Romansa dalam cerita anime merupakan sebuah elemen yang sering kali muncul, baik dengan porsi yang besar atau pun kecil termasuk sebuah hubungan terlarang. Bahkan, dalam cerita anak-anak seperti Doraemon sekali pun terdapat cerita romansa seperti bagaimana Nobita yang selalu berusah mendapatkan hati Shizuka. Dalam berbagai genre lainnya, cerita romantis memang jadi hal yang luar biasa.

Yang juga menarik adalah cerita romansa tersebut terkadang berhasil dibungkus dengan apik atau pun secara komedi. Semuanya tergantung dari serinya dan juga sang kreator. Namun, ada juga beberapa anime yang memang berani untuk menghadirkan adegan cinta yang seharusnya. Dalam hal ini, berbagai seri tersebut menghadirkan cinta terlarang dari dua karakter.

Romeo Montague dan Juliet Catapulet – Romeo X Juliet

Mengingat kedua karakter tersebut diadaptasi dari dua karakter populer karya Shakespeare, Romeo dan Juliet, rasanya tidak mengherankan jika hubungan mereka terlarang. Dalam seri animenya, Juliet Catapulet memiliki misi untuk menghentikan keluarga Montague yang berusaha untuk menguasai wilayah Neo Verona. Hal yang sama juga ternyata dilakukan oleh Romeo.

Dia ingin menghentikan upaya sang ayah untuk berkuasa. Inilah yang kemudian membuatnya menjalin hubungan cinta dengan Juliet. Seharusnya, mereka berdua adalah musuh karena kedua keluarga mereka. Bahkan, ayah Romeo sempat menghabisi sebagian besar keluarga Juliet. Sebenarnya, Juliet sendiri pada awalnya tidak mau menjalin hubungan dengan Romeo karena keluarganya. Namun, semua berubah setelah Romeo membuktikan jika dia berbeda dari keluarganya.

Simon dan Nia Teppelin – Tengen Toppa Gurran Laggan

Pasangan ini benar-benar banyak mengalami pasang surut dalam hubungan mereka yang mana para fans sendiri berharap akan ada akhir yang bahagia untuk keduanya. Dalam ceritanya, keduanya saling bertemu ketika mereka remaja. Hubungan mereka pun sangat dekat, di mana Nia membantu Simon menghadapi kesedihannya pasca kematian Kamina. Bahkan, mereka berdua juga saling bekerja sama dalam pertarungan.

Pasca timeskip, keduanya benar-benar saling jatuh cinta yang mana Simon pun kemudian melamar Nia. Namun, sayangnya, Nia kemudian berubah menjadi pembawa pesan Anti-Spiral dan menjadi musuh bagi umat manusia. Anti-Spirals sendiri memiliki misi untuk menghabisi umat manusia. Yang menyedihkan adalah Nia pada akhirnya kembali ke sosok normalnya dan membantu Simon di pertarungan akhir. Tetapi, itu artinya Simon tidak bisa lagi bertemu Nia.

Naho Takamiya dan Hiroto Suwa – Orange

Naho dan Hiroto harus menerima fakta jika pada masa depan sesuatu yang mengerikan akan terjadi. Mereka berdua harus memutuskan apa yang akan mereka lakukan demi mencegah masa depan buruk itu terjadi. Sebelumnya, Naho mendapatkan surat dari dirinya sendiri versi masa depan. Dalam suratnya tertulis jika tragedi mengerikan terjadi kepadanya dan juga teman Hiroto, Kakeru.

Naho dari masa depan kemudian mengatakan jika dia tahu bagaimana cara untuk mencegah hal itu terjadi. Namun, dia tidak mengungkapkan yang sebenarnya. Hiroto juga mendapatkan surat dari dirinya sendiri versi masa depan yang mengungkapkan jika dia dan Naho bisa menjalani masa depan bersama dengan membangun sebuah keluarga. Namun, mereka berdua harus memilih keputusan berat.

