Tidak banyak karakter dari Marvel Comics yang terkenal sebagai pengendali cuaca. Mungkin salah satu alasannya karena kemampuan yang satu ini tidak terlalu populer di kalangan penggemar. Dengan kata lain, kekuatan untuk mengendalikan cuaca sering kali dipandang sebelah mata dan bahkan dianggap remeh. Padahal faktanya kekuatan super ini terbukti sangat berguna ketika dipakai dalam pertempuran, baik untuk serangan maupun pertahanan. Seperti yang sering dilakukan oleh 5 karakter pengendali cuaca berikut ini, di mana mereka justru terkenal sebagai karakter tangguh di Marvel Universe!

Thor

Karakter pengendali cuaca yang akan kita bahas pertama adalah sang God of Thunder andalan Marvel, yaitu Thor Odinson. Sebagai dewa Asgard, Thor digambarkan memiliki banyak kekuatan super yang membuatnya lebih superior dari manusia biasa bahkan superhero lain. Salah satunya adalah mampu mengeluarkan guntur dan kilat menggunakan palu kosmiknya yang disebut Mjolnir. Di kisah terdahulu, anggota pendiri Avengers ini bahkan pernah menyebabkan banjir dengan kekuatan pengendali cuacanya. Bahkan dia juga pernah memanggil badai galaksi dan membuat cuaca di banyak planet menjadi kacau.

Zeus

Dewa Marvel lain yang juga terkenal sebagai pengendali cuaca seperti Thor adalah Zeus. Dalam beberapa aspek, raja dewa di Olympus ini bahkan digadang-gadang mempunyai kekuatan yang setara dengan All-Father Odin. Karena sejatinya dia memang terkenal sebagai Skyfather Olympian yang menguasai surga, langit, dan juga cuaca. Kemampuan pengendali cuacanya bahkan masih tersimpan di dalam tubuhnya, meskipun para dewa Olympus pernah bersekutu untuk mengubahnya menjadi anak kecil. Dengan tubuh anak kecilnya, Zeus terbukti masih mampu memanggil petir dan mengendalikan cuaca di Bumi.

Storm

Dari para dewa, sekarang kita beralih ke mutan Marvel yang terkenal sebagai pengendali cuaca, yaitu Ororo Monroe alias Storm. Sejak kemunculan pertamanya, Storm memang sudah terkenal mampu memanggil petir, hujan, dan bahkan badai dari langit. Sampai sekarang sedikit sekali karakter yang berani melawan Storm, karena pada kenyataannya kemampuan pengendalian cuaca miliknya telah menjadikannya seorang mutan ‘Omega Level‘. Di mana kemampuannya ini berlaku di mana saja, termasuk saat dia menurunkan hujan di Mars untuk menjadikan planet merah tersebut sebagai rumah baru para mutan.

Santa Claus

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Santa Claus sebenarnya eksis juga di Marvel Universe. Mesin Cerebro milik Professor X bahkan pernah mendeteksi keberadaan Santa pada suatu malam Natal dan menyebutnya sebagai mutan terkuat yang pernah ada. Dengan kemampuan yang setara sebagai mutan Omega Level, Santa bisa memanipulasi banyak hal. Termasuk memanipulasi materi, elemen, waktu, realitas, gravitasi, dan juga cuaca. Dengan kemampuan pengendalian cuacanya, Santa bisa memanggil hujan salju dan membuat malam Natal lebih indah di Marvel Universe.

Vlad Dracula

Sama seperti Santa, meskipun Vlad Dracula tidak terkenal sebagai karakter pengendali cuaca di Marvel Universe, tetapi faktanya dia mempunyai kemampuan hebat tersebut. Saat kedatangannya di Inggris beberapa abad lalu, dia telah membawa badai yang sangat dahsyat bersamanya. Kemampuanya ini bahkan memungkinkan dia untuk memanggil kabut yang sangat tebal untuk membingungkan musuhnya. Marvel sendiri menggambarkan kemampuan pengendalian cuaca Dracula setara dengan Storm dan juga Thor. Bedanya, setelah Dracula menggunakan kemampuannya, dia akan melemah untuk waktu yang lama.

Itulah 5 karakter tangguh Marvel yang terkenal sebagai pengendali cuaca. Eksistensi dari para karakter ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa di tangan yang tepat kemampuan untuk mengendalikan cuaca sangatlah luar biasa. Dengan kemampuan kombinasi untuk mengendalikan petir, hujan, kabut, dan angin, para karakter ini umumnya akan langsung bisa memanggil badai yang membuat siapa pun tidak tahan untuk melawan mereka. Dengan semua penggambaran ini setidaknya sekarang kita jadi tahu bahwa sebenarnya kemampuan pengendali cuaca tidak bisa kita anggap remeh.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.