Marvel Studios baru saja menayangkan The Guardians of the Galaxy Holiday Special di saluran streaming Disney+. Di salah satu adegan openingnya kita bisa melihat Star-Lord dimintai pendapat tentang lagu terkait ‘eksistensi Santa’ yang dinyanyikan oleh sebuah band alien di Knowhere. Hal ini memicu sebuah pertanyaan besar apakah Santa Claus eksis di semesta superhero seperti Marvel? Jawabannya iya, karena di Marvel Comics sendiri Santa dikenal sebagai mutant terkuat yang kehebatannya setara Omega Level Mutant. Seperti apa penggambarannya di Marvel Universe? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Santa Claus, Karekter Marvel Paling Misterius

Di dunia nyata, Santa adalah karakter misterius berpakaian merah yang hanya muncul setiap satu tahun sekali pada malam Natal. Sambil mengendarai rusa terbang, dia selalu membagikan hadiah kepada anak-anak baik yang percaya dengan keberadaannya. Faktanya, dasar kepercayaan tersebut ternyata berlaku juga di Marvel Universe. Bedanya penggambaran Santa Claus di semesta superhero ini dibumbui dengan elemen yang cukup relate dengan karakter Marvel lain. Yaitu statusnya sebagai seorang mutan yang keberadaanya sama misteriusnya dengan di dunia nyata.

Karakter Santa sendiri melakukan debutnya sebagai cameo pemilik mobil penuh keajaiban di komik Strange Tales #34 (1969). Di mana mobil tersebut membuat seorang karakter bernama Sammy Glenn mendapatkan pekerjaan impian di malam Natal. Sedangkan pengenalan karakternya sebagai mutan terungkap di komik Marvel Holiday Special (1991). Semuanya bermula saat mesin pendeteksi mutan, Cerebro, memperingatkan para anggota X-Men bahwa ada sosok mutant terkuat yang tiba-tiba muncul pada malam Natal. Dia tidak lain adalah Santa Claus yang tengah berada di Manhattan untuk membagikan hadiah.

Dalam prosesnya, ternyata tim supervillain Brotherhood of Evil Mutant juga mendeteksi anomali tersebut. Sama-sama penasaran dengan hal tersebut, para X-Men dan Brotherhood lantas bersaing untuk mengejar mutan terkuat tersebut dan akhirnya bertemu di Rockefeller Center, New York. Santa dengan cepat langsung mengubah para Brotherhood menjadi mainan untuk sementara waktu sekaligus memindahkan para X-Men ke tempat yang sangat jauh. Sebelum pergi, Santa menghapus semua ingatan tentangnya dari para mutan tersebut dan menghadiahi kota New York dengan hujan salju yang indah.

Ketika muncul sebagai sosok bernama Kris Kringle, Santa juga pernah bertemu dengan para superhero lain. Misalnya dengan Spider-Man saat dia tengah berkeliling kota New York pada malam Natal. Kemudian dengan Deadpool yang mengumpulkan banyak anak nakal untuk mengalahkan Santa. Dia juga bahkan pernah menggoda She-Hulk, sebelum dia diseret kembali ke Kutub Utara oleh istrinya. Semua hal tersebut Santa lakukan secara rahasia sampai-sampai tidak ada satu karakter pun yang mengingat pertemuan dengannya.

Kekuatannya Setara Omega Level Mutant

Saat Cerebro mendeteksi Santa sebagai mutan terkuat, banyak yang sepakat bahwa dia adalah seorang Omega Level Mutant, seperti Magneto, Storm, dan sebagainya. Di Marvel Universe, Omega Level Mutant sendiri adalah tingkatan yang disematkan pada mutan berkekuatan luar biasa. Hal tersebut selaras dengan Santa yang terbukti mempunyai kekuatan yang meliputi keabadian, memanipulasi waktu, memanipulasi realitas, teleportasi, telekinesis, telepati, mengendalikan cuaca, memanipulasi gravitasi, memanipulasi materi, dan kebal terhadap suhu ekstrem.

Dengan kekuatan yang nyaris mahakuasa ini cukup masuk akal jika Santa bisa membagikan banyak hadiah kepada anak-anak di seluruh dunia hanya dalam satu malam. Di mana kemampuan untuk memanipulasi materi dan gravitasinya memungkinkan dia untuk masuk dan keluar dari cerobong asap dengan mudah. Kemudian dengan teleportasi dan kemampuan untuk memanipulasi waktu, Santa bisa berkeliling dunia hanya dalam waktu singkat. Belum lagi dia mempunyai sekelompok elf dan rusa kutub yang siap membantunya untuk menyebarkan kebahagiaan di malam Natal.

Apakah Santa Eksis di MCU?

Meskipun tidak muncul secara langsung di tayangan GOTG Holiday Special, bukan berarti Santa tidak eksis di MCU. Seperti yang terjadi di Marvel Universe, Santa Claus juga bisa saja pernah bertemu dengan para karakter MCU, tetapi dia menghapus semua ingatan mereka. Misalnya Drax dan Mantis yang pergi ke Bumi di tayangan spesial kemarin, di mana mungkin mereka sudah pernah bertemu dengannya secara tidak sengaja, tetapi Santa menghapus ingatan mereka. Mengingat eksistensi mutan sudah lumrah di MCU, sebenarnya tidak aturan yang menolak teori tentang keberadaan Santa di semestanya.

Sekian pembahasan tentang Santa Claus yang eksis sebagai seorang mutan terkuat di Marvel Universe. Sepertinya akan sangat menarik jika suatu saat nanti Marvel Studios juga memperlihatkan sosok Santa sebagai cameo di MCU. Dengan begitu kita bisa melihat sehebat apa kekuatan Santa sebagai seorang mutan berkekuatan Omega. Bagi yang belum melihat GOTG Holiday Special, saat ini tayangannya sudah bisa kalian saksikan di saluran streaming Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.