Terdapat beberapa kapal terkuat yang ada di dunia One Piece yang digunakan oleh para bajak laut hebat untuk mengarungi lautan. Seorang bajak laut tidak akan menjadi bajak laut tanpa kehadiran kapal yang digunakan untuk berpetualang melintasi samudera. Hal ini juga diterapkan dalam cerita One Piece, seri manga dan anime karya Eiichiro Oda yang bertema bajak laut.

Oda Sensei banyak menghadirkan kapal-kapal menarik dalam ceritanya, mulai dari kapal biasa bahkan sampai kapal legendaris. Kapal-kapal tersebut memiliki ukuran yang beragam. Ada yang kecil, sedang, bahkan besar. Masing-masing kapal memiliki kehebatan dan keunikan sendiri. Namun, harus diakui jika beberapa kapal ini dianggap sebagai kapal terkuat di seri One Piece. Apa saja?

Thousand Sunny

Thousand Sunny adalah kapal kedua yang digunakan oleh kelompok Topi Jerami setelah Going Merry untuk perjalanan menuju Laugh Tale. Franky adalah sosok yang membuat Thousand Sunny. Dia membuatnya dari awal sampai kapal tersebut selesai dan siap digunakan dengan menggunakan kayu paling langka di dunia yaitu mustika adam. Dan ini juga adalah bahan yang digunakan untuk kapal Oro Jackson.

Thousand Sunny adalah sebuah kapal berjenis Brigantine Sloop yang mana selain Franky, kapal ini juga mendapatkan bantuan dari Iceburg, Yokuzuna, dan para pekerja di Galley-La Company. Secara ukuran, ukuran Sunny dua kali jauh lebih besar dari Going Mery. Fasilitasnya pun sangat lengkap disertai dengan berbagai senjata mengerikan. Contohnya adalah meriam gaon yang terletak di bagian mulutnya.

Perfume Yuda

Kapal bajak laut suku Kuja – penghuni pulau Amazon Lilly – yaitu Perfume Yuda adalah salah satu kapal perang yang sangat unik. Kapal ini merupakan salah satu kapal yang berhasil melintasi Calm Belt – sebuah wilayah yang tidak terdapat angin dan berisi monster raksasa – dengan sangat mudah. Keunikan kapal ini terletak pada hiasan dan ukiran berupa dua sosok ular di kedua sisi kapal.

Kedua ular tersebut secara visual mampu menarik perhatian banyak orang. Dengan adanya ukiran atau ornamen ini, rasanya akan sangat mengintimidasi lawannya dengan penampilan yang mengerikan. Kapal ini sering kali digunakan oleh Hebihime atau sang ratu ular, sekaligus penguasa Amazon Lilly, Boa Hancock, untuk pergi ke berbagai tempat. Misalnya ketika pergi ke Marineford atau Impel Down.

Island Ship

Island Ship, seperti namanya, adalah sebuah daratan pulau yang kemudian disulap menjadi kapal laut. Uniknya, kapal ini tidak berada di laut melainkan terbang di angkasa. Kapal ini sengaja didesain khusus untuk salah satu bajak laut legendaris, Shiki the Golden Lion. Dengan kemampuan yang tidak biasa ini, wajar jika Island Ship menjadi salah satu kapal terkuat dalam cerita One Piece.

Kemampuan kapal ini untuk terbang tidak terlepas dari kemampuan buah iblis Shiki, Fuwa Fuwa no Mi, di mana penggunanya bisa membuat benda apa pun terbang atau melayang. Bukan hanya bisa terbang, kapal ini juga mampu memberikan ancaman bagi siapa pun di lautan. Ukuran dari kapal ini juga sangat luar biasa, sehingga baik untuk menyerang dan bertahan semuanya bisa seimbang.

Queen Mama Chanter

Queen Mama Chanter adalah kapal yang digunakan oleh kelompok bajak laut Big Mom, salah satu mantan empat penguasa lautan. Menjadi kapal yang digunakan oleh mantan Yonko, tentunya masuk akal jika Queen Mama Chanter menjadi salah satu kapal terkuat di seri One Piece. Queen Mama Chanter sendiri sudah pernah mengarungi lautan yang terganas sekali pun tanpa mengalami kerusakan.

