Eiichiro Oda ternyata sudah memperkenalkan beberapa dewa yang ada di dunia One Piece dalam ceritanya. Disadari atau tidak ternyata Oda sudah memperkenalkan berbagai dewa-dewa tersebut bahkan sejak awal serinya. Dalam arc Wano Country, sempat disinggung bahwa di dunia One Piece terdapat sosok dewa matahari yaitu Nika. Dia menjadi sumber kekuatan dari buah iblis yang Luffy miliki sekarang.

Namun, jika kita menilik ke belakang sebenarnya Oda sempat memperkenalkan dewa-dewa lainnya yang ada di dunia One Piece. Hal ini bisa kita lihat di arc Skypiea atau arc Pulau Langit. Ketika penduduk pulau tersebut hendak melaksanakan sebuah ritual, seorang dukun sempat menyebutkan beberapa nama-nama dewa. Mereka adalah dewa hujan, dewa hutan, dan dewa bumi. Yang menarik, terdapat spekulasi jika kekuatan para dewa tersebut memiliki koneksi dengan sebagian karakter lain seperti halnya Luffy. Lalu, siapa saja mereka?

Dewa Bumi – Im atau Blackbeard

Ada dua karakter yang mungkin memiliki titel sebagai Dewa Bumi, yaitu Blackbeard dan Im. Blackbeard adalah sosok paling kuat di dunia saat ini, dengan dua kekuatan buah iblis di tangannya. Dia memiliki Yami Yami no Mi dan Gura Gura no Mi. Kekuatan dari buah iblis Yami Yami sama kuatnya seperti buah iblis Nika. Salah satu buktinya adalah dia mampu menetralkan kekuatan buah iblis lain.

Kemudian berbagai kekuatan lainnya seperti manipulasi gravitasi juga bisa menjadi poin pertimbangan mengapa Blackbeard adalah Dewa Bumi. Dengan menggunakan buah iblisnya, dia bisa menarik apa pun ke dalam kegelapan yang dia ciptakan. Mungkin ini juga alasan mengapa kemudian dia bisa memiliki dua buah iblis. Belum lagi dia bisa menciptakan Tsunami berkat Gura Gura miliknya. Intinya, masih banyak misteri terkait kekuatan Blackbeard.

Kemudian, selanjutnya adalah Im. Im merupakan pemimpin tertinggi di World Government yang mana rasanya tidak heran jika kemudian dia memiliki kekuatan dahsyat. Bahkan, dalam cerita sendiri kita melihat Gorosei pun berlutut di hadapannya. Sayangnya, sampai saat ini masih belum ada sama sekali informasi yang Oda hadirkan mengenai sosok Im tersebut. Hal inilah yang kemudian memunculkan berbagai teori tentang Im di kalangan fans.

Salah satu teori yang cukup menarik adalah bahwa Im mampu menciptakan atau membuat Red Line dan membagi lautan terbagi menjadi empat Blues. Berkat kekuatan inilah Mary Geoise bisa terbangun dan Red Line menjulang tinggi di lautan. Sebagian fans memperkirakan bahwa hal tersebut adalah hasil dari Senjata Kuno. Namun, bagaimana jika semua itu dilakukan oleh Im dengan bantuan buah iblis Dewa Bumi yang dia miliki?

Dewa Hujan – Monkey D. Dragon

Nama Dragon saat ini sedang menjadi perhatian para fans di chapter terbaru pulau Egghead. Pasalnya, setelah sekian lama akhirnya dia dan Pasukan Revolusi mulai banyak terlibat dalam cerita. Dragon merupakan sosok yang paling buron di seluruh dunia, terutama oleh pihak angkatan laut dan World Government. Sayangnya, Oda Sensei masih belum memberikan informasi apa pun terkait dengan Dragon.

Kita tidak tahu alasan mengapa dia jadi karakter paling buron, serta kita tidak tahu seberapa kuat Dragon dan apakah dia pengguna Haki atau pengguna buah iblis. Yang menarik adalah setiap kemunculannya di mana pun selalu ada badai dan hujan muncul. Misalnya, ketika Dragon terlihat di Loguetown untuk pertama kalinya di seri One Piece.

