Marvel Studios baru saja merilis tayangan The Guardians of the Galaxy Holiday Special di saluran streaming Disney+. Tayangan yang digarap oleh James Gunn ini bercerita tentang upaya Mantis yang ingin menjadikan Kevin Bacon sebagai hadiah Natal untuk Peter Quill alias Star-Lord. Meskipun prosesnya berantakan, tetapi pada akhirnya Bacon bersedia menghabiskan malam Natal bersama orang-orang di Knowhere. Dalam salah satu adegannya, terungkap juga bahwa alasan Mantis mau repot menyiapkan semuanya adalah karena dia dan Star-Lord bersaudara. Benarkah? Simak faktanya di bawah ini, Geeks!

Drax Mengetahui Rahasia Mantis

Beberapa hari lalu, Disney+ merilis episode terbaru Marvel Studios Legends yang bercerita tentang karakter Mantis di MCU. Episode Mantis tersebut memperlihatkan salah satu adegan yang dihapus dari film Guardians of the Galaxy Vol. 2. Di mana Mantis bercerita kepada Drax bahwa dia adalah adik Star-Lord. Sekarang, di GOTG Holiday Special, hal tersebut kembali disinggung oleh Mantis. Menurutnya sebagai adik yang baik dia harus bisa menghibur kakaknya yang telah lama tidak merayakan Natal karena dilarang oleh Yondu. Dari sinilah muncul ide nyeleneh Drax untuk menjadikan Bacon sebagai hadiah.

Sebelum mereka berdua pergi ke Bumi, Drax sempat bertanya mengapa Mantis tidak mau memberitahu Star-Lord bahwa dia juga anak Ego the Living Planet. Mantis mengatakan bahwa dia takut kakaknya mengingat kembali kenangan pahit tentang ayahnya yang membunuh ibunya, dan akhirnya malah membenci dirinya. Walaupun begitu, setelah mereka semua menghabiskan malam Natal bersama di Knowhere, akhirnya Mantis memberanikan diri untuk jujur kepada Star-Lord. Menariknya, ternyata Star-Lord membalasnya dengan mengatakan “kamu adalah hadiah Natal terindah.”

Benarkah Mantis Anak Ego?

Meskipun Star-Lord dan Mantis akhirnya sepakat bahwa mereka memang bersaudara. Sekarang, pertanyaanya benarkah Mantis anak kandung Ego? Di film GOTG 2 pernah diceritakan bahwa saat Mantis masih berbentuk larva, dia sempat hidup sebagai anak yatim piatu, sebelumnya akhirnya Ego datang dan membawanya. Sejak saat itulah dia tinggal bersamanya, di mana Ego menyuruh Mantis menggunakan kemampuannya untuk menenangkan pikirannya yang kacau karena tidak kunjung menemukan Star-Lord.

Meskipun tidak diceritakan secara gamblang bahwa Mantis adalah anak kandungnya, tetapi Ego sendiri mengakui bahwa dia memang ayah Mantis. Alasan mengapa dia baru mengambilnya setelah Mantis sempat menjadi anak yatim piatu adalah karena kisah ibunya sama seperti ibu Star-Lord. Di mana Ego sama-sama meninggalkan mereka sendirian dalam keadaan mengandung, sampai akhirnya meninggal dunia karena penyakit yang juga ditanamkan juga oleh Ego. Jadi dari sini sudah bisa kita simpulkan bahwa mereka memang benar-benar saudara dari ayah yang sama.

Tidak Bersaudara di Marvel Comics

Meskipun hubungan persaudaraan Star-Lord dan Mantis menjadi tambahan yang menarik untuk MCU, ternyata di komiknya mereka bukanlah kakak beradik. Alasannya sangat sederhana, karena di Marvel Comics sendiri mereka memang bukan anak Ego the Living Planet. Mantis adalah anak dari pasangan manusia bernama Gustav Grant dan Lua Grant, yang kemudian menjadi subjek eksperimen Kree sampai akhirnya menjadi seperti sekarang. Sedangkan Star-Lord adalah anak dari pangeran Planet Spartax bernama J’Son dan wanita Bumi bernama Meredith Quill.

Walaupun begitu, mereka masih menjalin hubungan yang cukup dekat di komiknya. Di mana Star-Lord adalah orang pertama yang merekrut Mantis saat mendirikan Guardians of the Galaxy. Star-Lord bahkan menunjuknya untuk menjadi konselor grup, yang anggotanya terdiri dari Drax, Gamora, Quasar, Rocket Raccoon, Adam Warlock, dan Groot. Setelah Star-Lord diceritakan tewas di Cancerverse saat melakukan misi bersama para Guardians, Mantis memutuskan untuk meninggalkan tim. Alasannya karena dia ingin melupakan semua kesedihan yang disebabkan oleh kematian Star-Lord dan anggota lain.

Itulah pembahasan tentang fakta hubungan Star-Lord dan Mantis. Meskipun di komiknya mereka tidak bersaudara, pengungkapannya di MCU sepertinya malah membuat banyak penggemar senang. Karena dengan begitu, sekarang hubungan antara para anggota Guardians of the Galaxy menjadi jauh lebih dekat, khususnya bagi Mantis dan Star-Lord yang sebelumnya tidak terlalu dekat. Bagaimana menurut kalian, Geeks?