusaha untuk menerima Kawaki, kemungkinan dikarenakan dia tahu jika Kawaki adalah sosok penting bagi Boruto.

Dan juga, jika Geeks perhatikan pada bagian wajah Kawaki di penglihatan Boruto tersebut nampak noda darah. Artinya, Kawaki kemungkinan sudah menghabisi seseorang. Siapa yang kemudian jadi korbannya? Sebagian fans menganggap jika Boruto yang kemudian jadi korbannya. Namun, ada juga yang beranggapan jika Sasuke atau Naruto yang kemudian dia habisi.

Apa Penyebab Kawaki Jadi Jahat?

Apa yang kemudian menjadi penyebab Kawaki berubah jadi jahat dan menjadi pengkhianat Konoha? Meskipun masih belum ada jawaban pastinya, kemungkinan besar Amado yang menjadi akar dari semua masalah. Seperti yang kita ketahui, diam-diam Amado mengaktifkan kembali segel Karma milik Isshiki dalam tubuh Kawaki yang mana hal itu mengejutkan semua orang.

Dalam chapternya sendiri terungkap jika sebenarnya Amado sengaja melakukan hal itu agar Kawaki bisa menanamkan Karma miliknya di tubuh orang lain. Hal ini semata-mata dia lakukan untuk membangkitkan kembali putrinya yang sudah tewas. Namun, tanpa disadari efeknya justru sangat besar. Misalnya, dengan Kawaki berubah menjadi sosok Otsutsuki sepenuhnya dia pun kemudian bisa melihat Momoshiki di tubuh Boruto.

ef960-16693192058262-1920

Di chapter sebelumnya, dalam pertarungannya melawan Code, Kawaki sempat “membunuh” Boruto demi menghentikan proses Otsutsukifikasi. Mungkin, hal ini akan kembali terjadi pada masa depan dan ini juga yang kemudian menjadi alasan dari apa yang dilihat oleh Boruto dalam penglihatannya. Sadar apa yang dilakukannya salah, akhirnya Kawaki pun memutuskan untuk pergi dari Konoha.

Jadi, meskipun pada awalnya Amado berencana menggunakan Kawaki dan Karma Isshiki untuk membangkitkan kembali putrinya, yang dia lakukan justru menghadirkan kekacauan besar di Konoha. Apakah ini merupakan sesuatu yang dia rencanakan? Bisa jadi. Melihat sikap Amado selama ini, bukan hal mustahil jika hal itu memang benar-benar terjadi. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.