Spider-Man: Across the Spider-Verse adalah sekuel mendatang dari film animasi sukses Into the Spider-Verse, yang bercerita tentang petualangan Miles Morales sebagai Spidey. Beda dari film pertamanya, produser Phil Lord telah mengonfirmasi bahwa film Spider-Verse 2 ini nanti akan berlangsung di 6 universe alternatif yang mempunyai gaya animasi sendiri. Di mana Miles akan melakukan penjelajahan multiverse bersama Spider-Gwen dan Spider-Totem lainnya. Sejauh ini setidaknya sudah ada 4 universe yang telah dikonfirmasi, dengan 2 universe lainnya yang masih bersifat teori. Apa saja? Mari kita bahas, Geeks!

Earth-1610

Berdasarkan apa yang terlihat di trailer perdana Spider-Verse 2, sebelum mengeksplorasi universe alternatif, Miles (Shameik Moore) akan lebih dahulu melakukan aktivitasnya di universe-nya sendiri. Yang tidak lain adalah Earth-1610 atau yang dikenal juga sebagai Ultimate Universe di Marvel Comics. Di film pertamanya diceritakan bahwa di universe ini Peter Parker mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Brooklyn dari Super-Collider. Sejak saat itulah Miles menjadi penerusnya sebagai Spider-Man baru. Di filmnya, Earth-1610 digambarkan sebagai universe yang kental dengan musik hip hop dan gambar graffiti.

Marvel 2099

Universe alternatif berikutnya yang sudah terkonfirmasi melalui trailer Spider-Verse 2 adalah Marvel 2099. Universe masa depan ini adalah tempat asal bagi Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099 (Oscar Isaac) yang aktif sebagai superhero di kota futuristik yang disebut Nueva York. Nantinnya Miles akan diceritakan tidak sengaja masuk ke universe Marvel 2099 dan bertemu dengan Spidey 2099 yang menyangkanya sebagai musuh. Masih belum jelas bagaimana Miles akan menyelesaikan kesalahpahamannya dengan Spidey 2099, yang pasti nantinya mereka akan bersekutu untuk melawan supervillain bernama Spot.

Home to Spider-Gwen

Mengingat Gwen (Hailee Steinfeld) akan kembali memainkan peran penting di film kedua Miles, karakter yang mengklaim dirinya sebagai Spider-Woman ini tampaknya akan mengajak love interest-nya tersebut ke universenya, yaitu Earth-65. Sering disebut juga dengan Home to Spider-Gwen, universe ini kabarnya akan ditampilkan dengan gaya animasi cat air seperti di komiknya. Berdasarkan jajaran pengisi suara di filmnya, di universe ini nantinya kita juga akan melihat ayah Gwen, George Stacy (She Whigham), yang berprofesi sebagai polisi, layaknya ayah Miles di Earth-1610.

Spider-Man: India

Meskipun hanya terlihat sekilas di trailernya, tetapi produser Phil Lord baru saja mengonfirmasi bahwa universe Spider-Man India akan muncul juga di film Spider-Verse 2. Layaknya universe lain, Spider-Man India juga mempunyai Spidey-nya sendiri yang mempunyai nama asli Paviitr Prabhakar. Bedanya dengan Spider-Totem lain, Paviitr aktif sebagai superhero di kota Mumbattan (Mumbai Manhattan?). Berdasarkan gambaran universe yang sudah terungkap di berbagai promosinya, Mumbattan akan mempunyai gaya animasi seperti serbuk warna yang sering dipakai dalam Festival Holi di India.

Punk Universe

Dari 4 universe yang sudah dikonfirmasi akan muncul di Spider-Verse 2, sekarang kita beralih ke 2 universe alternatif yang masih bersifat spekulasi. Yang pertama adalah Earth-138 alias Punk Universe, tempat asal Hobie Brown yang menjadi Spider-Punk setelah tidak sengaja tercebur ke dalam cairan kimia berbahaya. Di universe ini Norman Osborn alias Green Goblin diceritakan berhasil menjadi presiden tiran yang selalu membuat rakyatnya menderita. Alasan mengapa universe ini berpotensi muncul di filmnya, karena karakter Spider-Punk sudah pasti akan debut dengan Daniel Kaluuya sebagai pengisi suaranya.

Japanese Tokusatsu

Sama seperti Spider-Punk, sebelumnya Sony juga telah mengonfirmasi bahwa karakter Takuya Yamashiro alias Supaidaman akan debut juga di film Spider-Verse 2. Itu artinya kemungkinan universe Japanese Tokusatsu akan dimunculkan juga di filmnya nanti. Bagi yang belum tahu, Supaidaman adalah varian Spidey dari serial Spider-Man (1978), yang mempunyai mecha sendiri bernama Leopardon. Karena Supaidaman berasal dari Jepang, mungkin universe Japanese Tokusatsu akan mempunyai gaya animasi mirip anime, dengan semua karakternya yang menggunakan bahasa Jepang.

Itulah 6 universe alternatif di Spider-Verse 2, di mana 4 di antaranya sudah terkonfirmasi dan 2 lainnya masih teori atau spekulasi. Dengan jumlah universe yang lebih banyak dari film pertamanya ini, sepertinya film Spider-Verse 2 ingin menghadirkan tontonan yang lebih fresh sekaligus penuh dengan kejutan. Apalagi produser Phil Lord telah mengonfirmasi bahwa setiap universenya akan mempunyai gaya animasi yang unik. Kita nantikan saja ya, Geeks. Film Spider-Verse 2 alias Spider-Man: Across the Spider-Verse ini rencananya akan tayang perdana pada tanggal 2 Juni 2023 mendatang.