Hal ini pun memancing para fans untuk berspekulasi jika Dragon kemungkinan memiliki kekuatan buah iblis, khususnya yang berkaitan dengan cuaca. Di sisi lain, petunjuk itu juga memberikan spekulasi lain bahwa ada kemungkinan Dragon memiliki kekuatan dari Dewa Hujan yang bisa jadi berasal dari kekuatan buah iblis miliknya. Mengapa? Karena, sejauh ini, tidak ada karakter lain yang selalu memancing hujan di setiap kemunculannya.

Dewa Hutan – Admiral Aramaki

Setelah sebelumnya Aramaki alias Green Bull hanya muncul sebagai siluet, akhirnya sosoknya muncul di chapter 1053 kemarin. Kemunculan admiral Aramaki ini menjadi perhatian para fans, karena Oda akhirnya memberikan sedikit informasi tentang sosoknya. Seperti yang kita ketahui bahwa Aramaki tahan untuk tidak makan selama tiga tahun. Ternyata hal itu ada kaitannya dengan buah iblis yang dia miliki.

Dibandingkan dengan para karakter di atas yang masih sekedar spekulasi, sosok Aramaki mungkin adalah karakter yang paling jelas dengan kemungkinannya sebagai Dewa Hutan. Mengapa? Hal ini bisa kita lihat dari kekuatan buah iblis yang dia miliki. Dalam chapter 1053 terungkap bahwa buah iblis Aramaki adalah Mori Mori no Mi. Buah iblis berjenis Logia ini memberikan kekuatan kepada penggunanya untuk bisa mengendalikan atau berubah menjadi hutan atau tanaman.

Kemampuan buah iblisnya bisa kita lihat di chapter 1052 sampai 1055 kemarin, di mana contoh kekuatannya adalah tubuh Aramaki bisa berubah menjadi pohon besar. Dia juga bisa menumbuhkan tanaman yang ada di sekitarnya, serta menyerap cairan. Dengan kekuatan hutan yang dia miliki, rasanya tidak berlebihan jika terdapat spekulasi bahwa dialah yang merupakan sosok dari Dewa Hutan.

Dewa Matahari – Monkey D. Luffy

Untuk yang satu ini juga mungkin Geeks semua sudah mengetahuinya berdasarkan apa yang terungkap dalam ceritanya. Setelah membangkitkan kekuatan buah iblisnya pasca tidak sadarkan diri saat menghadapi Kaido, Luffy kemudian menyadari tentang kekuatan asli buah iblisnya. Buah iblis ini ternyata mampu memberikan Luffy kekuatan dahsyat yang kita lihat dalam Gear 5.

Meskipun untuk sejauh ini Luffy adalah sosok “dewa” pertama yang terkonfirmasi di serinya, kemampuan penuh dari sosoknya masih misterius. Menurut Gorosei, buah iblis Nika memiliki kekuatan “paling mengerikan” dari semuanya. Dan kita pun sudah melihat bukti dari hal tersebut dalam pertarungan melawan Kaido. Misalnya, ketika tubuh Luffy berubah menjadi sebesar pulau Onigashima tanpa menghancurkan tulang dan tubuhnya.

Dia juga bahkan bisa memegang petir dan melakukan hal luar biasa lainnya. Gorosei juga menjelaskan bahwa hampir tidak ada batasan kekuatan dari buah iblis ini. Semuanya tergantung pada kekuatan imajinasi dari Luffy atau sang pengguna. Selama imajinasinya terus ada, maka dia akan jadi sosok yang tidak terkalahkan dan tidak terhentikan.

Fakta yang terungkap mengenai keberadaan sosok dewa lainnya dalam cerita One Piece, tentunya menarik karena sebagian besar fans One Piece tidak menduga hal ini. Para fans juga tidak menduga bahwa para dewa akan memiliki “peran” yang sangat penting di ceritanya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah akan ada informasi lainnya mengenai para dewa ini.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/