Jika keduanya ingin semuanya berjalan dengan normal dan semestinya, maka mereka akan menjalani hidup yang bahagia dengan catatan Kakeru tewas. Sebaliknya, jika Kakeru hidup maka artinya tidak ada kehidupan bahagia dari Naho dan Hiroto. Keputusan yang mereka ambil benar-benar memengaruhi orang-orang di sekitarnya.

Shirayuki dan Zen Wisteria – Snow White With The Red Hair

Hubungan cinta terlarang kedua karakter ini menghadirkan kisah klasik tentang drama perbedaan status sosial. Shirayuki adalah seorang gadis muda yang bekerja sebagai ahli tanaman yang lari dari kerajaan Tanbarun ketika pangeran di kerajaan itu ingin Shirayuki menjadi selirnya. Shirayuki pun kemudian bertemu dengan Zen, pangeran dari Clarines. Mereka bertemu setelah Shirayuki menyelamatkan Zen yang memakan apel beracun.

Shirayuki pun berlatih untuk menjadi sosok ahli obat-obatan di negara barunya. Dan keduanya kemudian saling jatuh cinta. Sayangnya, dengan status Zen yang merupakan seorang pangeran mencegahnya untuk bisa sering bertemu dengan sosok yang statusnya di bawah dia seperti Shirayuki. Keluarganya sendiri terus memaksa Zen untuk mencari sosok putri yang lebih pantas untuknya. Namun, Zen sendiri tahu jika hatinya hanya milik Shirayuki.

Saber dan Shirou Emiya – Fate/Stay Night

Hubungan antara Saber dan Shirou memang terlarang dan rumit karena faktanya mereka adalah pelayan dan tuannya. Shirou adalah seorang remaja yang bertarung dalam Pertempuran Suci Kelima (Fifth Holy Grail War), sedangkan Saber adalah seorang pelayan yang dianggap paling kuat dan tangguh. Saber jauh lebih kuat dari Shirou, namun justru Shirou berusaha untuk melindunginya dan mencegahnya bertarung dengan yang lain.

Hal tersebut justru membuat Saber kesal dan membuatnya berpikir jika mereka tidak akan pernah bisa menang. Meskipun Saber hanya seorang pelayan, namun dia tidak ragu menyuarakan pendapatnya. Di sisi lain, hal itu justru membuat hubungan mereka semakin kuat. Namun, mengingat Saber adalah Heroic Spirit dan Shirou adalah manusia menjadikan hubungan mereka terlarang.

Haruka dan Sora – Yosuga No Sora

Haruka Kasugano dan Sora Kasugano adalah sepasang kakak beradik yang harus menjalani kehidupan mereka di sebuah desa tempat kakek dan nenek mereka berada. Kedua orang tua mereka meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil. Mereka berharap dengan pindah ke rumah nenek dan kakek mereka, keduanya bisa membangun kembali kehidupan baru. Namun, faktanya, hal itu sulit.

Yang terjadi adalah Sora dan Haruka justru trauma dan terjebak dengan kejadian masa lalu. Bahkan, Sora sendiri sampai harus sakit-sakitan akibat trauma tersebut. Tetapi, yang jadi perhatian adalah bagaimana upaya mereka berdua untuk saling menenangkan satu sama lain. Keduanya pun tidak ragu untuk menjalin sebuah romansa, bahkan hubungan yang lebih jauh lagi, meskipun Sora dan Haruka tahu mereka adalah keluarga.

Kei dan Mizuho – Please Teacher!

Kei Kusanagi adalah seorang murid SMA yang memiliki sebuah “penyakit” di mana dia akan mengalami momen diam selama beberapa saat jika dia merasa tertekan atau stress secara emosional. Hal tersebut merupakan akibat dari peristiwa mengerikan yang terjadi sebelumnya, di mana dia menyaksikan sendiri kematian dari sang adik akibat bunuh diri. Dia pun kemudian pindah dan tinggal bersama paman dan tantenya.

