Siapa yang tidak mengenal Superman? Karakter dari DC Comics ini terkenal dengan kekuatannya. Dia diberkahi berbagai macam kekuatan super seperti kekuatan fisik, heat vision, indra pendengaran tajam, dan kemampuan terbang. Dengan semua kemampuan tersebut, dia dijuluki sebagai Man of Steel, karena hanya segelintir karakter saja yang mampu mengalahkannya.

Sepanjang kisahnya di DC Comics, Superman memang digambarkan sebagai superhero yang siap melawan ancaman di Bumi. Tetapi siapa sangka bahwa DC Comics juga pernah menghadirkan Superman evil alias jahat, yang malah membahayakan eksistensi Bumi. Berikut adalah para Superman jahat dari DC Comics. Siapa saja?

Super-Killer (Earth-1)

Sejak awal, Superman memang selalu diceritakan sebagai rekan Batman di Justice League. Mereka berdua sudah sering beraksi menghadapi banyak villain secara bersama. Tetapi kisah Batman: The Devastator menceritakan hal sebaliknya. Dalam komik tersebut, Superman bertransformasi menjadi sosok mengerikan. Dia membunuh banyak manusia dan membuat kehancuran masif di Bumi. Parahnya, Superman membunuh Lois Lane yang merupakan pujaan hatinya.

Sadar bahwa Superman berubah drastis, Batman pun turun untuk menginvestigasi tentang apa yang terjadi. Ketika mulai menginterogasi Superman, Superman mengaku bahwa selama ini dia berpura-pura menjadi baik agar orang-orang di Bumi mulai mempercainya sebagai pahlawan. Dan setelah Batman mengetahui hal tersebut, diapun mencoba melawan Superman dan berhasil membunuhnya.

Ultraman (Earth-3)

Ultraman adalah versi Superman yang datang dari Earth-3. Dalam universe tersebut, para superhero yang kita kenal memang menjadi jahat, sementara para villain berubah menjadi baik. Untuk Ultraman, dia adalah seorang penguasa jahat yang menguasai Bumi. Dalam kisah Forever Evil, Ultraman memimpin sebuah tim supervillain bernama Crime Syndicate, di mana mereka sudah banyak menciptakan kehancuran di Bumi. Bisa dibilang Crime Syndicate adalah Justice League versi jahat.

Sejak berkuasa di Bumi, Ultraman ingin mengendalikan semuanya. Dia tidak segan-segan membunuh siapapun yang menghalangi jalannya. Nah jika Superman biasa memiliki kelemahan terhadap Kryptonite, Ultraman justru tidak memiliki kelemahan. Jika Ultraman didekatkan kepada Kryptonite, justru dia akan semakin kuat. Oleh sebab itulah Ultraman juga menjadi salah satu versi Superman paling kuat di DC Comics.

Superman Injustice (Earth-22)

Superman evil alias jahat berikutnya datang dari Earth-22. Mungkin sebagian dari Geeks sudah mengetahui versi Superman ini, yaitu Superman dari komik Injustice. Yap, dalam universe ini, Superman menjadi jahat akibat ulah Joker. Joker berhasil membuat Superman masuk ke dalam jebakannya, sehingga membuat Superman membunuh Lois Lane dan anak-anaknya yang masih dikandungan. Selain itu, Joker juga berhasil membuat Superman menghancurkan Metropolis. Setelah mengetahui tipu daya Joker, Superman pun lantas membunuhnya dengan keji.

Walau tewas, Joker berhasil membuktikan diri sebagai sosok berpengaruh yang melahirkan Superman yang kejam dan paranoid. Saat itulah Superman menjadi sosok diktator yang membuat bumi menderita. Sejak itu Superman akan membunuh siapapun yang menghalanginya. Bahkan Superman bersedia membunuh Arrow dan Batman, rekan lamanya.

Superman Apokolips (Earth-1198)

Superman Apokolips memiliki kisah yang berbeda dari Superman biasa. Jika Superman biasa mendarat di bumi saat dirinya masih bayi, lain cerita dengan Superman Apokolips. Ketika itu, Superman Apokolips malah mendarat di sebuah planet bernama Apokolips, tempat Darkseid berkuasa. Di planet itulah Superman mendapat pelatihan dari Darkseid, untuk menjadi petarung yang luar biasa di semesta. Sudah banyak kematian dan kehancuran masif yang disebabkan oleh Superman Apokolips.

Nah dalam cerita komiknya, pernah diceritakan bahwa Apokolips kehilangan pemimpin mereka yaitu Darkseid. Dan setelah kematian Darkseid, Superman lantas terpilih sebagai pemimpin baru di planet yang terkenal dengan kekejamannya tersebut

Super-Zombie (DCeased)

Superman yang satu ini mungkin yang paling berbeda dengan versi Superman lainnya dalam daftar ini. Bagaimana tidak? Superman ini adalah mayat berjalan. Ia muncul dalam komik DCeased, yang mirip seperti komik Marvel Zombies. Dalam komik tersebut, diceritakan bahwa ada tragedi tragis yang membuat banyak orang akhirnya menjadi zombie, termasuk superman.

Superman versi zombie alias Super-Zombie pernah mengalahkan beberapa zombie lainnya, seperti zombie Flash yang tubuhnya dihancurkan dengan cara ditembus. Selain itu Super-Zombie pernah melahap banyak superhero dan manusia lain. Itulah sebabnya Super-Zombie dianggap sebagai Superman paling berbahaya, karena dia tidak segan untuk menghabisi orang-orang di sekitarnya.

Itu dia Geeks beberapa evil Superman yang eksis di DC Universe. Banyak yang berharap jika nanti mereka bakal segera melakukan debut live actionnya di DCU, mengingat saat ini franchisenya masih terus berkembang. Kita tunggu aja ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/