Pertama kali berdiri pada tahun 2008, MCU adalah jagat sinema live action superhero yang saat ini sangat digandrungi oleh para penggemar di seluruh dunia. Tanpa terkecuali di Indonesia yang peminatnya terbilang cukup banyak sampai-sampai banyak film MCU yang tayang lebih awal di Indonesia. Sampai saat ini dengan total 30 film, 8 serial, dan 2 tayangan spesial, waralabanya sendiri telah melibatkan banyak sekali aktor berbakat. Namun sadarkah kalian, dari sekian banyak bintang yang tampil di MCU, 5 di antaranya ternyata artis Indonesia. Siapa saja mereka? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Arief Muhammad dan Tiara Pangestika

Arief Muhammad merupakan selebritas Indonesia yang awalnya terkenal sebagai influencer Twitter sekaligus penulis buku Poconggg Juga Pocong. Pada tahun 2017, dia bersama istrinya yang bernama Tiara Pangestika, tiba-tiba muncul sebagai pemeran figuran di film garapan sutradara Taika Waititi, yaitu Thor: Ragnarok. Tiara sendiri adalah seorang influencer sekaligus YouTuber yang cukup terkenal di kalangan milenial. Di MCU, pasangan artis daring asal Indonesia ini berperan sebagai rakyat Planet Sakaar yang mengidolakan Hulk sebagai gladiator, sebelum akhirnya dia kalah oleh Thor di pertarungan arena.

Ray Sahetapi

Artis Indonesia pertama yang sempat terlibat dalam proyek MCU adalah Ray Sahetapy. Tepatnya di Captain America: Civil War (2016), yang bercerita tentang konflik Avengers. Ray sendiri adalah aktor yang mulai terkenal di kancah internasional setelah menjadi antagonis di The Raid. Sayangnya, setelah melakukan syuting bersama pemeran Baron Zemo, David Bruhl, adegan Ray dihapus dari filmnya. Menurut sutradara Joe Russo, mereka terpaksa menghapus adegan Ray karena karakternya sebagai juru lelang telalu menonjol. Walaupun begitu dia berharap suatu hari nanti bisa kembali bekerja sama dengan Ray.

Dallas Liu

Mungkin tidak banyak penggemar MCU yang tahu bahwa ada artis keturunan Indonesia yang terlibat di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Dia adalah Dallas Liu, aktor Amerika yang merupakan keturunan Tiongkok-Indonesia. Di film garapan Dustin Daniel Cretton ini dia berperan sebagai adik Katy yang bernama Ruihua Chen. Penampilannya bisa kita lihat ketika Shang-Chi berkunjung ke rumah Katy, di mana ikut menyantap makan bersama Ruihua dan ibu Katy, Mrs. Chen. Menurut penjelasan filmnya, karakter dari Dallas ini termasuk orang yang selamat dari Thanos Snap.

Topo Wresniwiro

Raden Topo Wresniwiro adalah artis Indonesia kelahiran Semarang yang berperan sebagai Master Hamir di MCU. Pertama kali muncul di film Doctor Strange (2016), karakter Topo sempat dikira sebagai Ancient One karena penampilannya mirip seperti versi komiknya. Faktanya, dia adalah salah satu guru yang melatih Mystic Art di Kamar Taj. Topo kembali mengulang perannya di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022). Sayangnya, di film garapan sutradara Sam Raimi tersebut Hampir diceritakan tewas di tangan Scarlet Witch yang menyerang Kamar Taj dengan kekuatan chaos magic-nya.

Itulah 5 artis Indonesia yang pernah terlibat di proyek MCU. Terlepas dari apakah mereka akhirnya tampil di adegan finalnya atau tidak, tetapi keberadaan mereka telah membuat MCU lebih beragam. Menariknya, selain Master Hamir dari Topo, karakter lainnya masih berpotensi untuk muncul kembali pada masa depan MCU. Misalnya karakter juru lelang dari Ray yang bisa muncul kapan saja di MCU. Begitu juga Dallas Liu yang kemungkina besar akan kembali sebagai Ruihua di kisah Shang-Chi selanjutnya. Atau mungkin akan ada artis Indonesia lain yang muncul pada masa depan MCU. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.