Bagaimana seorang pengguna bangkitkan kekuatan buah iblis yang mereka miliki? Hal inilah yang masih menjadi pertanyaan besar di seri One Piece sampai sejauh ini. Awakening sendiri menjadi salah satu hal yang menarik dari buah iblis, selain kekuatan dahsyat yang penggunanya terima. Dan dalam ceritanya, kita melihat bagaimana mereka yang membangkitkan buah iblisnya akan berubah menjadi sosok yang jauh lebih mengerikan.

Awakening sendiri beberapa waktu lalu sempat menjadi bahan pembicaraan para fans, setelah trio Worst Generation – Luffy, Law, dan Kid – berhasil untuk membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Dan para fans sendiri meyakini jika Oda masih akan memperlihatkan awakening lainnya dari pengguna buah iblis. Lalu, bagaimana cara bangkitkan kekuatan buah iblis?

Apa Itu Awakening

Donquixote Doflamingo sempat memberikan penjelasan tentang hal ini, yaitu ketika seorang pengguna buah iblis berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya maka mereka akan memengaruhi sekitarnya. Buah iblis Doflamingo, Ito Ito no Mi, merupakan buah iblis berjenis Paramecia. Namun, saat berhasil dibangkitkan, kekuatannya mirip efek buah iblis Logia.

Namun, dalam arti yang lain awakening atau bangkitnya kekuatan buah iblis adalah ketika seorang pengguna buah iblis sudah mampu untuk menguasai secara penuh kekuatannya. Di sisi lain, mereka juga berhasil membangkitkan seluruh potensi dari buah iblis tersebut secara maksimal. Efeknya, pengguna buah iblis yang berhasil bangkitkan kekuatan buah iblisnya akan jadi luar biasa.

Bagaimana Cara Bangkitkan Buah Iblis

Sampai sejauh ini, Oda Sensei masih belum memberikan konsep yang konkret tentang bagaimana cara seseorang bangkitkan kekuatan buah iblisnya. Oda hanya memberikan penjelasan mengenai awakening tersebut melalui para karakter, misalnya melalui sosok Kaido. Menurut Kaido, bangkitnya kekuatan buah iblis terjadi ketika pikiran dan tubuhnya mampu untuk mengendalikan atau menguasai kemampuannya.

Hal ini memunculkan spekulasi bahwa awakening adalah sebuah proses alami, di mana bisa saja proses ini dipaksakan atau distimulasi. Dalam kondisi yang natural, buah iblis akan bangkit ketika semua hal yang dibutuhkan sudah mendukung, yaitu tubuhnya sudah cukup kuat untuk menyediakan energi dan mengendalikan kebangkitan tersebut. Namun untuk buah iblis tipe Zoan, mungkin ada elemen lainnya untuk bisa bangkit, yaitu tekad dari buah iblis tersebut.

Selain itu, syarat lainnya untuk bisa bangkitkan buah iblis adalah penggunanya sudah cukup lama memiliki kekuatan buah iblis tersebut. Contoh nyata dari hal ini adalah Doflamingo. Usianya saat ini diperkirakan adalah 41 tahun dan dia sudah memakan buah iblis Ito Ito no Mi sejak usianya masih 10 tahun. Artinya, Doflamingo sudah memiliki buah iblis tersebut selama 31 tahun.

Meskipun waktu mungkin memiliki peran penting untuk bisa membangkitkan kekuatan buah iblis, namun, seperti yang disebutkan di atas, bahwa itu bukanlah satu-satunya faktor. Pasalnya ada juga karakter yang sudah lama memiliki buah iblis, namun masih belum ada tanda-tanda dia sudah membangkitkan kemampuannya. Contohnya adalah Buggy si badut.

Kekuatan tekad juga mungkin memiliki peran untuk bisa membangkitkan kemampuan buah iblis. Ketika seseorang mampu menembus batas kekuatan mereka, maka bisa dipastikan mereka pun akan mengalami peningkatan atau membuka peluang baru dari kekuatan yang mereka miliki. Contoh nyata dari hal ini adalah Luffy, yang memiliki tekad kuat untuk mengalahkan Kaido.

Buah Iblis yang Sudah Awakening

Sejauh ini, memang sudah cukup banyak karakter di seri One Piece yang sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Dan dalam ceritanya, kita sudah diperlihatkan bagaimana kedahsyatan dari awakening buah iblis milik mereka. Contohnya adalah Kuzan, Sakazuki, Doflaminggo, Katakuri, Kaido, Big Mom, Law, Kid, dan terakhir adalah Luffy.

Meskipun seorang pengguna buah iblis sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya, ada catatan penting yang perlu diingat. Bangkitnya kekuatan buah iblis bukan jaminan seseorang bisa menang dalam sebuah pertarungan. Harus kita akui bahwa awakening buah iblis menghadirkan kontribusi besar dalam sebuah pertarungan. Namun, hal ini bukan jadi penentu atau menjamin sebuah kemenangan.

Ada banyak variabel atau faktor yang menentukan sebuah kemenangan dalam pertarungan. Lagipula, sudah ada beberapa bukti nyata bagaimana pengguna buah iblis yang bangkitkan kekuatannya justru mengalami kekalahan dalam pertarungan. Jadi, kesimpulannya bangkitnya kekuatan buah iblis bisa jadi salah satu faktor pendukung pertarungan. Namun, bukan jaminan seseorang akan meraih kemenangan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.