Apakah ada kerja sama tersembunyi antara Shanks dan Monkey D. Garp di sepanjang seri One Piece? Dengan cerita yang sangat luas dan besar, One Piece sering kali menghadirkan alur cerita yang menarik dan epik. Tidak jarang juga mereka memunculkan cerita yang sangat memancing rasa penasaran para fans yang akhirnya hal itu melahirkan berbagai spekulasi.

Selain cerita yang ikonik, Eiichiro Oda juga sering memperlihatkan kompleksitas cerita yang didukung dengan berbagai karakter yang juga menarik di dalamnya. Hal ini pun terbukti dari adanya teori yang menyebutkan jika Garp dan Shanks kemungkinan memiliki koneksi rahasia. Bahkan, bukan hanya kedua karakter tersebut. Ada beberapa karakter lain yang juga saling terhubung satu sama lain.

Koneksi Para Karakter Penting

Dalam beberapa chapter terakhir Oda Sensei memenuhi janjinya untuk mengungkapkan berbagai misteri dan rahasia yang terjadi di dunia One Piece. Misalnya, kita sedikit mendapatkan informasi mengenai Kerajaan Kuno dan juga teknologi canggih yang mereka miliki. Dan juga, kita akhirnya tahu seperti apa wujud dari sosok Vegapunk, sang ilmuwan paling jenius di seluruh dunia.

Namun, jika Geeks perhatikan, sebenarnya semua karakter-karakter penting yang ada dalam seri One Piece saling terkoneksi atau saling mengenal satu sama lain. Contohnya, dalam chapter 1066 kemarin terungkap jika Vegapunk mengenal sosok Monkey D. Dragon. Bahkan, bukan hanya kenal, mereka merupakan teman lama. Vegapunk nampak sangat tahu dan paham tentang Dragon, bahkan dia tahu maksud dan tujuan Dragon.

Selain itu, baik Dragon atau pun Vegapunk sama-sama mengenal sosok Dr. Clover dari Ohara. Keduanya sangat marah dan kesal dengan apa yang World Government lakukan terhadap Ohara. Meskipun Vegapunk tidak ingin bergabung dengan Pasukan Revolusi – pada saat itu – namun, dia tetap mengingatkan Dragon tentang misi utamanya. Artinya, Vegapunk tahu apa yang ingin Dragon lakukan.

Selain kedua karakter itu, kita juga mengetahui jika sosok Kuzan mengenal Jaguar D. Saul, angkatan laut yang dianggap berkhianat karena membela penduduk Ohara. Dalam peristiwa 22 tahun lalu, Kuzan sempat membuat Saul membeku. Meskipun sempat dikira jika Saul sudah tewas, namun dalam chapter 1066 terungkap jika dia ternyata masih hidup dan kemungkinan bersembunyi di Elbaf.

Meskipun masih belum ada konfirmasi, ada kemungkinan para karakter-karakter tersebut – dan karakter lainnya – memiliki koneksi satu sama lain yang belum terungkap. Dalam teorinya sendiri, besar kemungkinan jika Oda mempersiapkan sebuah rencana besar yang melibatkan para karakter itu untuk menghadirkan sebuah cerita puncak yang epik dan fenomenal.

Kerja Sama Garp dan Shanks

Berbicara mengenai koneksi antar karakter, teorinya pun menyebutkan jika sosok Shanks dan Garp kemungkinan menjalin kerja sama tanpa kita sadari. Bagaimana bisa? Seperti yang Geeks ketahui, beberapa tahun yang lalu Shanks sempat datang ke desa Fusha untuk tinggal selama beberapa waktu. Desa Fusha bukanlah sebuah wilayah yang luas, artinya semua orang mengenal Shanks.

Garp sendiri meskipun jarang sekali pulang, namun rasanya mustahil jika dia tidak mengetahui keberadaan Shanks di kampung halamannya. Apalagi, Garp tahu jika ada Luffy dan Ace di wilayah tersebut. Jika Garp tidak tahu tentang kemunculan Shanks, rasanya posisinya sebagai wakil admiral patut dipertanyakan apalagi aktivitas Yonko selalu mendapatkan perhatian.

Logikanya, jika Garp mau, bisa saja dia menerjunkan armadanya untuk mengalahkan atau menghancurkan Shanks. Namun, faktanya, justru Garp tidak melakukan apa pun yang mana mungkin sudah ada kesepakatan yang terjadi sebelumnya dari kedua karakter ini. Rencana apa itu? Mungkin, rencana besar yang berkaitan dengan revolusi besar-besaran World Government.

Atau bisa jadi juga rencana lainnya, yang mana pada intinya berkaitan dengan penghancurkan sistem World Government. Fakta bahwa Garp tahu jika Luffy menjadi seorang bajak laut karena pengaruh dari sosok Shanks menjadi bukti nyata dari hal ini. Dan Garp sendiri menangis saat eksekusi Ace, di mana selain mungkin dia menyesali rencana besar yang dia buat, dia juga menyesal karena dia gagal menjalankan rencana itu.

Kerja Sama Dengan SWORD

Selain kerja sama antara Shanks dan Garp, dalam skala yang jauh lebih luas para karakter yang terlibat di atas mungkin saling terhubung dan menjalin kerja sama dengan organisasi rahasia SWORD. Dalam ceritanya SWORD adalah sebuah organisasi rahasia yang ada di markas pusat angkatan laut dan dipimpin oleh seorang mantan Admiral, yang juga salah satu anggota worst generation X Drake.

SWORD biasanya beroperasi secara diam-diam, melakukan penyamaran untuk mengawasi aktivitas dan pergerakan dari Yonko. Yang menarik dari SWORD adalah besar kemungkinan jika organisasi rahasia ini bergerak tanpa sepengetahuan dari World Government dan pihak angkatan laut sendiri. Tidak banyak juga orang yang tahu tentang aktivitas mereka, meskipun kemungkinan Gorosei menyadari tentang keberadaan mereka.

Hal ini terungkap saat salah satu agen CP0 mengatakan kepada X Drake, bahwa dia tahu tentang identitasnya yang asli. Artinya, pihak World Government – atau mungkin Cipher Pol – tahu tentang aktivitas mereka. Berbicara mengenai SWORD, sudah sejak lama para fans memprediksi tentang rencana besar mereka untuk menghadirkan perubahan besar di tubuh angkatan laut.

Sejalan dengan misi SWORD, kemungkinan para karakter di atas – Garp, Shanks, Drake, Dragon, Vegapunk – mereka mungkin juga terlibat dalam sebuah rencana besar untuk menggulingkan World Government. Bahkan, ada kemungkinan jika sebenarnya sejak awal seri One Piece dimulai para karakter ini sudah menjalankan rencana atau skema yang sudah mereka buat sejak lama.

Mereka tahu jika menghancurkan World Government bukan perkara mudah. Karena itulah, butuh perencanaan panjang dan matang sebelum kemudian mereka menghadirkan rencana puncak yang akan terjadi pada akhir serinya. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa rencana besar yang sudah mereka bentuk sejak lama tersebut daan seepik apa rencananya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.