Mengenai kemampuan serangannya, Queen Mama Chanter diyakini lebih dari cukup untuk bisa menghadapi kapal milik angkatan laut. Yang unik adalah sama halnya dengan semua benda atau apa pun yang berada di bawah kekuasaan Big Mom, Queen Mama Chanter juga adalah kapal yang memiliki kenyamanan tinggi. Kapal ini juga pernah berhasil menghancurkan kapal milik Fishter Tiger dalam satu kali serangan.

Thriller Bark

Thriller Bark merupakan sebuah kapal milik kelompok bajak laut yang dipimpin oleh Gecko Moria. Ini merupakan kapal bajak laut terbesar di seluruh serinya. Sama seperti kapal milik Shiki, Thriller Bark sendiri bisa dibilang merupakan pulau bergerak, yang kemudian disulap menjadi sebuah kapal bajak laut. Berbeda dengan kapal laut lain, Thriller Bark tidak pergi kemana-mana dan sering kali muncul di wilayah Florian Triangle.

Sebenarnya, dari segi kekuatan serangan, Thriller Bark tidak didesain untuk bertempur. Tidak ada meriam atau apa pun yang terlihat sejauh ini. Kapal Thriller Bark sepertinya sengaja di desain untuk menjebak bajak laut lain agar masuk dalam perangkap mereka, seperti yang terjadi kepada Luffy sebelumnya. Dengan ukurannya yang besar, rasanya kapal ini akan sangat sulit dihancurkan.

Oro Jackson

Oro Jackson adalah sebuah maha karya yang luar biasa dari seorang ahli kapal legendaris dari Water Seven, Tom. Kapal ini sendiri dibangun dari material yang tidak biasa, yaitu kayu mustika Adam. Mengapa material ini istimewa, selain karena materialnya bisa dibilang material nomor satu dan tahan terhadap apapun, kayu dan pohon ini juga sangat langka.

Bahkan, disebutkan pohon Adam sendiri hanya ada beberapa buah dan baru bisa digunakan setelah 3000 tahun. Selain materialnya yang kuat, Oro Jackson juga dilengkapi oleh persenjataan yang mumpuni. Oro Jackson sejauh ini menjadi satu-satunya kapal yang sudah berhasil melintasi seluruh Grand Line dan tiba di Laugh Tale. Berdasarkan hal tersebut, wajar jika Oro Jackson jadi salah satu kapal terkuat di seri One Piece.

Pluton

Oda Sensei sebelumnya sudah memperkenalkan konsep Senjata Kuno, yaitu tiga senjata terkuat di seri One Piece. Sejauh ini, baru dua Senjata Kuno yang diketahui bentuknya yaitu Poseidon dan Pluton. Jika Poseidon adalah seorang putri duyung, yaitu Shirahoshi, maka Pluton ternyata memiliki bentuk kapal, tepatnya kapal perang. Memang belum diketahui banyak apa yang bisa dilakukan oleh Pluton.

Namun, berdasarkan informasi yang ada Pluton mampu menghancurkan sebuah pulau atau daratan hanya dengan satu serangan. Pluton sendiri saat ini berada di bawah gunung Fuji, di wilayah Wano. Yang menarik adalah untuk mengaktifkan Pluton, maka artinya perbatasan Wano harus dibuka. Dan itu artinya, seluruh gunung dan juga air terjun yang mengelilingi akan hancur. Kemungkinan, ukuran dari Pluton benar-benar masif.

Mengarungi lautan yang ganas dan mengerikan di dunia One Piece memang membutuhkan kapal yang kuat dan dahsyat. Jika sembarangan membentuk kapal, bukan tidak mungkin mereka akan hancur di tengah lautan. Namun, beberapa contoh kapal di atas jadi bukti bahwa ada kapal tangguh yang sanggup untuk mengarungi lautan besar dan luas serta ganas di dunia One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.