Di sana, dia kemudian bertemu dengan seorang wanita cantik bernama Mizuho Kazami. Mizuho sendiri sebenarnya adalah alien yang dikirim ke bumi untuk mengamati dan mempelajari semua hal tentang bumi. Dia kemudian menyamar menjadi guru di kelas Kei berada. Hubungan romansa diantara keduanya pun akhirnya tidak terhindarkan.

Mavis Vermillion dan Zeref Dragneel – Fairy Tail

Karena kutukan yang ada, sangat mustahil bagi Mavis dan Zeref untuk bisa bersama. Semakin mereka mencintai satu sama lain dan mencintai kehidupan, maka semakin banyak juga orang-orang di sekitarnya yang tewas. Kutukan ini ternyata berasal dari Zeref, dan hal ini juga yang memutuskannya untuk menjauh dari Mavis. Zeref khawatir jika kutukan tersebut akan membunuh Mavis.

X-Best-Forbidden-Love-Romances-In-Anime-Mavis-Vermillion-And-Zeref-Dragneel-Fairy-Tail

Namun, kecintaan Mavis terhadap Zeref membuat dia memutuskan untuk mendapatkan kutukan juga. Suatu hari, mereka berdua saling berhubungan. Hal itu bukan menyebabkan Mavis hidup abadi, namun justru membunuhnya. Sihir dalam tubuh Mavis kemudian tersegel di dalam Lacrima. Meskipun Mavis masih bisa melihat apa yang terjadi, namun mereka berdua tidak bisa lagi bersama.

Meliodas dan Elizabeth – Seven Deadly Sins

Hubungan percintaan antara anak raja iblis dan seorang dewi rasanya memang jadi sebuah hubungan yang terlarang. Meliodas merupakan anak dari sang raja iblis, sedangkan Elizabeth merupakan seorang dewi di kehidupannya yang sebelumnya. Hubungan mereka mendapatkan pertentangan dari orang tua masing-masing. Sebagai hukumannya, Elizabeth harus terlahir kembali sebagai manusia secara terus-menerus.

X-Best-Forbidden-Love-Romances-In-Anime-Meliodas-And-Elizabeth-Seven-Deadly-Sins

Setiap kali dia tewas, maka semua ingatannya hilang. Bila ingatan tersebut kembali, dia akan tewas dalam tiga hari. Di sisi lain, Meliodas dikutuk untuk tidak bisa tewas. Hubungan percintaan yang terjadi diantara mereka terus-menerus terjadi dan mereka lakukan selama 3.000 tahun sampai kemudian pada akhirnya mereka berdua berhasil melepaskan kutukan tersebut.

Krillin dan Android 18 – Dragon Ball

Android merupakan robot humanoid ciptaan Dr. Gero dalam upayanya untuk membalas dendam Goku dan bumi. Dia menciptakan banyak android demi mewujudkan mimpinya itu, termasuk Android 18 dan 19. Mereka merupakan sepasang “kakak-beradik”, yang sempat memberikan teror terhadap bumi. Hal inilah yang membuat para Z Fighters berusaha menghentikan mereka, termasuk Krillin.

Pertarungan dan pertemuan yang Krillin lakukan dengan Android 18 pada akhirnya memunculkan benih cinta dalam dirinya. Dia bahkan meyakini jika dalam diri Android 18 masih ada kebaikan dan cinta. Krillin pun rela mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Android 18, yang mana hal ini membuat sang robot tersentuh. Pada akhirnya, mereka pun menikah dan memiliki seorang putri. Hubungan antara robot dan manusia seharusnya tidak pernah bisa terjadi.

Hubungan terlarang dalam seri anime seolah menjadi “bumbu” yang menarik yang muncul dalam ceritanya. Tidak jarang jika para penonton justru sangat menantikan dan mendukung hubungan terlarang yang teradi itu. Karena itulah, tidak heran jika hubungan terlarang tersebut sering muncul dalam dan menjadi salah satu elemen yang “menghibur.”

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.